Pengaruh Etnosentrisme-konsumen Terhadap Sikap Konsumen Indonesia Pada Produk Organik Lokal

Novita Novita

Abstract


Seiring dengan semakin meningkatnya permintaan dunia akan produk-produk organik, minat masyarakat Indonesia terhadap produk organik juga semakin meningkat. Namun sayangnya masih banyak masyarakat Indonesia yang belum menyadari bahwa petani dan pengrajin organik lokal juga memiliki kemampuan untuk menghasilkan produk organik berkualitas, baik produk segar maupun produk olahan. Masyarakat Indonesia cenderung memandang sebelah mata terhadap produk organik lokal, padahal produk organik lokal juga tidak kalah kualitasnya dan dapat bersaing di dunia internasional. Dengan mengetahui seberapa besar etnosentrisme-konsumen dari masyarakat Indonesia, dapat dijadikan masukan bagi Pemerintah dan pihak-pihak terkait untuk dapat mengetahui sikap konsumen Indonesia terhadap produk organik lokal. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen organik yang merupakan warga negara Indonesia dan berdomisili di Indonesia. Penelitian merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan teknik analisis regresi. Berdasarkan hasil penelitian terhadap 59 responden, etnosentrisme-konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap sikap konsumen terhadap produk organik lokal. Berdasarkan hasil tersebut menunjukkan bahwa program-program penguatan rasa nasionalisme perlu dilakukan untuk menumbuhkan etnosentrisme-konsumen di era perdagangan bebas.
Kata kunci : produk organik, etnosentrisme-konsumen, sikap konsumen


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30813/jbam.v9i1.853

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


UNIVERSITAS BUNDA MULIA PRESS
PROGRAM STUDI MAGISTER MANAJEMEN
Lantai 3 Ruang Pascasarjana - Universitas Bunda Mulia
Jl. Lodan Raya No. 2, Ancol – Jakarta Utara 14430, Indonesia
Telp: +62 21 692 9090 ext.1317
Email: jobamubm@gmail.com

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats