PERANAN PERSONAL SELLING DAN SALES PROMOTION DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PRODUK 126 PADA PT. ROFINA INDAH JAYA DI JAKARTA

Islahulben Islahulben, Yan Budiman, Chrisye Vico, Verci Verci

Abstract


Dalam upaya meningkatkan dan menghadapi situasi persaingan dengan perusahaan lain yang menghasilkan produk yang sama, perusahaan melakukan kegiatan pemasaran yang salah satunya adalah kegiatan promosi, dimana kegiatan promosi yang dilakukan adalah personil selling dan sales promotion, promosi adalah suatu kegiatan untuk mempengaruhi konsumen untuk membeli produk yang dihasilkan perusahaan.

Tujuan penulisan ini adalah untuk melihat sejauh mana pengaruh personal selling dan sales promotion dalam meningkatkan volume penjualan, PT. Rofina Indah Jaya adalah perusahaan yang bergerak di bidang fashion retail dalam bentuk tangiable goods, maka PT. Rofina Indah Jaya menetapkan personal selling dan sales promotion sebagai alat yang digunakan dalam menjalankan kegiatan promosinya.

Dari hasil penelitian dapat dilihat bahwa promosi tersebut berpengaruh nyata terhadap peningkatan volume penjualan, hal ini dapat dilihat dari nilai r sebesar 0,822 dimana antara personal selling terhadap volume penjualan mampu meningkatkan volume penjualan yang lebih besar dibandingkan dengan sales promotion, maka dapat disimpulkan kedua kegiatan promosi tersebut memiliki pengaruh terhadap volume penjualan dan personal selling memiliki pengaruh yang lebih dominan, penulis menyarankan perusahaan dapat mengoptimalkan kegiatan promosinya khususnya kegiatan personal selling dalam meningkatkan volume penjualannya.

 

Kata kunci : Kegiatan promosi personal selling merupakan kegiatan yang berinteraksi langsung dengan konsumen memiliki nilai tambah dalam upaya peningkatan volume penjualan.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30813/bmj.v1i1.643

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Business Management Journal

BUNDA MULIA PRESS
PROGRAM STUDI MANAJEMEN
Lantai 3, Ruang Akademik Program Studi Manajemen - Universitas Bunda Mulia
Jl. Lodan Raya No. 2, Ancol – Jakarta Utara 14430, Indonesia
Telp: +62 21 692 9090 ext.1364
Email: friza@bundamulia.ac.id