Pengaruh Kualitas Layanan, Promosi, Citra Merek Terhadap Kesetiaan Pelanggan yang di Mediasi Kepuasan Pelanggan pada Dealer Mitsubishi Setia Kawan Motor Group

Tommy Law, John J.O.I. Ihalauw

Abstract


Dalam memenangkan persaingan saat ini setiap perusahaan harus menciptakan dan mempertahankan kesetiaan pelanggan mereka sehingga perusahaan bisa terus berkembang. Terwujudnya kesetiaan pelanggan akan berdampak positif terhadap perusahaan karena pelanggan akan terus menggunakan produk dalam jangka waktu yang lama. Kesetiaan pelanggan dapat tumbuh disebabkan oleh kepuasan pelanggan. Kepuasan pelanggan dapat tercipta oleh beberapa faktor, antara lain adalah kualitas layanan, promosi, dan citra merek. Penelitian dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 200 responden di 5 Dealer Setia Kawan Motor Group. Metode penelitian ini menggunakan purposive sampling. Hipotesis penelitian diuji menggunakan Structural Equation Modeling (SEM). Pengolahan data menggunakan AMOS 22. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas layanan, promosi, dan citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Kepuasan pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesetiaan pelanggan.

Kata kunci: Kesetiaan Pelanggan, Kepuasan Pelanggan, Kualitas Layanan, Promosi, Citra Merek.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30813/jbam.v9i1.897

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


UNIVERSITAS BUNDA MULIA PRESS
PROGRAM STUDI MAGISTER MANAJEMEN
Lantai 3 Ruang Pascasarjana - Universitas Bunda Mulia
Jl. Lodan Raya No. 2, Ancol – Jakarta Utara 14430, Indonesia
Telp: +62 21 692 9090 ext.1317
Email: jobamubm@gmail.com

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats