PENGARUH CITRA MEREK DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PRODUK SMARTPHONE XIAOMI (STUDI KASUS DI JAKARTA BARAT)

Hermanto Liu

Abstract


ABSTRACT
The existence of a decrease in product sales Smartphone Xiaomi significant gains from the year 2015-2016,
due to Intense competition in the telecommunications business are on the rise. This research aims to know
the influence of the brand image and product quality against the interest of the consumer to buy the product
in the region of Xiaomi Smartphone West Jakarta taken Samples as many 100 respondents. The method used is the quantitative methods based on the results of interviews and questionnaires for testing instrument using the test validity, and reliability. Data analysis techniques using multiple linear regression due to variables that are used more than two variables, with the t-test and F-test. The research results showed that  the t-test with a brand image partially effect significantly to interest consumers buy Smartphone Xiaomi. While the quality of the product partially do not affect significantly to interest consumers buy Smartphone Xiaomi. F test results show that simultaneously the brand image and product quality significantly to influential interests buy consumer products Smartphone Xiaomi. And brand image is the most influential variables are dominant against the interest of the consumer to buy the product of Xiaomi Smartphone on
the quality of the product. Keywords: Brand Image, Product Quality and Interest To Buy.

Full Text:

PDF

References


Amrullah, Romal, Artika, 2016. Pengaruh Kualitas Produk, harga, dan Citra merek terhadap Keputusan Pembelian Honda Beat. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, Vol 5, No 7.

Anindita, Rina, dan Hasyim, 2009. Prinsip-prinsip dasar metode riset bidang pemasaran. Edisi pertama. Jakarta: UIEU-University Press.

Arikunto, Suharsimi, 2010. Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Edisi revisi. Yogyakarta: Rineka Cipta.

Artanto, Pramudi, 2016. Pengaruh Kualitas Produk, Citra merek Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian A&W. Jurnal Ilmu Riset Manajemen, Volume 5, Nomor 4.

Astuti, Nopriani, 2016. Hubungan Citra Merek Dengan Loyalitas Merek Pada Konsumen Mobil PT. Honda Semoga Jaya Samarinda. PSIKOBORNEO, Vol 4.

Durianto, Sugiarto, Widjaja dan Supratikno, 2003. Inovasi Pasar Dengan Iklan Yang Efektif. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Ferdinand, Agusty, 2006. Metode Penelitian Manajemen. Edisi 2. Semarang: BP UNDIP.

https://www.statista.com/statistics/430749/china-smartphone-shipments-vendor-market-share/, diakses tgl 7 Oktober 2016 Jam 16.10 WIB

Kartajaya, H, 1997. Siasat Memenangkan Persaingan Global. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Kodu, Sarini, 2013. Harga Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Avanza. Jurnal EMBA, Vol 1, No 3.

Listyawati, Hastuti, Indri, 2014. Analisis Pengaruh Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Simpati di Yogyakarta. JBMA, Vol II, No 1.

Lumanau, Sepang, dan Mandagie, 2014. Iklan dan Citra Merek terhadap Keputusa Pembelian kartu GSM TRI di Manado. Jurnal EMBA, Vol 2, No 3.

Lumintang, dan Jopie, 2015. Analisis Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen pada Holland Bakery Boulevard Manado. Jurnal EMBA, Vol 3, No 1.

Lupiyoadi, R, 2009. Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi 2. Jakarta: Salemba Empat.

Machfoedz, M, 2010. Komunikasi Pemasaran Modern. Cetakan Ketiga. Jakarta: KencanaPrenadaMediaGrup.

Maholtra, K. Naresh, 2005. Riset Pemasaran Pendekatan Terapan. Edisi Keempat. jilid 1. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Garamedia.

Nilowardono, dan Ningrum, 2016. Pengaruh Event dan Brand Image Terhadap Minat Beli Produk Rokok Sampoerna A Mild Pada PT. HM Sampoerna Area Marketing Surabaya. E-Journal Manajemen Kinerja, Vol 2, No 1.

Oentoro, Deliyanti, 2012. Manajemen Pemasaran Modern. Edisi Kesembilan. Jakarta: Prehalindo.

Randi, 2016. Pengaruh Citra Merek terhadap Minat beli pada makanan Fast Food ayam goreng. JOM FISIP, Vol 3, No 2.

Rangkuti, Freddy, 2004. The Power Of Brands: Teknik Mengelola Brand Equity dan Strategi Pengembangan Merek Analisis Kasus dengan SPSS. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Sandjojo, Nidjo, 2011. Metode analisi jalur (path analysis) dan aplikasinya. Cetakan pertama, Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Sarwono, Jonathan, 2013. 12 Jurus Ampuh SPSS untuk Riset Skripsi. Jakarta: Elexmedia Komputindo Kompas Gramedia.

Schiffman, L.G, dan, Kanuk, L, L, 2008. Perilaku Konsumen. Edisi Ke Tujuh. Jakarta: PT. Indeks Group Media.

Sepang, Massie, dan Joel, 2014. Pengaruh Motivasi, Persepsi Harga, dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Sepeda Motor Matic Merek Yamaha Mio Di Kota Manado. Jurnal EMBA, Vol 2, No 3.

Setiadi, Nugroho J, 2003. Perilaku Konsumen. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Shimp, Terence, 2000. Periklanan Promosi Dan Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jilid I Edisi 5. Jakarta: Erlangga.

Simamora, Bilson, 2002. Aura Merek: 7 Langkah Membangun Merek Yang Kuat. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono, 2010. Statistika untuk penelitian. Cetakan ke-16. Bandung: Alfabeta.

Sunyoto, Danang, 2012. Konsep dasar riset pemasaran dan perilaku konsumen. Yogyakarta: CAPS.

Susanto, A.B, et al., 2004. Value Marketing Paradigma Baru Pemasaran. Jakarta: PT. Mizan Pustaka.

Sutojo, Siswanto, 2004. Membangun Citra Perusahaan. Jakarta: Damar Media Pustaka.

Suwarto, dan Suharto, 2014. Pengaruh Pelayanan, Kualitas Produk, Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Tipe Supra X 125 Dealer Bhineka Motor Di Kota Metero. DERIVATIF, Vol 8 No.1.

Suyanto, 2007. Marketing Strategy top brand Indonesia. Edisi Kesatu. Yogyakarta: Andi.

Swasta, B, 2002. Manajemen Pemasaran, Analisa Perilaku Konsumen. Edisi Pertama. Yogyakarta: BPFE.

Tamaka, Irvandy, 2013. Citra Merek dan Kualitas Produk pengaruhnya terhadap sikap Konsumen pada Produk Daihatsu di PT. Astra Internasional Daihatsu Manado. Jurnal EMBA, Vol 1, No 3.

Tjiptono, Fandi, 2008. Strategi Bisnis Pemasaran.Yogyakarta: Andi.

Tjiptono, Fandi, 2011. Brand Management and Strategy. Yogyakarta: Andi.

Triatmaja, dan Muthohar, 2013. Pengaruh Endorser Ulama Terhadap Sikap dan Minat Beli Konsumen. Jurnal Bisnis dan Ekonomi.

Tumbuan, dan Manoppo, 2014. Citra Merek, Kualitas Produk, dan Promosi Pengaruhnya terhadap Keputusan Pembelian Parfum Excite Oriflame. Jurnal EMBA, Vol 2, No 2.

Widayatmoko, dan Sari, 2011. Pengaruh Marketing Public Relations terhadap Penciptaan Citra Merek Cafe Gran VIA. Jurnal Komunikasi Universitas Tarumanegara.

Wijaya, H.P, Mohamad, 2013. Promosi, Citra Merek dan Saluran Distribusi pengaruhnya terhadap Keputusan Pembelian Jasa Terminix di kota Manado. Jurnal EMBA, Vol 1, No 4.

Wijaya, Toni, 2011. Manajemen Kualitas Jasa. Cetakan 1. Jakarta: PT. Indeks.

Yoestini, dan Sulistyari, 2012. Analisi Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, dan Harga Terhadap Minat Beli Produk Oriflame. DipenogoroJournal Of Management, Vol 1, No 1.




DOI: http://dx.doi.org/10.30813/bmj.v15i1.1560

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Business Management Journal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

BUNDA MULIA PRESS
PROGRAM STUDI MANAJEMEN
Lantai 3, Ruang Akademik Program Studi Manajemen - Universitas Bunda Mulia
Jl. Lodan Raya No. 2, Ancol – Jakarta Utara 14430, Indonesia
Telp: +62 21 692 9090 ext.1364
Email: friza@bundamulia.ac.id