Pengaruh Kredibilitas Influencer, Nominal Harga, dan Media Sosial terhadap Minat Pembelian dengan Mediasi Citra Merek di Tokopedia

Berlianfin Wibowo, Andreas Heryjanto

Abstract


Di era globalisasi, perkembangan teknologi berubah secara pesat. Perkembangan teknologi diikuti juga dengan kemajuan bisnis yang berubah dari bisnis tradisional menjadi bisnis modern. Tokopedia merupakan aplikasi e-commerce yang sudah hadir di 93 persen kecamatan di Indonesia. Untuk mencapai angka tersebut cara yang di lakukan Tokopedia adalah mempromosikan produk-produk mereka melalui influencer, memberikan harga terjangkau, dan menggunkan media sosial. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh dari kredibiltas influencer, nominal harga, dan media sosial terhadap minat pembelian yang dimediasi oleh citra merek. Kredibilitas influencer, nominal harga, dan media sosial merupakan variabel dependen dan minat harga merupakan variabel independen, sedangkan citra merek merupakan peubah mediasi. Sampel dari penelitian ini adalah individu yang pernah berbelanja di Tokopedia. Sampel minimal terkumpul sebanyak 190 sampel yaitu 19 indikator dikali 10. Penelitian ini menggunakan teknik analisis kuantitatif dengan Structural Equiation Modeling (SEM) dan diolah dengan SmartPLS 3.0 Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukan bahwa tidak ada pengaruh positif antara kredibillitas influencer terhadap minat pembelian dan kredibilitas influencer juga tidak ada pengaruh positif terhadap minat pembelian melalui mediasi citra merek, harga berpengaruh positif terhadap minat pembelian, harga juga berpengaruh positif terhadap minat pembelian dengan mediasi citra merek, media sosial berpengaruh positif terhadap minat pembelian, tetapi dengan mediasi citra merek maka tidak berpengaruh antara media sosial dengan minat pembelian. Terdapat hasil positif signifikan diantara citra merek dengan minat pembelian. Dengan hasil ini maka diharpakan tokopedia dapat lebih fokus terhadap harga karena menurut penelitian ini harga sangat berpengaruh terhadap minat pembelian. Kata Kunci; Influencer, harga, media sosial, citra merek, dan minat pembelian. ABSTRACT In the era globalization, technology development are change rapidly. Technological developments are followed by change of business from traditional business to modern business. Tokopedia is an e-commerce application that has been exist in 93 percent of district in Indonesia. To achieve this number, the way Tokopedia has done is promote their products through influencers, providing affordable prices, and using social media. The research aims to look at the influence of credibility influencers, nominal price, and social media on purchase intention mediated by brand image. Credibility Influencer, nominal price and social media are the dependent variable and purchase intention is the independent variable, while brand image is a mediation variable. The sample of this research is individuals who have shopped at Tokopedia. The minimum sample collected is 190 which is 19 Indicator multiplied by 10. This research uses quantitative analysis technique with Structural Equiation Modeling (SEM) and processed with SmartPLS 3.0 .The result obtained from there are no any effect between credibility influencer and purchase intention, also with mediates by brand image there is not any effect between influencer and purchase intention. There are positive significantly between nominal price and purchase intention even mediate by brand image there are still positive significant, there are positive significant between social media and purchase intention, but there are no any effect between social media and purchase intention if mediate by brand image, brand image is significant positive to purchase intention. With result from this research Tokopedia must focus to price because price is very effective to purchase intention

Keywords


fluencers, price; social media; brand image; purchase intention.

Full Text:

PDF

References


Arifin.E dan Fachrodji.A., F. 2015. “Pengaruh Persepsi Kualitas Produk, Citra Merek, dan Promosi Terhadap Minat Beli Konsumen Ban Achilles di Jakarta Selatan.” Jurnal MIX, Volume V, No. 1, Feb 2015

Aryani, D dan Rosinta, F. 2010. “Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan

PelangganDalamMembentukLoyalitas PelangganJurnal Ilmu Administrasi dan Organisasi Vol 17 No.2

Anandia., 2015. “Analisa Pengaruh Desain Produk, Persepsi Harga, dan Kualitas Produk Terhadap Citra Merek Untuk Meningkatkan Minat Beli Konsumen Sepatu Adidas Original (Studi Kasus Pada Masyarakat di Kota Semarang)”e-journal.undip.ac.id

Brilio (2019, 04 14), 7 Fakta Mengejutkan Soal Pengguna Media Sosial di- Indonesia.Yangdiakses01Oktober2019(https://www.liputan6.com/tekno/read/3939443/7-fakta-mengejutkan-soal-pengguna-media-sosial-di-indonesia)

Cretti, C. 2015. Consumers ‘attitude towards social media advertising. Economics and Social Sciences Chair of Marketing

Duffertt, R.G. 2015, “Facebook advertising’s influence on intention-to-purchaseand Purchase amongst Milenials” Internet Research, Vol.25 No. 4,pp. 498- 526.

Fure.H., 2013., “Lokasi Keberagaman Produk, Harga, dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Minat Beli Pada Pasar Tradisional Bersehati Celaca” Jurnal EMBA 273 Vol.1 No.3 September 2013, Hal. 273-283

Grenny Joseph, Petterson Kerry, Maxfield David, McMillan Ron, Switzler AL.

Influencer. Dunamis Publishing.

Ghozali, I., dan Latan, H. 2015. Konsep, Teknik Aplikasi Menggunakan Smart PLS 3.0 Untuk Penelitian Empiris. BP Undip. Semarang

Griffin, Ricky W., and Ronald J. Elbert. 2006. Bussiness Enterprise. 8th edition.

Prentice Hall. New Jersey

Hatta H.dan Adreanus R. 2019. “Pengaruh Influencer, Membership, Program, dan- Instagram Ads Terhadap Minat Pembelian Ulang Customer Brand Coach” Journal of Entrepreneurship, Management, and Industry (JEMI)Vol. 2, No. 2, (2019), pp. 79-89

Hayes, Nick & Brown Duncan. 2008. Influencer Marketing, Who really

influencesyour customers. UK: Elsvier Ltd.

Hernanda A., Sumarwan U., dan Tinaprilla. 2019. “The Effect of Social Media Influencer on Brand Image, Self Concept, and Purchase Intention”. Journal of Consumer Sciences E-ISSN : 2460-8963 2019, Vol. 04, No. 02, 76-89

Dwi Hadya Jayani (2019 09 03), Shopee Menjadi E-Commerce Paling Top dari

Masa ke Masa. Yang diakses 18 Maret 2020(https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2019/09/03/shopee-jadi-e-commerce-paling-top-dari-masa-ke-masa)

Kaplan, A.M. and Haenlein, M. 2010 “Users of the world, unite! The challenges

and Opportunities of social media” Business Horizons, vol 53 no.1, pp.59- 68

Kharisma G. (2019 05 15), Meninjau Peta E-Commerce Indonesia di Awal 2019, Siapa Jadi Juara ?. Yang diakses 01 Oktober 2019

(https://id.techinasia.com/peta-ecommerce-indonesia-q1-2019)

Kholifah, A.N. dan Hasanah, M (2019, 01 09), 10 Fakta Menarik Tokopedia, Kini

Sudah Hadir di 93 Persen Kecmatan. Yang diakses 01 Oktober 2019 (https://www.viva.co.id/digital/startup/1110068-10-fakta-menariktokopedia-kini-sudah-hadir-di-93-persen-kecamatan)

Kotler P. & Armstrong G. 2012, Principle of Marketing. Pearson Prentice Hall

Kotler, Philip dan A.B. Susanto. 2000. Manajemen Pemasaran di Indonesia:

Analisis Perencanaan, Implementasi, dan Pengendalian. Jakarta: Salemba Empat.

Kotler dan Keller. 2016. Marketing Management. Pearson:Prentice Hall.

Lamb C.W., Hair F.J., Mc Daniel C. 2000 Marketing, Thomson Learning: South Western College Publishing

Lin.R., Jan.C., dan Chuang.C.L.,2019 "Influencer Marketing on Instagram” International Journal of Innovation in Management, Vol. 7, No. 1, pp. 33- 41

Morrisan, M.A, 2014PeriklananKomunikasi Pemasaran Terpadu. Kencana Prenanda MediaGroup.

Malau, Herman. 2017. Manajemen Pemasaran Teori dan Aplikasi Pemasaran Era Tradisional-Sampai Era Modernisasi Global. Bandung:Alfabeta

Natalia C dan Secapraman V.H. 2015. “Pengaruh Komunikasi Media Sosial

TerhadapPersepsiCitraMerekyangBerdampakPadaMinatPembelianTas Anyaman Merek Linette” Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya Vol 4 no.22015

Perdede, R., dan Manurung, R. 2015. Prosedur dan Aplikasi program AMOS Dalam Penelitian Model Persamaan Struktural.

Philipus Jehamun. (2020 01 04), Faktor Penentu Minat Beli pada Perusahaan E- commerce. Yang diakses 18 Maret 2020.

(https://bernasnews.com/faktor-penentu-minat-beli-pada-perusahaan-e-commerce/)

Putri C.S., 2016., “Pengaruh Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Cherie Melalui Minat Beli”

Rachmatunissa (2019, 12 05) , Tokopedia, Bukalapak, Shopee cs, siapa juaranya ?Yang diakses 24 Desember 2019

(https://inet.detik.com/business/d-4811377/tokopedia-bukalapak-shopeecs-siapa-juaranya)

Rafael E.C. (2018, 11 30), MarkPlus: Perang Harga, Shopee dan Tokopedia

Paling Bersaing. Yang diakses 26 Oktober 2019

(https://industri.kontan.co.id/news/markplus-perang-harga-shopee-dan-

tokopedia-paling-bersaing)

Reily M. (2019, 04 22), Rilis ByMe, Tokopedia Gaet 13 Influencer untuk Rekomendasikan Produk. Yang diakses 01 Oktober 2019(https://katadata.co.id/berita/2019/04/22/rilis-byme-tokopedia-gaet-13-influencer-untuk-rekomendasikan-produk)

Rizky.M.F.,Yasin.H., 2013., “Pengaruh Promosi dan Harga Terhadap Minat Beli Perumahan Obama PT. Nailah Adi Kurnia Sei Mencirim Medan”Jurnal Manajemen & Bisnis Vol 14 no. 02 Oktober 2014ISSN169-619

Seiawati M. 2015. “Pengaruh Media Sosial Terhadap Minat Beli Konsumen Studi

Kasus Mahasiwa Manajemen Universitas Pasir Pengairan”. e-journal Mahasiswa Prodi Manajemen Vol 2 no. 2 2015

Sinaga R.E.M dan Kusumuwati A. 2018. “Pengaruh Youtube Beauty VloggerTerhadap Minat Beli Konsumen dan Dampaknya Terhadap Keputusan Pembelian Produk “ Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol. 63 No. 1 Oktober 2018

Sekaran, U., dan Bougie, R. 2016. Research Methods for Business. Italy Wiley

Schiffman, L.G., & Kanuk, L. L (2010. Consumer Behavior (10thed). New Jersey, Pearson Prentice Hall

Shimp, A., Terence.2014.Komunikasi Pemasaran Terpadu Dalam Periklanan dan Promosi. Salemba Empat. Jakarta

Shu C., Kamal S., dan Yoojung., 2013., “Understanding Consumers Responses Toward Social Media and Purchase Intention Toward Luxury Product” Journal of Global Fashion Marketing, 2013 Vol. 4, No. 3, 158–174.

Spears N. dan Singh S.N. 2004. Meausring Attitude Toward the Brand andPurchase Intentions. Journal of Current Issues and Research in Advertising.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Manajemen, Bandung: Alfabeta

Suwarni.E., Suharyono., Kumadji S. 2015. “Pengaruh Iklan di Televisi, Kualitas Produk, dan Harga Terhadap Citra Merek Serta Implikasinya pada Minat Pembelian Survei Pada Calon Konsumen Susu SGM Di Kota Malang”Jurnal Administrasi Bisnis Vol 11 no.1 2017.

Tjiptono, Fandy, 2015. Brand Management & Strategy. Yogyakarta Andi.

Waluyo M. 2016, Mudah Cepat Tepat Penggunaan Tools AMOS Dalam Penelitian Aplikasi (SEM), Jawa Timur :UPN“Veteran”.

Widiartanto, Y.H. Pengguna Internet (2016, 10 24), 2016, Pengguna Internet di

Capai 132juta. Tekno.kompas.com. Yang diakses 01 Oktober 2019 (https://tekno.kompas.com/read/2016/10/24/15064727/2016.pengguna.internet.di.indonesia.capai.132.juta)

Wirayanthy. N dan Santoso.S . 2018. “Pengaruh Harga, Citra Merek, dan Kualitas terhadap Minat Beli Produk Label.” Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara Vol 1, no. 2 2018.




DOI: http://dx.doi.org/10.30813/jbam.v13i1.2133

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


UNIVERSITAS BUNDA MULIA PRESS
PROGRAM STUDI MAGISTER MANAJEMEN
Lantai 3 Ruang Pascasarjana - Universitas Bunda Mulia
Jl. Lodan Raya No. 2, Ancol – Jakarta Utara 14430, Indonesia
Telp: +62 21 692 9090 ext.1317
Email: jobamubm@gmail.com

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats