PENGARUH FAKTOR PERILAKU PADA KELOMPOK MILLINEAL TERHADAP KEINGINAN UNTUK BERWIRAUSAHA
Michael Christian
Abstract
Pemerintah Indonesia mendorong untuk peningkatan jumlah wirausahawan, salah satunya melalui Gerakan Kewirausahaan Nasional (GKN) sejak enam tahun lalu. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh perilaku dan karakter terhadap keinginan untuk berwirausaha pada kelompok millenial. Sebanyak 53 sampel dengan karakter kelompok millenial yang belum berwirausaha digunakan dan diolah dengan menggunakan SMART PLS 3. Penelitian ini menjelaskan bahwa keinginan untuk berwirausaha pada kelompok millenial dipengaruhi oleh perilaku dan karakter kelompok tersebut, namun karakter tidak dipengaruhi oleh perilaku. Keterbatasan pada penelitian ini adalah tidak mengikutsertakan faktor karakter dari gaya menjalankan usaha yang dapat memperkuat penjelasan mengenai keterkaitannya dengan keinginan untuk berwirausaha. Faktor ukuran sampel juga dapat menjadi pertimbangan selanjutnya. Penekanan saran pada penelitian ini adalah perlu ditingkatkannya peran serta insitusi pendidikan dan individu dalam pembentukan karakter untuk berwirausaha khususnya keberanian dalam bertindak dan mengambil risiko dengan mengikuti pelatihan dan komunitas baik dalam skala kecil maupun dengan pembiayaan pemerintah. Kata kunci: perilaku, keputusan, kewirausahaan, millenial
UNIVERSITAS BUNDA MULIA PRESS PROGRAM STUDI MAGISTER MANAJEMEN Lantai 3 Ruang Pascasarjana - Universitas Bunda Mulia Jl. Lodan Raya No. 2, Ancol – Jakarta Utara 14430, Indonesia Telp: +62 21 692 9090 ext.1317 Email: jobamubm@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.