PENGARUH EFIKASI DIRI MELALUI KEMAMPUAN BERPIKIR POSITIF TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA

Andi Sri Dewi Anggraeni, Wahyuni Ismail, Eka Damayanti

Abstract


ABSTRACT

This study aims to determine the picture of self-efficacy, positive thinking ability, learning achievement, knowing the effect of self-efficacy on learning achievement, knowing the effect of positive thinking ability on learning achievement, and the effect of self-efficacy through positive thinking ability on student achievement in the biology education department. This type of research is ex post facto with a total sample of 43 people. Based on the results of the analysis using descriptive and inferential statistics it is known: 1) The self-efficacy of students majoring in biological education is in the high category of 58%. 2) The ability to think positively of students majoring in biology education is in the very high category of 65%. 3) The learning achievement of students majoring in biology education is in the cum laude category of 70%. 4) There is no significant effect between self-efficacy and learning achievement with a path coefficient of 0.177, 5) There is no significant effect between positive thinking on learning achievement with a path coefficient of 0.009; and 6) There is no significant effect of self-efficacy through positive thinking ability on student achievement with a path coefficient of 0.0038. The conclusion of this study is that there is no significant effect of self-efficacy and positive thinking on student achievement directly or indirectly, namely through the ability to think positively.

Keywords:  learning achievement; positive thinking; self-efficacy

 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui gambaran efikasi diri, kemampuan berpikir positif, prestasi belajar; (2) mengetahui pengaruh efikasi diri terhadap prestasi belajar; (3) mengetahui pengaruh kemampuan berpikir positif terhadap prestasi belajar; dan (4) pengaruh efikasi diri melalui kemampuan berpikir positif terhadap prestasi belajar mahasiswa jurusan pendidikan biologi. Jenis penelitian ini adalah ex post facto dengan jumlah sampel sebanyak 43 orang mahasiswa Jurusan Pendidikan Biologi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar yang terpilih berdasarkan simple random sampling. Data dianalisis menggunalan statistik deskriptif dan inferensial (analisis jalur). Hasil penelitian menunjukkan: (1) Efikasi diri mahasiswa berada pada kategori tinggi, kemampuan berpikir positif mahasiswa berada pada kategori sangat tinggi dan prestasi belajar mahasiswa berada pada kategori cumlaude; (2) Tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara efikasi diri dengan prestasi belajar dengan nilai koefisien jalur sebesar 0,177; (3) Tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara berpikir positif terhadap prestasi belajar dengan nilai koefisien jalur sebesar 0,009; dan (4) Tidak terdapat pengaruh signifikan efikasi diri melalui kemampuan berpikir positif terhadap prestasi belajar mahasiswa dengan koefisien jalur sebesar 0,0038. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu tidak terdapat pengaruh yang signifikan efikasi diri dan berpikir positif terhadap prestasi belajar mahasiswa mahasiswa Jurusan Pendidikan Biologi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar baik secara langsung maupun tidak langsung yang melalui kemampuan berpikir positif.

Kata Kunci: berpikir positif; efikasi diri; prestasi belajar


Keywords


berpikir positif; efikasi diri; prestasi belajar

Full Text:

PDF

References


Amir, Heransyah. (2016). Korelasi Pengaruh Faktor Efikasi Diri dan Manajemen Diri terhadap Motivasi Berprestasi pada Mahasiswa Pendidikan Kimia Unversitas Bengkulu. Manajemen Pendidikan No. 4, Vol 10, Juli 2016, (hal 336-342). Diakses 22 Juli 2019 di https://media.neliti.com/media/publications/270803-korelasi-pengaruh-faktor-efikasi-diri-da-ecc7028b.pdf

Andinny, Yuan. (2013). Pengaruh Konsep Diri dan Berpikir Positif terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Jurnal Formatif No. 2, Vol 3, (hal 126-135). Diakses 11 Agustus 2018 di http://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Formatif/article/viewFile/119/116

Arifin, Muhammad., Putro, Setiadi Cahyono dan Putranto, Hari. (2014). Hubungan Kemampuan Efikasi Diri dan Kemampuan Kependidikan dengan Kesiapan Menjadi Guru TIK Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika. Teknologi Dan Kejuruan, Vol. 37, No. 2, September 2014, (hal 129-136). Diakses 17 Juli 2019 di http://journal.um.ac.id/index.php/teknologi-kejuruan/article/view/4429

Astutik, Efi Widiya., Wismanto, Y Bagus dan Goeritno, Haryo. (2012). Studi tentang Regulasi Diri dalam Belajar, Efikasi Diri dan Prestasi Belajar Matematika. Prediksi, Kajian Ilmiah Psikologi- No.2, Vol.1, Juli-Desember 2012, (hal 203–206). Diakses 22 Juli 2019 di http://journal.unika.ac.id.

Danim, Sudarwan. (2011). Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Alfabeta.

Elfiky, Ibrahim. (2009). Terapi Berpikir Positif: Biarkan Mukjizat dalam Diri Anda. Melesat Agar Hidup Lebih Sukses dan Lebih Bahagia. Bandung: Gita Print.

