Negara Asal sebagai Determinan Persepsi Kualitas dan Peran Moderasi Etnosentrisme

Salma Fauziyyah, Ika Barokah Suryaningsih

Abstract


Penelitian  ini  bertujuan  untuk  menguji  pengaruh  negara  asal  terhadap  persepsi  kualitas dengan  etnosentrisme  sebagai  variabel  moderasi.  Penelitian  ini  merupakan  penelitian  konfirmatori dan  eksplanatori.  Populasi  penelitian  ini  adalah  keseluruhan  konsumen  produk  sepatu  di  Kota Bandung, Indonesia dengan ukuran sampel sebanyak 125 responden. Analisis data dalam penelitian ini  menggunakan  metode  Stuctural  Equation  Modelling  (SEM)  dengan  model  moderasi.  Hasil penelitian  menunjukkan  bahwa  dua  hipotesis  penelitian  diterima.  Interpretasi  hasil  penelitian menggambarkan  bahwa  terdapat  pengaruh  antara  Negara  Asal  terhadap  Persepsi  Kualitas  dan terdapat  efek  moderasi  Etnosentrisme  terhadap  pengaruh  Negara  Asal  terhadap  Persepsi  Kualitas oleh   konsumen.   Kesimpulan   yang   diperoleh   dari   penelitian   ini   adalah   etnosentrisme   dapat digunakan  sebagai  alat  untuk  mengurangi  efek  negatif  negara  asal  terhadap  persepsi  kualitas  oleh konsumen


Keywords


Negara Asal; Persepsi Kualitas; Etnosentrisme.

References


Aysan, A.F., M. Disli, A. Ng, dan H. Ozturk. 2016. Is Small the New Big? Islamic Banking for Smes in Turkey. Economic Modelling 54: 187–194.

Borzooei, M., dan M. Asgari. 2015. Country of Origin Effect on Consumer Purchase Intention of Halal Brands. American Journal of Marketing Research. 1(1): 1–10.

Degoma, A., dan E. Shetemam. 2014. The Effect of Country of Origin Image on Purchase Intention: A Case Study on Bahir Dar University Instructors. J Account Mark. 3(1): 1–5.

Dimyati, M. 2009. Analisis SEM dalam Uji Pengaruh Beberapa Variabel Terhadap Loyalitas Kajian Berbasis Riset Pada Debitur Kredit Usaha Kecil 1st ed. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Engel, J.F., R.D. Blackwell, dan P.W. Miniard. 1994. Perilaku Konsumen 6th ed. Jakarta: Binarupa Aksara.

Ferdinand, A. 2014. Structural Equation Modeling dalam Penelitian Manajemen 5th ed. Semarang: Undip Press.

Ghozali, I. 2017. Model Persamaan Struktural: Konsep dan Aplikasi dengan Program AMOS 24 Update Bayesian SEM. Semarang: Badan Penerbit UNDIP.

Hamin, H., C. Baumann, dan R.L. Tung. 2014. Attenuating Double Jeopardy of Negative Country of Origin Effects and Latecomer Brand: An Application Study of Ethnocentrism in Emerging Markets. Asia Pacific Journal of Marketing and Logistics. 26(1): 54–77.

Hermawan, H., dan B. Haryanto. 2013. Analisis Pengaruh Persepsi Prestise, Persepsi Kualitas, Persepsi Nilai, Citra Merek, Citra Negara Asal Terhadap Niat Pembelian Produk Asing YangDimediasi Sikap Dan Variabel Customer’s Ethnocentrism Sebagai Peran Moderasi (Studi Pada Niat Pembelian Produk. Fokus Manajerial. 12(1): 23–40.

Keegan, W.J., dan M.C. Green. 2013. Global Marketing 7th ed. New York: Pearson.

Kotler, P., dan K.L. Keller. 2009. Manajemen Pemasaran 13th ed. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Li, X., J. Yang, X. Wang, D. Lei. 2012. The Impact of Country-of-Origin Image, Consumer Ethnocentrism and Animosity on Purchase Intention. Journal of Software. 7(10): 2263–2268.

Listiana, E. 2012. Pengaruh Country Of Origin terhadap Perceived Quality Dengan Moderasi Etnosentris Konsumen. Jurnal Administrasi Bisnis. 8(1): 21–47.

Martinelli, E., B. Balboni, S. Grappi, M. Vignola. 2012. The COO Effect and the Role of Ethnocentrism on Consumer Buying Behavior.

Mostafa, R.H.A., 2015. The Impact of Country of Origin and Country of Manufacture of a Brand on Overall Brand Equity. International Journal of Marketing Studies. 7(2): 70–83.

Permana, M.S., dan J.O. Haryanto. 2014. Pengaruh Country of Origin, Brand Image dan Persepsi Kualitas terhadap Intensi Pembelian. Jurnal Manajemen. 18(3): 365–380.

Samiee, S. 1994. Customer Evaluation Of Products in A Global Market. Palgrave Macmillan Journals: 579–604.

Sepriadi, M.S. 2015. Pengaruh Country Of Origin TerhadapPerceived Value dengan Consumer Ethnocentrism sebagai Variabel Moderator (Studi pada Konsumen Televisi Merek Samsung di Kota Medan). SP -Ilmu Administrasi Niaga/Bisnis.

Shankarmahesh, M., 2006. Consumer Ethnocentrism: An Integrative Review of Its Anticedents and Consequences. International Marketing Review. 23(2): 146–172.

Sharma, S., T.A. Shimp., S. Jeongshin. 1995. Consumer Ethnocentrism: A Test of Antecedents and Moderators. Journal of the Academy of Marketing Science. 23(1): 26-37.

Shimp, T.A., dan S.Sharma. 1987. Consumer Ethnocentrism: Construction and Validation of the CETSCALE. Journal of Marketing Research. 24(3): 280–289.

Tjiptono, F. 2008. Strategi Pemasaran 3rd ed. Yogyakarta: ANDI.

Wong, C.Y., M.J. Polonsky, dan R. Garma. 2008. The Impact Of Consumer Ethnocentrism And Country Of Origin Sub-Components For High Involvement Products On Young Chinese Consumers’ Product Assessments. Asia Pacific journal of marketing and logistics. 20(4): 455–478.

Yasin, N. M., M.N. Nasser, dan O. Mohamad. 2007. Does image of country‐of‐origin matter to brand equity? Penelitian82 Journal of Product & Brand Management. 16(1): 38–48.




DOI: http://dx.doi.org/10.30813/jbam.v14i1.2705

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


UNIVERSITAS BUNDA MULIA PRESS
PROGRAM STUDI MAGISTER MANAJEMEN
Lantai 3 Ruang Pascasarjana - Universitas Bunda Mulia
Jl. Lodan Raya No. 2, Ancol – Jakarta Utara 14430, Indonesia
Telp: +62 21 692 9090 ext.1317
Email: jobamubm@gmail.com

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats