Meningkatkan Kemampuan Menulis Angka 1-3 Melalui Metode Stimulasi Multisensoris dan Reinforcement Pada Anak Tuna Grahita Sedang

Nathaniele Esterina, Ikhmahwati Tan Mutiara, Cindy Febriani Lee

Abstract


ABSTRACT

Every children in Indonesia, including children with special needs, has the same chance and right to pursue education. Intellectual disability children is the condition in which their intelligence experiences obstacles characterized by below-average intelligence and not proficient in social interaction that makes them to experience difficulties in learning and academic abilities such as writing which causes them to lag behind their other friends. The researchers’ aim is to improve the intellectual disability children’s ability to write numbers 1-3 through multisensory and reinforcement method. The research method is Single Subject Research (SSR) with A-B-A’ design (with 3 phases; pre-test, intervention, post-test). The initial of the subject in this research is G, 5 years old.

Keywords: mental disability, multisensory stimulation, reinforcement, writing number

 

ABSTRAK

Setiap anak di Indonesia, termasuk anak berkebutuhan khusus, memiliki kesempatan dan hak yang sama untuk menempuh pendidikan. Anak tunagrahita adalah kondisi dimana kecerdasan anak mengalami hambatan ditandai dengan intelegensi dibawah rata-rata dan tidak cakap dalam interaksi sosial sehingga mengalami kesulitan dalam belajar maupun kemampuan akademis seperti menulis yang akhirnya menyebabkannya tertinggal dengan teman-temannya yang lain. Tujuan yang diharapkan oleh peneliti adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis angka 1-3 melalui metode multisensoris dan reinforcement pada anak tunagrahita. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A’ (dengan tiga tahap yaitu pre-test, intervensi, post-test). Subyek dalam penelitian berinisial G berusia 5 tahun.

Kata kunci: kemampuan menulis angka, reinforcement, stimulasi multisensori, tunagrahita


Keywords


mental disability; multisensory stimulation; reinforcement; writing number

Full Text:

PDF

References


Afiffah, Nur & Tjutju Soendari. (2017). Meningkatkan kemampuan berbicara pada anak tunagrahita sedang melalui media gambar di SLB B-C YPLAB Kota Bandung. Jurnal Asesmen dan Intervensi Anak Berkebutuhan Khusus. 18(1). 47-54.

Apriyanto, Nunung. (2012). Seluk-beluk tunagrahita dan strategi pembelajarannya. Jogjakarta: Javalitera.

Delphie, B. (2006) Pembelajaran anak tunagrahita. Bandung: PT Refika Aditama.

Effendi, M. (2006). Pengantar psikopedagogik anak berkelainan. Jakarta: PT Bumi Askara.

Harian Terbit. (2018). Hetifah: data BPS, makin banyak anak berkebutuhan khusus. Diambil dari March 17, 2019, from https://harianterbit.co/ 2018/04/10/hetifah-data-bps-makin-banyak-anak-berkebutuhan-khusus/

Kemis & Ati. (2013). Pendidikan anak berkebutuhan khusus tunagrahita. Jakarta: Luxima.

Kumilasari, D. (2016). Meningkatkan kemampuan menulis huruf vokal

(a, i, u, e, o) melalui metode VAKT bagi anak tunagrahita sedang di SLB Talawi Sawahlunto. Jurnal Penulisan Pendidikan Khusus. 5(2). 24-37.

Maulana, S. (2013). Efektifitas metode VAKT untuk meningkatkan kemampuan menulis permulaan bagi anak kesulitan belajar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, 2(3), 222-233.

Miltenberger, R.G. (2012). Behavior modification; principles and procedures (5th Ed.). Boston: Cengage Learning.

Purnamasari, P., & Tjutju S. (2018). Metode VAKT untuk pembelajaran membaca permulaan anak tunagrahita ringan. Jurnal Asesmen Dan Intervensi Anak Berkebutuhan Khusus. 19(1), 25-31.

Rahman, A.A. (2017). Sejarah psikologi: Dari klasik hingga modern. Depok: PT RajaGrafindo Persada.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Sistem Pendidikan Nasional. 8 Juli 2003. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2003 Nomor 4301. Jakarta.

Yusuf, M. (2005). Pendidikan bagi anak dengan problem belajar. Jakarta: Depdiknas.

Zainuddin. (1991). Materi pokok bahasa dan sastra Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.




DOI: http://dx.doi.org/10.30813/psibernetika.v13i2.2383

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License