Herliana, Lina dan Suwatno, (2018). Kecerdasan Intelektual dan Minat Belajar sebagai Determinan Prestasi Belajar Siswa. JURNAL PENDIDIKAN MANAJEMEN PERKANTORAN No. 2, Vol. 3, Juli 2018, (hal 106-114) Diunduh 24 Juli 2019 di http://ejournal.upi.edu/index.php/jpmanper/article/view/00000

Kurniyawati, Rita. (2012). Hubungan antara Efikasi Diri dengan Motivasi Belajar Siswa. Naskah Publikasi. Universitas Muhammadiyah Surakarta. Diunduh 12 Oktober 2018 dihttp://eprints.ums.ac.id/21434/11/NASKAH_PUBLIKASI.pdf.

Naim, Nurjannatun. (2017). Pengaruh berpikir Positif terhadap Motivasi Berprestasi pada Santri Tahfidzul Qur’an di Pondok Pesantren Walisongo Putri Cukir Jombang. Skripsi. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Diunduh 25 Juli 2019 di http://etheses.uin-malang.ac.id.

Novariandhini, Dinda Ayu dan Latifah, Melly. (2012). Harga Diri, Efikasi Diri, Motivasi Belajar dan Prestasi Akademik Siswa SMA pada berbagai Model Pembelajaran. Jurnal Ilmu Keluarga dan Konsumen No 2, Vol. 5, Agustus 2012 hal 138-14). Diakses 17 Juli 2019 di https://journal.ipb.ac.id/index.php/jikk/article/view/6376/11336.

Pratama, Anggi Tias dan Corebima, Duran. (2015). Hubungan Intelegence Qoutient (IQ) terhadap Capaian Prestasi Belajar Biologi SMA Kota Medan. BIOLOGI SEL No.2, Vol 4, Juli-Desember 2015, (hal 1-12). Diakses 24 Juli 2019 di http://jurnal.ipb.ac.id/index.php/jikk/article/view/6376/11336

Rahma, Ayu Nuzulia. (2011). Hubungan Efikasi Diri dan Dukungan Sosial dengan Penyesuaian Diri Remaja di Panti Asuhan. PSIKOISLAMIKA, Jurnal Psikologi Islam (JPI) Vol 8 No. 2, Januari 2011 (hal 231-246). Diakses 17 Juli 2019 di http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/psiko/article/view/1551/2741

Rohmah, Lailatur. (2012). Hubungan Antara Berpikir Positif dengan Kepatuhan pada Aturan (Studi Pada Santri Di Pondok Pesantren Putri Al-Amanah Tambakberas Jombang. Skripsi. Uiversitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Diunduh 24 Oktober 2018 di http://etheses.uin-malang.ac.id/2213/

Rozikin, Slamet., Amir, Hermansyah dan Rohiat, Salastri. (218). Hubungan Minat Belajar Siswa dengan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Kimia di SMA Negeri 1 Tebat Karai dan SMA Negeri 1 Kabupaten Kepahiang. ALOTROP, Jurnal Pendidikan dan Ilmu Kimia, No. 1,Vol. 2, 2018, (hal 78-81). Diakses 24 juli 2019 di http://ejournal.unib.ac.id/index.php/alotropjurnal/article/viewFile/4740/2599.

Sihaloho. Lasmita., Rahayu, Agus dan Wibowo, Lili Adi. (2018). Pengaruh Efikasi Diri (Self Efficacy) terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri Se-Kota Bandung. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), No. 1, Vol.4, Mei 2018 (hal 52-71). Diakses 17 Juli 2019 di http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jinop/article/view/5671/5726

Somawati. (2018). Peran Efikasi Diri (Self Efficacy) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Jurnal Konseling dan Pendidikan No. 1, Vol. 6, Februari 2018, (hal 39-45). Diakses 26 Agustus 2018 di http://jurnal.konselingindonesia.com/index.php/jkp/article/view/188

Wahyuni, Dewi Sri. (2016). Pengaruh Efikasi Diri, Cara Belajar, Persepsi Siswa tentang Komunikasi Guru dan Persepsi Siswa tentang Perhatian Orangtua terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI MAN di Kota Palu. JURNAL MATEMATIKA DAN PEMBELAJARANNYA 2016 No. 2, Vol. 2. (hal 21-42). Diakses 22 Juli 2019 di https://jurnal.iainambon.ac.id/index.php/INT/article/view/286/219

Wijaya, Cahyo Satria. (2011). Think Positive, Fell Positive, & Get Positive Life. Yogyakarta: Second Hope.

Yuliyuan, Rahmawati., Handayani, Shinta Dwi dan Somawati. (2017). Peran Efikasi Diri (Self Efficacy) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Positif. Unnes Journal of Mathematics Education UJME No. 3, Vol. 6 November 2017 ( hal 366-374). Diakses 9 Juli 2019 di http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujme.




DOI: http://dx.doi.org/10.30813/psibernetika.v13i2.2316

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License