FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA: STUDI KASUS PADA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS BUNDA MULIA

Arko Pujadi

Abstract


Abstrak

Penelitian bertujuan mengetahui karakteristik motivasi belajar mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Bunda Mulia, perbedaan motivasi belajar diantara mahasiswa yang berbeda gender, jurusan dan tahun angkatan, serta hubungan antara motivasi belajar mahasiswa dengan faktor intrinsik dalam dirinya dan faktor-faktor ekstrinsik (lingkungan belajarnya), seperti kualitas dosen, materi kuliah, metode perkuliahan, kondisi dan suasana ruang kuliah, dan fasilitas persputakaan. Sampel penelitian dipilih dari mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Bunda Mulia dengan pertama-tama mengelompokkan mereka dalam jurusan Akuntansi dan Manajemen, kemudian dari tiap jurusan tersebut dipilih sampel secara berjenjang dari angkatan tahun 2003, 2004 dan 2005.

            Data dan informasi yang dikumpulkan dari sampel penelitian kemudian dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif untuk mengetahui karakteristik motivasi belajar mahasiswa, dan metode induktif untuk menguji hipotesis mengenai perbedaan motivasi belajar diantara mahasiswa yang berbeda gender, jurusan dan tahun angkatan, serta hipotesis mengenai hubungan motivasi belajar mahasiswa dengan faktor intrinsik dan faktor-faktor ekstrinsiknya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Bunda Mulia masih perlu ditingkatkan. Motivasi belajar tersebut sama (merata) diantara mahasiswa yang berbeda gender, jurusan dan tahun angkatan.

            Sementara, dari hasil pengujian terhadap faktor-faktor yang diduga memiliki hubungan dengan motivasi belajar mahasiswa, empat diantaranya, yaitu faktor intrinsik dalam diri mahasiswa, kualitas dosen, bobot materi kuliah, dan metode perkuliahan, terbukti memiliki hubungan yang signifikan dengan motivasi belajar mahasiswa. Sedangkan hubungan motivasi belajar mahasiswa dengan dua faktor lainnya, yaitu kondisi dan suasana ruang kuliah dan fasilitas perpustakaan, ternyata tidak signifikan.

Kata Kunci

Motivasi Belajar, Faktor Intrinsik, Faktor Ekstrinsik

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30813/bmj.v3i2.338

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Business Management Journal

BUNDA MULIA PRESS
PROGRAM STUDI MANAJEMEN
Lantai 3, Ruang Akademik Program Studi Manajemen - Universitas Bunda Mulia
Jl. Lodan Raya No. 2, Ancol – Jakarta Utara 14430, Indonesia
Telp: +62 21 692 9090 ext.1364
Email: friza@bundamulia.ac.id