Pengaruh Penggunaan Aplikasi Belanja Online, Gaya Hidup dan Literasi Keuangan terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa

Nur Fadhilah, Muhammad Taufiq Abadi

Abstract


The purpose of this study was to determine the effect of using online shopping applications, digital payment applications, lifestyle, financial literacy and self-control on the consumptive behavior of FEBI students at UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan class of 2019. This research is included in the type of field research or field research with a quantitative approach. The sampling technique used was proportional random sampling, followed by accidental sampling and data obtained based on the results of distributing questionnaires to FEBI students at UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan class of 2019. The results showed that the use of online shopping applications partially had a positive and significant effect on student consumptive behavior. Digital payment applications partially have a negative and insignificant effect on student consumptive behavior. Lifestyle partially has a positive and significant effect on student consumptive behavior. Financial literacy partially has a negative and insignificant effect on student consumptive behavior. Partial self-control has a negative and significant effect on student consumptive behavior. Simultaneously the use of online shopping applications, digital payment applications, lifestyle, financial literacy and self-control have a positive and significant effect on student consumptive behavior.


Keywords


Use of Online Shopping Applications; Digital Payment Application; Lifestyle; Financial Literacy; Self-Control; Consumptive Behavior

Full Text:

PDF

References


Afifah, N., & Yudiantoro, D. (2022). Pengaruh Gaya Hidup dan Penggunaan Uang Elektronik terhadap Perilaku Konsumtif. YUME: Journal of Management, 5(2), 365–375.

Anifah, S. (2020). PENGARUH LITERASI KEUANGAN, KONTROL DIRI DAN RELIGIUSITAS TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF DENGAN GAYA HIDUP SEBAGAI VARIABLE INTERVENING (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Salatiga).

Armelia, Y., & Irianto, A. (2021). Pengaruh Uang Saku Dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa. Jurnal Ecogen, 4(3), 418–426.

Asisi, I. (2020). Pengaruh Literasi Keuangan, Gaya Hidup Dan Pengendalian Diri Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Pasir Pengaraian. HIRARKI: Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 2(1), 107–118.

Chaplin, J. P. (2011). Kamus lengkap psikologi. Rajawali Pers.

Christianto, P. A., Nuhayati, S., & Mujiyono, M. (2016). Kesiapan Kota Pekalongan Menuju Smart City. Jurnal Litbang Kota Pekalongan, 11.

Dewi, L. G. K., Herawati, N. T., & Adiputra, I. M. P. (2021). Penggunaan E-Money Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Yang Dimediasi Kontrol Diri. EKUITAS (Jurnal Ekonomi Dan Keuangan), 5(1), 1–19.

Dianingsih, F. R., & Susilo, A. (2020). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Belanja Online dan Fasilitas Digital Payment Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Program Studi Akuntansi Syariah di IAIN Surakarta.

Kanserina, D., Haris, I. A., & Nuridja, I. M. (2015). Pengaruh literasi ekonomi dan gaya hidup terhadap perilaku konsumtif mahasiswa jurusan pendidikan ekonomi universitas Pendidikan ganesha tahun 2015. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 5(1).

Khoirunissa, L. (2021). PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI BELANJA ONLINE TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA (Survei pada pengguna aplikasi Shopee di kalangan mahasiswa Pendidikan IPS UPI).

Kumalasari, D., & Soesilo, Y. H. (2019). Pengaruh Literasi Keuangan, Modernitas Individu, Uang Saku Dan Kontrol Diri Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Prodi S1 Pendidikan Ekonomi Angkatan Tahun 2016 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 12(1), 61–71.

Kurniawan, C. (2019). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumtif ekonomi pada mahasiswa. Jurnal Media Wahana Ekonomika, 13(4).

Lestari, D. (2021). Pengaruh E-Commerce Dan Pendapatan Terhadap Perilaku Konsumtif Masyarakat Magetan Pengguna Aplikasi Online Shop.

Loekamto, A. (2012). Implementasi technology acceptance model (TAM) dalam online shopping. Kajian Ilmiah Mahasiswa Manajemen, 1(3).

Mubarokah, M. S., & Pratiwi, V. (2022). PENGARUH E-COMMERCE, UANG SAKU, DAN LITERASI KEUANGAN TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA DI MASA PANDEMI COVID-19. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, 11(04).

Nainggolan, H. (2022). PENGARUH LITERASI KEUANGAN, KONTROL DIRI, DAN PENGGUNAAN E-MONEY TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF PEKERJA PRODUKSI PT PERTAMINA BALIKPAPAN. Jesya (Jurnal Ekonomi dan Ekonomi Syariah), 5(1), 810–826.

Naufalia, V. (2022). Pengaruh Digital Payment dan E-Service Quality Terhadap Perilaku Konsumtif pada Pengguna Shopee Wilayah DKI Jakarta. JASDIM Nusa Mandiri (Jurnal Pariwisata, Bisnis Digital dan Manajemen), 1(1), 1–9.

Pratiwi, M. S. M. V. (2022). PENGARUH E-COMMERCE, UANG SAKU, DAN LITERASI KEUANGAN TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA DI MASA PANDEMI COVID. Universitas, 27, 3.

Pulungan, D. R., & Febriaty, H. (2018). Pengaruh gaya hidup dan literasi keuangan terhadap perilaku konsumtif mahasiswa. Jurnal Riset Sains Manajemen, 2(3), 103–110.

Purwaningsih, S., Maulina, V., & Firdaus, R. M. (2017). Pengaruh konsep diri, lingkungan teman sebaya, dan pendapatan orang tua terhadap perilaku konsumtif mahasiswa dengan pengetahuan teori ekonomi mikro sebagai variabel intervening. Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi, 2(1).

Ramadhani, R. H. (2019). Pengaruh Literasi Keuangan, Electronic Money, Gaya Hidup, dan Kontrol Diri Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa (Studi Kasus Mahasiswa Strata-1 Manajemen Universitas Sumatera Utara).

Risnawati, R., & Wardoyo, C. (2018). Pengaruh pendidikan ekonomi keluarga, gaya hidup, modernitas individu, dan literasi ekonomi terhadap perilaku konsumtif siswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(4), 430–436.

Ritonga, L. S., & Adiati, R. P. (2022). Pengaruh Gaya Hidup Hedonis dan Self-Esteem terhadap Perilaku Konsumtif pada Remaja di Surabaya. Buletin Riset Psikologi dan Kesehatan Mental (BRPKM), 2(1), 476–485.

Riyanto, S., & Hatmawan, A. A. (2020). Metode Riset Penelitian Kuantitatif Penelitian Di Bidang Manajemen, Teknik, Pendidikan Dan Eksperimen. Deepublish. https://books.google.co.id/books?id=W2vXDwAAQBAJ

Romadloniyah, A., & Setiaji, K. (2020). Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua, Konformitas, Dan Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Konsumtif Dalam Prespektif Gender. Economic Education Analysis Journal, 9(1), 50–64.

Sagayarani, D. (2017). Digital Payments In India IOSR Journal of Business and Management (IOSR-JBM) e-ISSN: 2278-487X, p-ISSN: 2319-7668 PP 28-33 www. Iosrjournals. Org Name of Conference: International Conference on―Paradigm Shift in Taxation.

Sari, C. A. (2015). Perilaku berbelanja online di kalangan mahasiswi antropologi Universitas Airlangga.

Sari, R. A. (2019). Pengaruh Gaya Hidup Brand Minded dan Kontrol Diri Terhadap Perilaku Konsumtif Pada Dewasa Awal. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 7(1).

Seni, N. N. A., & Ratnadi, N. M. D. (2017). Theory of planned behavior untuk memprediksi niat berinvestasi. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, 6(12), 4043–4068.

Sudiro, P. I., & Asandimitra, N. (2022). Pengaruh Financial Literacy, Uang Elektronik, Demografi, Gaya Hidup dan Kontrol Diri terhadap Perilaku Konsumtif Generasi Milenial Di Kota Surabaya. Jurnal Ilmu Manajemen, 10(1), 160–172.

Sugiyono. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.

Sumartono. (2002). Terperangkap dalam Iklan. CV Alfabeta.

Suryani, H. (2016). Metode Riset Kuantitatif: Teori dan Aplikasi pada Penelitian Bidang Manajemen dan Ekonomi Islam. Prenada Media. https://books.google.co.id/books?id=YHA-DwAAQBAJ

Wati, S. E. P. (2020). Pengaruh Penggunaan Digital Payment Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Yahya, A. (2021). Determinan Perilaku Konsumtif Mahasiswa. Jurnal Pengembangan Wiraswasta, 23(1), 37–50.

Zahrah, A., Mayasari, M., & Tayo, Y. (2022). PENGARUH PENGUNAAN APLIKASI BELANJA ONLINE TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 6(2).




DOI: http://dx.doi.org/10.30813/jbam.v16i2.4293

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


UNIVERSITAS BUNDA MULIA PRESS
PROGRAM STUDI MAGISTER MANAJEMEN
Lantai 3 Ruang Pascasarjana - Universitas Bunda Mulia
Jl. Lodan Raya No. 2, Ancol – Jakarta Utara 14430, Indonesia
Telp: +62 21 692 9090 ext.1317
Email: jobamubm@gmail.com

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats