PENILAIAN KUALITAS PELAYANAN PENDIDIKAN TERHADAP TINGKAT KEPENTINGAN DAN KEPUASAN MAHASISWA/I DI UNIVERSITAS TARUMANAGARA FAKLTAS EKONOMI PROGRAM SARJANA DI JAKARTA 2006

Yenli Megawati

Abstract


Dengan semakin berkembangnya dunia bisnis menyebabkan kebutuhan terhadap sumber daya manusia yang kompetitif semakin tinggi. Hal ini menyebabkan pesatnya perkembangan sektor pendidikan khusunya dalam hal ini universitas-universitas. Seiring dengan semakin tingginya kebutuhan akan pendidikan, jumlah penyedia jasa pendidikan juga semakin banyak dan saling bersaing dalam memperoleh konsumen melalui beragam materi pendidikan yang ditawarkan, fasilitas-fasilitas pendidikan yang menyertai, pelayanan dari staf-staf pendidik ataupun karyawan dan sebagainya. komitmen akan kualitas pelayanan yang berorientasi pada konsumen merupakan prasyarat utama dalam menunjang keberhasilan usaha, terutama pada usaha di bidang jasa.

Alasan inilah yang menjadi penyebab penulis tertarik untuk mengadakan penelitian mengenai kepuasan dari mahasiswa/i yang menjadi konsumen sektor pendidikan khususnya universitas.

Tujuan dari dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang memberikan kontribusi terbesar dan memberikan pengaruh terhadap kepuasan mahasiswa/i dalam memperoleh pendidikan di Fakultas Ekonomi Program Sarjana Universitas Tarumanagara dan untuk mengetahui seberapa penting atribut-atribut tersebut bagi mereka dalam memutuskan untuk memilih universitas (pendidikan).

Hasil penelitian yang dilakukan terhadap atribut-atribut pendidikan di Universitas Tarumanagara dan Universitas Bina Nusantara, secara umum diperoleh bahwa yang menjadi pertimbangan utama mahasiswa/i dalam memilih universitas/pendidikan adalah penguasaan materi kuliah oleh dosen (bagi mahasiswa Universitas Tarumanagara) dan jawaban yang jelas atas pertanyaan mahasiswa oleh dosen (bagi mahasiswa Universitas Bina Nusantara) dengan hasil indeks kepuasan mahasiswa terhadap masing-masing universitas secara keseluruhan jelek yang mana indeks kepuasan mahasiswa Untar sebesar 65,3527% dan Binus sebesar 65,9845%. Indeks kepuasan mahasiswa Untar lebih rendah daripada Binus secara keseluruhan.

 

Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Tingkat Kepentingan, Kepuasan


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30813/bmj.v3i1.348

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Business Management Journal

BUNDA MULIA PRESS
PROGRAM STUDI MANAJEMEN
Lantai 3, Ruang Akademik Program Studi Manajemen - Universitas Bunda Mulia
Jl. Lodan Raya No. 2, Ancol – Jakarta Utara 14430, Indonesia
Telp: +62 21 692 9090 ext.1364
Email: friza@bundamulia.ac.id