ANALISIS EVALUASI KINERJA PT. CITRA AGUNG BUSANA DENGAN MENGGUNAKAN METODE BALANCED SCORECARD

Haryadi Sarjono

Abstract


Abstrak

Penelitian ini dilakukan pada perusahaan garmen PT. Citra Agung Busana, Jakarta Utara, yang khusus memproduksi kemeja pria merek PLATINI, dengan melakukan pengukuran kinerja perusahaan menggunakan metode Balanced ScoreCard, dimana terdapat empat perspektif yang diukur yaitu : perspektif keuangan (laporan keuangan), perspektif pelanggan (kuesioner), perspektif proses bisnis internal (kuesioner) dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan (kuesioner). Produk Platini ini dipasarkan di 60 counter di Matahari dan Ramayana Department Store disekitar Jakarta, dengan jumlah karyawan sekitar 221, dimana 200 orangnya adalah Sales Promotion Girl (SPG) dan sisanya 21 orang merupakan karyawan tetap perusahaan.

Metode penelitian yang dipakai adalah metode deskriptif dengan jenis penelitiannya studi kasus. Teknik analisa data yang digunakan menggunakan pengolahan data primer, seperti : studi lapangan, wawancaram kuesioner dan juga data sekunder dengan pengumpulan data dari perusahaan yang berupa laporan keuangan.

            Dengan menggunakan metode penelitian tersebut diatas, diperoleh hasil penelitian bahwa, kinerja PT. Citra Agung Busana yang selama ini diukur dengan menggunakan pengukuran kinerj secara tradisional, manajemen tidak memperoleh informasi yang jelas dan terukur tentang aspek-aspek non finansial perusahaan. Dengan mencoba menerapkan sistem pengukuran kinerja dengan BalancedScoreCard, didapat hasil yang lebih lengkap dan komprehensif tentang kondisi perusahaan yang sebenarnya.

            Berdasarkan hasil penelitian dari keseluruhan aspek, diperoleh skor total 31, yang menunjukan bahwa pengukuran kinerja PT. Citra Agung Busana berada dalam kriteria baik, untuk skor maksimum yang dapat diperoleh yaitu 8, maka hasil tersebut bila kita kategorikan ke dalam 5 kelas interval berada dalam kategori Baik/Nilai 4 (empat).

Kata Kunci

Perspektif Keuangan, Pelanggan, Proses Bisnis Internal, Pembelajaran dan pertumbuhan


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30813/bmj.v3i2.339

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Business Management Journal

BUNDA MULIA PRESS
PROGRAM STUDI MANAJEMEN
Lantai 3, Ruang Akademik Program Studi Manajemen - Universitas Bunda Mulia
Jl. Lodan Raya No. 2, Ancol – Jakarta Utara 14430, Indonesia
Telp: +62 21 692 9090 ext.1364
Email: friza@bundamulia.ac.id