Terpaan Iklan dan Kredibilitas Komunikator Tretan Muslim terhadap Keputusan Pembelian Item Game Free Fire

Febrio Immanuel Wong, Lasmery Rosentauly Meissalinya Girsang, Ni Putu Limarandani

Abstract


Free Fire (FF) yang merupakan game simulator menembak menjadi salah satu game yang mensukseskan E-Sport di Indonesia pada 2021, selain terkenal di di Asia serta Amerika Latin selama dua tahun terakhir. Selain iklan, kesuksesan game juga ditandai dengan kehadiran Tretan Muslim (seorang komika/content creator) selaku brand ambassador. Dengan menggunakan Teori Elaboration Likelihood Model (ELM), diasumsikan perbuatan dapat dibentuk atau diubah dengan dipengaruhi dengan kemampuan mempengaruhi seorang komunikator dan adanya pesan persuasi. Termasuk, mempengaruhi keputusan pembelian item game Free Fire di Line Openchat Gamers Indonesia. Survei terhadap 100 responden menjawab hipotesis: Variabel Terpaan Iklan Free Fire memiliki pengaruh positif sebesar 0,261; Variabel Kredibilitas Komunikator terhadap Keputusan Pembelian Item Game memiliki pengaruh besar 0,641; dan secara simultan, pengaruh keseluruhan variabel juga positif.


Keywords


Iklan, Kredibilitas, Komunikator, Pembelian, Game

Full Text:

PDF Indonesia

References


Abd. Hannan, S. M. (2021). Pengantar Sosiologi Sejarah, Teori, Paradigma dan Metodenya. Jawa Timur: Duta Media Publishing.

Adiyaksa, M. A. (2020, Desember 22). Bola.com. Retrieved from MPL: Gim Esports Laris Manis di Tengah Pandemi COVID-19: https://www.bola.com/e-sports/read/4439767/mpl-gim-esports-laris-manis-di-tengah-pandemi-covid-19

Arradian, D. (2021, Agustus 23). Sindo News Tekno. Retrieved from Resmi Berusia 4 Tahun, Ini Pencapaian Free Fire di Indonesia: https://tekno.sindonews.com/read/518990/765/resmi-berusia-4-tahun-ini-pencapaian-free-fire-di-indonesia-1629691697

Azkiya, G. (2021, Oktober 27). Mengenal Brand Ambassador Beserta Tugas dan Tanggung Jawabnya. Retrieved from Skil Academy: https://blog.skillacademy.com/brand-ambassador-adalah

Bestar, N. P. (2022, Januari 7). CNBC Indonesia. Retrieved from Wow! Tiga Tahun Lagi Pemain Game di RI Tembus 127 Juta Orang: https://www.cnbcindonesia.com/tech/20220107062906-37-305334/wow-tiga-tahun-lagi-pemain-game-di-ri-tembus-127-juta-orang

Chaerudin, A., Rani, I. H., & Alicia, V. (2020). Sumber Daya Manusia: Pilar Utama Kegiatan Operasional Organisasi. Jawa Barat: Anggota IKAPI, CV Jejak.

Dahwilani, D. M. (2020, Desember 23). Survei: 16,5 Persen Masyarakat Habiskan Waktu Main Game Online selama Pandemi Covid-19. Retrieved from iNews.id Tecno: https://www.inews.id/techno/internet/survei-165-persen-masyarakat-habiskan-waktu-main-game-online-selama-pandemi-covid-19

Doembana, M. R., & Farhan. (2021). Definisi Komunikasi Pemasaran. In Tasnim, & kk, Komunikasi Pemasaran (p. 1). Medan: Yayasan Kita Menulis.

Meiryani, S. A. (2021, Agustus 6). MEMAHAMI UJI HETEROSKEDASTISITAS DALAM MODEL REGRESI. Retrieved from Binus Uniersity Accounting: https://accounting.binus.ac.id/2021/08/06/memahami-uji-heteroskedastisitas-dalam-model-regresi/

Sandu Siyoto, S. M., & M. Ali Sodik, M. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogjakarta: Literasi Media Publishing.

Sri Wahyuni Hasibuan, M. P., dkk, & Hasibuan, S. W. (2021). Metodologi Penelitian Bidang Muamalah Ekonomi dan Bisnis. Bandung: Media Sains Indonesia.

Dr. Yoyo Sudaryo, S. M., & dkk. (2019). Metode Penelitian Survei Online Dengan Google Forms. Yogjakarta: ANDI.

Dr.Ismail Marzuki, M., & Dkk. (2021). Filsafat Ilmu Pengetahuan. Makasar: Fakultas Teknik Universitas Fajar.

Fajriah, N. (2020). Penerapan Teori Agenda Setting Terhadap Media Massa dan Masyarakat Luas. In P. I. Malang, Teori Komunikasi Massa dan Perubahan Masyarakat (pp. 7, 9-11). Malang: PT Cita Intrans Selaras.

Firdaus, M. (2021). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Riau: Dotplus.

Garena Internasional. (2022, Maret 5). Garena Free Fire. Retrieved from Free Fire: https://ff.garena.com/index/id/

Gunawan, C. (2019). Mahir Menguasai SPSS (Mudah Mengengolah Data dengan IBM SPSS Statistik 25). Yogjakarta: CV Budi Utama.

Heppy, A. (2022, April 20). 5 Negara yang Memainkan Game Free Fire Terbanyak di Dunia, Indonesia Termasuk? Retrieved from iNews.id Tecno: inews.id/techno/gadget/5-negara-yang-memainkan-game-free-fire-terbanyak-di-dunia-indonesia-termasuk#:~:text=3.%20Indonesia,Garena%20Free%20Fire%20pada%202020.

IPWIJA, D. S. (2020). Belajar Manajemen Dimulai Dari Sini. Jawa Timur: Ahlimedia Book.

Ir. Nurmawati, M. (2018). Perilaku Konsumen dan Keputusan Pembelian. Malang: Media Nusa Creative.

Istijanto. (2013). Riset Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Juming. (2017). Pembangunan Aplikasi Jual Beli Virtual Item Game Onlinne Berbasis Mobile. Yogjakarta: Universitas Atma Jaya .

Karim, R. (2021, Mei 4). Pengertian Iklan, Tujuan, Jenis-Jenis dan Ciri-Ciri. Retrieved from Deepublish: https://penerbitbukudeepublish.com/pengertian-iklan/

Kasemin, D. H. (2016). Paradigma Teori Komunikasi daan Paradigma Penelitian Komunikasi. Malang: Media Nusa Creative.

Kuncorojati, C. (2021, September 20). Medcom.id. Retrieved from Jumlah Gamer Mobile Indonesia Naik 46%: https://www.medcom.id/teknologi/news-teknologi/VNxgWaJK-jumlah-gamer-mobile-indonesia-naik-46

Kustiawan, A. A., & Utomo, A. W. (2019). Jangan Suka Main Game Online: Pegaruh Game Online dan Tindakan Pencegahan. Jawa Timur: CV AE Media Grafika.

Kusumastuti, A. (2022). Teknik Pengumpulan Data. In A. Kusumastuti, Metode Peneitian Kuantitatif (pp. 62-67). Yogjakarta: CV BUdi Utomo.

Littlejohn, S. w. (2017). Teori komunikasi. Jakarta: Salemba Hamanika.

M Prayogi Eko Saputro, N. A. (2019). PERILAKU KONSUMEN DALAM KEPUTUSAN PEMBELIAN ITEMPADA GAMEONLINEPUBG MOBILE. Sumbawa: Universitas Teknologi Sumbawa.

Mahesa, Y. (2022, Februari 22). Perbedaan Data Primer Dan Sekunder Dalam Penelitian. Retrieved from Belajar Ekonomi.com: https://belajarekonomi.com/perbedaan-data-primer-dan-sekunder/

Marno22. (2022, Maret 24). Yuk Intip Berapa Jumlah Pemain FF di Dunia Sekarang? Retrieved from Metro Andalas.co.id: https://metroandalas.co.id/berapa-jumlah-pemain-ff-di-dunia-sekarang/

Merdeka. (2022, Januari 7). Pengguna Fitur LINE OpenChat Meningkat 55 Persen. Retrieved from Merdeka: https://www.merdeka.com/teknologi/pengguna-fitur-line-openchat-meningkat-55-persen.html

Morissan. (2017). Metode Penelitian Survei. Jakarta: Kencana.

Nawan, A. (2021, June 10). Hybrid. Retrieved from Durasi Bermain Game Mobile Ternyata Meningkat 75% Selama Pandemi : https://hybrid.co.id/post/durasi-bermain-game-mobile

Nindynar Rikatsih, M., & dkk. (2021). Metodelogi Penelitian di Berbagai Bidang. Bandung: Media Sains Indonesia.

nugraha, M. (2021, Agustus 7). Luar Biasa, Ternyata Banyaknya Jumlah Pemain Free Fire (FF) Di Dunia. Retrieved from Eportku: https://esportsku.com/jumlah-pemain-free-fire-ff/

Nugroho, D. S. (2022). Dimensi Hukuman Media Massa. Jawa Tengah: Lakeisha.

Panuju, D. R. (2019). Komunikasi Pemasaran (Pemasaran Sebagai Gejala Komunikasi, Komunikasi Sebagai Strategi Pemasaran). Jakarta: Kencana.

Prof. Dr. H. Punaji Setyosari, M. E. (2013). Metode Penelitian Penddidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana.

Puteri, N. S. (2021, Agustus 18). Skor.id. Retrieved from Free Fire Raih Rekor 150 Juta Pemain Aktif dalam Satu Hari: https://esports.skor.id/free-fire-raih-rekor-150-juta-pemain-aktif-dalam-satu-hari-01390608

Radita Gora. S.Sos, M. (2019). Riset Kualitatif Public Relations. Surabaya: CV Jakal Publishing.

Riyanto, S., & Hatmawan, A. A. (2020). Metode Riset Penelitian Kuantitatif Penelitian di Bidang Manajemen, Teknik, Pendidikan dan Eksperimen. Yogjakarta: CV Budi Utomo.

Roslinawati, Y. (2020). PENGARUH TERPAAN IKLAN SHOPEE DI INSTAGRAM TERHADAP. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.

Sampitri, D. E. (2011). PENGARUH TERPAAN IKLAN TELEVISI DAN PERSEPSI MEREK. Yogyakarta: UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL “VETERAN”.

Santoso, S. (2019). Mahir Statistik Parameter. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Sumargo, B. (2020). Teknik Sampling. Jakarta: UNJ Press.

Suyono. (2018). Analisis Regresi Untuk Penelitian. Yogjakarta: Deeppublish.

Universitas Pendidikan Ganesha. (2019, Mei 4). Teknis Analisis Data Kualitatif. Retrieved from Pasca Sarjana Universitass Pendidikan Ganesha: https://pasca.undiksha.ac.id/teknis-analisis-data-kualitatif/#:~:text=Teknik%20Analisis%20Data%20adalah%20suatu,masalah%20yang%20tentang%20sebuah%20penelitian.

Wibowo, R. T. (2020). Cultivation Theory On Youtube. In P. I. Malang, Teori Komunikasi Massa dan Perubahan Masyarakat (pp. 13-14). Malang: PT Cita Intrans Selaras.

Zuhri, S. (2020). Teori Komunikasi Dua Tahap dan Pengaruh Antar Pribadi. In P. I. Malang, Teori Komunikasi dan Perubahan Masyarakat (pp. 1-2). Malang: PT Cita Intrans Selaras.




DOI: http://dx.doi.org/10.30813/jbam.v15i2.3811

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


UNIVERSITAS BUNDA MULIA PRESS
PROGRAM STUDI MAGISTER MANAJEMEN
Lantai 3 Ruang Pascasarjana - Universitas Bunda Mulia
Jl. Lodan Raya No. 2, Ancol – Jakarta Utara 14430, Indonesia
Telp: +62 21 692 9090 ext.1317
Email: jobamubm@gmail.com

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats