Pengaruh Adopsi Inovasi E-Learning terhadap Minat Belajar Mahasiswa Dimediasi Motivasi Belajar pada Era New Normal

Henilia Yulita, Koerniawan Hidajat

Abstract


Era normal baru merupakan bagian dari adaptasi baru masyarakat Indonesia. Masyarakat pendidikan di perguruan tinggi khususnya, dituntut untuk membuat pola pembelajaran dari pembelajaran konvensional menjadi pembelajaran berbasis e-learning yang lebih inovatif sehingga dapat diterima secara efektif dan efisien. Kuesioner menggunakan Google form digunakan sebagai metode survei dalam penelitian ini dengan, dari populasi seluruh siswa di Jakarta yang mengalami pembelajaran e-learning dengan metode accidental sampling. Penentuan sampel dengan Hair et al, diperoleh 83 responden sebagai sampel dari populasi. Analisis model penelitian dilakukan dengan Partial Least Square (PLS) dengan hasil yang reliabel dan valid sesuai rule of thumb. Semua hipotesis dari 4 (empat) rumusan masalah menyatakan ada hubungan variabel yang signifikan dengan pengaruh positif dan tidak langsung antara penerapan inovasi terhadap minat belajar melalui motivasi belajar. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa pola pembelajaran e-learning sebagai kegiatan pembelajaran di perguruan tinggi merupakan pilihan terbaik, pencapaian e-learning melebihi pembelajaran konvensional, e-learning merupakan kebutuhan dasar yang aman di perguruan tinggi.

Keywords


E-learning; Adopsi Inovasi; Minat Belajar; Motivasi Belajar

References


Anggraini, I. S. (2016). Motivasi Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Berpengaruh: Sebuah Kajian Pada Interaksi Pembelajaran Mahasiswa. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran. https://doi.org/10.25273/pe.v1i02.39

Cahyono, H. (2019). Faktor-Faktor Kesulitan Belajar Siswa Min Janti. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran. https://doi.org/10.24269/DPP.V7I1.1636

Christian, M., Indriyarti, E. R., & Wibowo, S. (2021). Investigating Technostress as Moderating Information Quality and E-Learning Effectiveness on Students in Jakarta During the Covid-19 Pandemic. Ilkogretim Online-Elementary Education Online, 20(4), 46–52. https://doi.org/10.17051/ilkonline.2021.04.07

Christian, M., Purwanto, E., & Wibowo, S. (2020). Technostress Creators on Teaching Performance of Private Universities in Jakarta During Covid-19 Pandemic. Technology Reports of Kansai University, 62(6), 2799–2809.

Hapnita, W., Abdullah, R., Yualitas Gusmareta, & Rizal, F. (2017). Faktor Internal Dan Eksternal Yang Dominan Siswa Kelas Xi Teknik Gambar Bangunan Smk N 1 Padang Tahun 2016 / 2017. Cived Jurusan Teknik Sipil. https://doi.org/2302-3411

Hendrastomo, G. (2008). Dilema dan Tantangan Pembelajaran E-learning 1 (The Dilemma and the Challenge of. Majalah Ilmiah Pembelajaran.

Hussein, A. S. (2015). Penelitian Bisnis dan Manajemen Menggunakan Partial Least Squares dengan SmartPLS 3.0. Universitas Brawijaya. https://doi.org/10.1023/A:1023202519395

Kusdibyo, L., & Leo, G. (2017). Adopsi Inovasi E-Learning di Perguruan Tinggi. In Industrial Research Workshop and Nation Seminar.

Lahinta, A. (2007). Berbagai Model Inovasi Pmbelajaran Dengan Dukungan Teknologi Informasi. Seminar Internasional,.

Saifuddin, M. F. (2018). E-Learning dalam Persepsi Mahasiswa. Jurnal VARIDIKA. https://doi.org/10.23917/varidika.v29i2.5637

Santoso, H. B., & Hutabarat, P. (2018). Akselerasi E-Learning dan Online Education di Tanah Air.

Siahaan, M. M. (2020). Pendidikan Jarak Jauh dan Dampak Sosialnya.

Sianturi, S. R. (2018). Meningkatkan Motivasi Belajar Melalui Evaluasi E-Learning Pada Institusi Keperawatan Di Jakarta Dan Depok. Jurnal Pendidikan Keperawatan Indonesia. https://doi.org/10.17509/jpki.v4i2.11563

Sofyani, H. (2017). Modul praktik partial least square (PLS) untuk penelitian pendekatan kuantitatif. Modul Ajar, 15.

Sriwardiningsih, E. (2014). Faktor-Faktor yang Memengaruhi Perilaku Belajar Mahasiswa E-Learning. Binus Business Review. https://doi.org/10.21512/bbr.v5i2.1027

Suarta, I. M., & Suwintana, I. K. (2012). Model Pengukuran Konstruks Adopsi Inovasi E-learning. Journal of Information Systems, 8(1), 1–7. https://doi.org/10.21609/jsi.v8i1.317

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.Bandung:Alfabeta. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D.Bandung:Alfabeta. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Syardiansah. (2016). Hubungan Motivasi Belajar dan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Mata Kuliah Pengantar Manajemen ( Studi kasus Mahasiswa Tingkat I EKM A Semester II ). Jurnal Manajemen Dan Keuangan.

Teguh, M. (2015). Difusi Inovasi Dalam Program Pembelajaran Jarak Jauh Di Yayasan Trampil Indonesia. Scriptura. https://doi.org/10.9744/scriptura.5.2.71-78

Wartakota. (2017). Indonesia Menempati Urutan ke-8 untuk Kebutuhan E-Learning Artikel ini telah tayang di Wartakotalive dengan judul Indonesia Menempati Urutan ke-8 untuk Kebutuhan E-Learning, https://wartakota.tribunnews.com/2017/12/09/indonesia-menempati-urutan-ke-8-untuk. Warta Kota, 2017.

Sumber Penunjang Website

https://www.mistar.id. (2020, September 25) Retriefed From https://www.mistar.id/opini/pendidikan-jarak-jauh-dan-dampak-sosialnya/...

https://www.cs.ui.ac.id (2020, September 25) Retrifed From https://www.cs.ui.ac.id/index.php/akselerasi-e-learning-dan-online-education-di-tanah-air/

https://wartakota.tribunnews.com (2020, September 26) Retriefed From https://wartakota.tribunnews.com/2017/12/09/indonesia-menempati-urutan-ke-8-untuk-kebutuhan-e-learning

https://geotimes.co.id (2020, September 26) Retriefed From https://geotimes.co.id/opini/nuansa-




DOI: http://dx.doi.org/10.30813/jbam.v14i1.2709

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


UNIVERSITAS BUNDA MULIA PRESS
PROGRAM STUDI MAGISTER MANAJEMEN
Lantai 3 Ruang Pascasarjana - Universitas Bunda Mulia
Jl. Lodan Raya No. 2, Ancol – Jakarta Utara 14430, Indonesia
Telp: +62 21 692 9090 ext.1317
Email: jobamubm@gmail.com

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats