ANALISIS PENGARUH BRAND EQUITY PLATINI TERHADAP PENJUALAN PRODUK PADA PT. CITRA AGUNG BUSANA

Haryadi Sarjono

Abstract


PT. Citra Agung Busana merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang garmen khususnya kemerja pria, yang mamasarkan hasil produksinya ke Departemen Store sekitar Jakarta dan Jawa Barat, dengan merek yang dipakai adalah "Platini". Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa besar peranan ekuitas merek (brand equity) terhadap totoal penjualan dari perusahaan dan ekuitas merek juga merupakan salh satu strategi pemasaran untuk mendongkrak angka penjualan, atas dasar tersebut diatas penelitian ini diadakan untuk menentukan bagaimana tingkat dari elemen-elemen pada ekuitas merek, yaitu kesadaran merek (brand awareness), penerimaan merek (brand acceptability), prefernsi merek (perceived preferences), dan loyalitas merek (brand loyalty). 


Dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan data primer dilakukan dengan cara wawancara, dan penyebaran kuesioner kepada para pelanggan PT. Citra Agung Busana. Data pertanyaan dan penyebaran kuesioner diolah dengan menggunakan analisa uji reliability dan validitas, sedangkan tingakt loyalitas merek pengolahan datanya menggunakan Skala Likert.

Berdasarkan hasil kesioner untuk rata-rata tanggapan konsumen mengenai brand awareness sebesar 3,67 berarti konsumen setuju akan kesadaran merek kemeja "Platini", untuk penerimaan merek (brand acceptability) sebesar 3,68 yang berarti konsumen setuju bahwa merek kemeja pria "Platini" adalah merek kemeja pria yang bisa diterima dipasaran. Untuk brand preference ada 5 (lima) asosiasi yang melekat pada "Platini" dan saling berhubungan yaitu harga yang terjangkau, kualitas bahan produk tahan lama, kualitas warna produk yang tahan lama, pelayanan penjualan yang relatif cepat, dan merek Platini banyak dipasaran, sedangkan untuk brand loyalty, dari 80 responden 71 (88,75%) menyatakan benar-benar suka dengan produk Platini.

 

Kata Kunci : Penjualan Produk, Brand Equity, Platini


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30813/bmj.v3i1.346

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Business Management Journal

BUNDA MULIA PRESS
PROGRAM STUDI MANAJEMEN
Lantai 3, Ruang Akademik Program Studi Manajemen - Universitas Bunda Mulia
Jl. Lodan Raya No. 2, Ancol – Jakarta Utara 14430, Indonesia
Telp: +62 21 692 9090 ext.1364
Email: friza@bundamulia.ac.id