Promosi Media Sosial dalam Meningkatkan Wisata Kuliner Sebagai Elemen Daya Tarik Wisata Kuliner Bogor

Annisa Retno Utami, Euis Widiati

Abstract


Bogor dikenal oleh wisatawan sebagai destinasi wisata kuliner seperti di Jalan Surya Kencana, Jembatan Merah, Sukasari, Pajajaran, Air Mancur dan Yasmin. Kuliner Bogor banyak dikenal oleh wisatawan salah satunya karena adanya promosi yang dilakukan oleh akun-akun Instagram wisata kuliner Bogor seperti @bogoreatery, @kuliner_bgr, @cemalcemilbogor, @wisatakulinerbogor dan @visitbogor. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menghitung faktor dominan dari Promosi Media Sosial Instagram dan Daya Tarik Kuliner terhadap minat berkunjung. Populasi dari penelitian ini wisatawan yang berkunjung ke Bogor pada tahun 2018 s.d 2021 dengan jumlah wisatawan mancanegara dan wisatawan Nusantara berjumlah 17.007.569 orang. Sampel yang digunakan pada penelitian ini berjumlah 150 orang dan dibatasi pada wisatawan Nusantara. Pengujian hasil penelitian dilakukan dengan menggunakan metode SEM-PLS. Hasil dari penelitian menunjukan adanya Promosi Media Sosial (X1) berpengaruh positif terhadap minat berkunjung wisatawan (Y) dan Daya Tarik wisata kuliner (X2) berpengaruh positif terhadap minat berkunjung wisatawan (Y). 


Keywords


Promosi Media Sosial; Wisata Kuliner; Daya Tarik Wisata Kuliner; Minat Beli

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30813/bmj.v19i2.4714

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Business Management Journal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

BUNDA MULIA PRESS
PROGRAM STUDI MANAJEMEN
Lantai 3, Ruang Akademik Program Studi Manajemen - Universitas Bunda Mulia
Jl. Lodan Raya No. 2, Ancol – Jakarta Utara 14430, Indonesia
Telp: +62 21 692 9090 ext.1364
Email: tannia@bundamulia.ac.id