Strategi Peningkatan Kinerja melalui Adopsi Media Sosial pada UMKM Makanan Ringan
Elvina Elvina, Ali Wardhana
Abstract
Banyaknya produsen makanan ringan membuat UMKM makanan ringan membutuhkan strategi untuk dapat bertahan ditengah persaingan. Menggunakan media sosial sebagai alat pemasaran menjadi salah satu alternatif strategi yang marak dikalukan para pemasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor teknologi, faktor organisasi dan faktor lingkungan terhadap adopsi media sosial bagi UMKM makanan ringan, serta mengetahui pengaruh adopsi media sosial itu sendiri bagi kinerja UMKM makanan ringan. Penelitian dilakukan dengan metode kuantitatif dan mengumpulkan 166 responden. Data diolah dengan menggunakan aplikasi SmartPLS 3.2.9. Dari hasil pengolahan data, diperoleh hasil bahwa faktor teknologi, faktor organisasi dan faktor lingkungan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap adopsi media sosial. Hasil penelitian ini juga menunjukan bahwa adopsi media sosial memiliki pengaruh terhadap kinerja UMKM.
UNIVERSITAS BUNDA MULIA PRESS PROGRAM STUDI MAGISTER MANAJEMEN Lantai 3 Ruang Pascasarjana - Universitas Bunda Mulia Jl. Lodan Raya No. 2, Ancol – Jakarta Utara 14430, Indonesia Telp: +62 21 692 9090 ext.1317 Email: jobamubm@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.