Pengaruh CSR UMKM terhadap Reputasi Perusahaan dan Loyalitas Pelanggan Dimediasi Citra Merek

Arief Priyadi, Kandi Sofia Senastri Dahlan, Rustono Farady Marta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat dampak dari kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan (TJSP) atau dalam bahasa inggris disebut Corporate Social Responsibility (CSR), terhadap reputasi perusahaan dan terhadap loyalitas pelanggan yang dimediasi oleh citra merek. Permasalahan penelitian yang diajukan merujuk kepada penelitian terdahulu dan adanya research gap dari penelitan terdahulu. Lima hipotesis telah dirumuskan dan sebuah model telah dikembangkan untuk menjawab masalah penelitian ini.Teknik pengambilan sampel adalah metode kuota Convenience sampling. Responden dari penelitian ini berjumlah 187 responden, dimana para responden adalah mitra dari CV PDHR selaku pengrajin atau produsen pembuat tahu sumedang. Alat analisa yang digunakan adalah Structural Equation Model (SEM). Pengujian validitas menggunakan Software Smart PLS 3.0 Hasil analisis data penelitian ini menunjukkan bahwa model dan hasil penelitian   diterima dengan baik. Dari 5 hipotesa, yang diterima 4 hipotesa dan 1 hipotesa di tolak. Namun dari hasil penelitian ini membuktikan bahwa citra merek terbukti secara positif memediasi pengaruh independent variabel terhadap dependent variable.

Keywords


CSR; citra merek; reputasi; loyalitas

Full Text:

PDF

References


Abdillah, Willy., Jogiyanto. (2015). Partial Least Square (PLS) Alternatif Structural Equation Modeling (SEM) dalam Penelitian Bisnis. Ed.1. Yogyakarta: ANDI

Amaeshi, KM, Osuji, OK, dan Nnodim, P. (2008), “Tanggung jawab sosial perusahaan dalam rantai pasokan merek global: Sebuah tanggung jawab berbatas? Klarifikasi, pengecualian dan implikasi”. Journal of Etika Bisnis, Vol.81, pp. 285-295

Chen-Ying Lee Wei-Chen Chang Hsin-Ching Lee , (2017)," An investigation of the effects of corporate social responsibility on corporate reputation and customer loyalty-Evidence from the Taiwan Non-life insurance industry ", Social Responsibility Journal, Vol. 13 Iss 2 pp.

Cretu, A. E., and Brodie, R.J. (2007),“The influence of brand image and company reputation where manufacturers market to small firms: A customer value perspective”, Industrial Marketing Management, Vol. 36, No.2, pp.230-240.

Ghozali, Imam. “ Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS”, Semarang, Badan Penerbit Universitas Diponogoro, 2005

Gatzert, N (2015) “The impact of corporate reputation and reputation damaging events on financial performance: Empirical evidence from the literature” Article in European Management Journal 33 (6) • November 2015

Hsu, K. T,(2012),“The advertising effects of corporate social responsibility on corporate reputation and brand equity: Evidence from the life insurance industry in Taiwan”, Journal of Business Ethics, Vol. 109, pp.189-201.

Keh, H.T., and Xie, Y.(2009), “Corporate reputation and customer behavioral intentions: The roles of trust, identification and commit- ment”, Industrial Market-ing Management, Vol.38,No7, pp. 73-742

Porter, M. E., and Kramer, M. R. (2006), “Strategy & Society: the link between competitive advantage and corporate social responsibility”, Harvard Business Review, Vol.84 No.12, pp. 78-92.

Donnelly, Martina. 2009. ”Building Customer Loyalty: A Customer Experience Based Approach in a Tourism Context”. Thesis, submitted in fulfillment of the requirement for a Master Degree in Bussiness Study, Waterford Institute of Technology




DOI: http://dx.doi.org/10.30813/jbam.v13i2.2366

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


UNIVERSITAS BUNDA MULIA PRESS
PROGRAM STUDI MAGISTER MANAJEMEN
Lantai 3 Ruang Pascasarjana - Universitas Bunda Mulia
Jl. Lodan Raya No. 2, Ancol – Jakarta Utara 14430, Indonesia
Telp: +62 21 692 9090 ext.1317
Email: jobamubm@gmail.com

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats