Peran Endorser Selebriti, Citra Merek, dan Kepercayaan Merek terhadap Keputusan Pembelian Produk Pakaian Erigo (Studi pada Mahasiswa di Kota Malang)

Hamdan Ananta Ihza Mahendra, Kartika Anggraeni Sudiono Putri

Abstract


Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis apakah terdapat pengaruh dari endorser selebriti (X1), citra merek (X2), dan kepercayaan merek (X3) terhadap keputusan pembelian (Y) pada produk pakaian Erigo dikalangan mahasiswa di Kota Malang baik secara simultan ataupun parsial. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan memilih pendekatan survei. Adapun instrumen penelitian yang diaplikasikan adalah dengan menyebarkan kuisioner kepada responden. Dalam pengukuran indikator variabelvariabel penelitian yang tercantum pada kusioner, peneliti menggunakan skala pengukuran Likert yang memiliki 5 poin penilaian. Populasi yang ditetapkan oleh peneliti adalah mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Kota Malang yang meliputi Universitas Brawijaya (UB), Universitas Negeri Malang (UM), Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang. UPBJJ Universitas Terbuka Malang, Politeknik Negeri Malang, dan Politeknik Kesehatan Kemenkes Malang dengan mengambil sampel yang digunakan dalam penelitian sebanyak 100 responden. Metode sampling yang digunakan yakni metode purposive sampling, yang mana dengan menetapkan karakteristik responden tertentu yang harus dipenuhi. Analisis data yang dipilih peneliti yaitu menggunakan analisis regresi linier berganda dengan alat uji SPSS 26 for windows. Setelah melakukan uji pada data yang didapatkan maka hasil temuan yang didapat dalam penelitian ini yaitu: endorser selebriti, citra merek, dan kepercayaan merek berpengaruh signifkan dan positif secara parsial maupun secara simultan terhadap keputusan pembelian pada produk pakaian Erigo. Sementara itu kepercayaan merek mampu memberikan pengaruh paling dominan terhadap keputusan pembelian pada produk pakaian Erigo


Keywords


Endorser Selebriti, Citra Merek, Kepercayaan Merek, Keputusan Pembelian.

Full Text:

PDF Indonesia

References


Ardianti, C., Salam, A., & Nuryani, S. H. (2020). Pengaruh Celebrity Endorser Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Di Instagram (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Teknologi Sumbawa Angkatan Tahun 2016 Sampai Dengan Tahun 2018). Jurnal Manajemen Ekonomi dan Bisnis. Vol. 3. No. 2. h: 1-9

Asnawi, N. & Masyhuri. (2011). Metodologi Riset Manajemen Pemasaran. Malang: UIN Maliki Press.

Firmansyah, F. (2021).Pengaruh Citra Merek Dan Kelompok Refrensi Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Vivo (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi UIN Malang). Jurnal Manajerial. Vol. 8. No. 3. h: 247-263.

Fitrianna, H. & Aurinawati, D. (2020). Pengaruh Digital Marketing Pada Peningkatan Brand Awareness dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Cokelat Monggo di Yogyakarta. Jurnal Bisnis dan Manajemen Indonesia, Vol. 03 No. 3. h: 409-418.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Semarang. Badan Penerbit Undip.

Jatmiko, R. M. (2021). Analisis Pengaruh Celebrity Endorser, Brand Image Dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Shampoo Dove Di Semarang. Jurnal Ekonomi dan Bisnis STIE Anindyaguna. Vol. 3. No. 1. h: 159-173.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Managemen, 15th Edition, Pearson Education, Inc.

Lantara, A. A. M. O., & Pramudana, K. A. S. (2020). Peran Sikap Memediasi Pengaruh Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. EJurnal Manajemen Universitas Udayana, Vol. 9 No. 1. h: 218.

Lohunusa, A. I. & Mandagie, Y. (2021). Analisis Pengaruh Brand Image, Brand Trust dan Viral Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sepatu “Converse” pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi Manado. Jurnal EMBA, Vol. 9. No. 4. h: 511-520.

Meilano, Y., & Hidayat, R. (2020). Analisis Pengaruh Customer Engagement Dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skind Aesthetic. Jurnal Manajemen Pemasaran, Universitas Telkom. Vol. 6. No. 2. h: 886-893.

Ningsih, S. T., & Putri, L. S. (2020). Pengaruh Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Produk Erigo Melalui Instagram). Jurnal Ekonomi dan Bisnis Dharma Andalas, Vol. 22 No. 2. h: 348-357.

Pramezwary, A., Juliana., Winanta, J., Tanesha, R., Armando, T. (2021) Brand Trust dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Produk di Masa Covid-19. Perspektif: Jurnal Ekonomi & Manajemen Universitas Bina Sarana Informatika, Vol. 19 No. 1. h: 24-31.

Rosita, D. & Novitaningtyas, I. (2021). Pengaruh Celebrity Endorser dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Wardah pada Konsumen Mahasiswa. Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia, Vol. 04 No. 04. h: 494-505.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sujarweni, V. Wiratama. (2014). Metode Penelitian: Lengkap, Praktis, dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara

Sumarwan, U. (2011). Perilaku konsumen: Teori dan penerapannya dalam pemasaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Tanady, S. E. & Fuad. M. (2020). Analisis Pengaruh Citra Merel Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Tokopedia di Jakarta. Jurnal Manajemen Pemasaran: Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie. Vol. 9. No. 2. h: 113-123.




DOI: http://dx.doi.org/10.30813/jbam.v15i1.3318

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


UNIVERSITAS BUNDA MULIA PRESS
PROGRAM STUDI MAGISTER MANAJEMEN
Lantai 3 Ruang Pascasarjana - Universitas Bunda Mulia
Jl. Lodan Raya No. 2, Ancol – Jakarta Utara 14430, Indonesia
Telp: +62 21 692 9090 ext.1317
Email: jobamubm@gmail.com

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats