Pengaruh Konten Marketing, E-WoM, dan Citra Merek di Media Sosial Tiktok terhadap Minat Beli Kosmetik Mother of Pearl

Graciela Putri Wjaya, Henilia Yulita

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan menganalisis seberapa besar pengaruh konten marketing terhadap minat beli kosmetik Mother of Pearl, seberapa besar pengaruh e-WoM terhadap minat beli kosmetik Mother of Pearl dan seberapa besar pengaruh Citra Merek di media sosial TikTok terhadap minat beli kosmetik Mother of Pearl. Tradisi dalam penelitian ini ialah tradisi sosio psikologis. Teori yang digunakan dalam penelitian ini ialah Elaboration Likelihood Theory. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan berjumlah 100 responden yang menggunakan media sosial TikTok dan mengetahui produk Mother of Pearl yang berusia 18-25 tahun. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini ialah survei melalui kuesioner yang telah disebarluaskan melalui google forms. Analisis dalam penelitian ini menggunakan SPSS. Kesimpulan dari penelitian ini menyatakan bahwa konten marketing dan e-WoM tidak berpengaruh secara parsial namun berpengaruh secara simultan terhadap Minat Beli Produk Mother of Pearl. dan Citra Merek berpengaruh signifikan terhadap Minat Beli Produk Mother of Pearl baik secara parsial dan simultan.


Keywords


Konten Marketing; e-WoM; Citra Merek; Minat Beli

Full Text:

PDF Indonesia

References


Andira, N. A. (2021). Pengaruh Brand Image dan Brand Awareness Terhadap. Jurnal Ilmiah Magister Manajemen.

Hanief, S. (2020, Oktober 18). TikTok, Salah Satu Media Sosial Sebagai Media Promosi. Retrieved from Klik cair: https://blog.klikcair.com/tiktok-salah-satu-media-sosial-sebagai-media-promosi/

Ninda Fauziah, D. A. (2019). PENGARUH CITRA MEREK TERHADAP MINAT BELI : STUDI PADA PRODUK KECANTIKAN. Journal IMAGE.

Nurfebiaraning. (2017). Manajemen Periklanan. Yogyakarta: Deepublish.

Nurhandayani, A. (2019). THE IMPACT OF SOCIAL MEDIA INFLUENCER AND BRAND IMAGES TO PURCHASE INTENTION.

Ruliana, R. M. (2021). Electronic Word Of Mouth Dan Brand Image Dalam Minat Beli . Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora.

Situmorang, J. R. (2020). Pemanfaatan Internet Sebagai New Media Dalam Bidang Politik, Bisnis, Pendidikan Dan Sosial Budaya. Fakultas Ilmu Sosia.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, . Bandung: Dan R&D.

Syahrivar, J. &. (2018). The Impact of Electronic Word of Mouth (EWoM) on Brand Equity of Imported Shoes: Does a Good Online Brand Equity Result in High Customers' Involvements in Purchasing Desicions? The Asian Journal of Technology Management, Vol. 11, No. 1 , 58.

Tankovska, H. (2021, Desember 5). Global social networks ranked by number of users 2021 . Retrieved from statista.com: https://www.statista.com/statistics/272014/global-socialnetworks-ranked-by-number-of-users/

Triana, T. (2015). Pengaruh Audit Internal Terhadap Pelaksanaan Good Corporate Governance (GCG) (Suatu Studi Pada PT Permodalan Nasional Madani (persero). Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 49–73.

Trisunarno, H. T. (2020). Analisis Pengaruh Online Customer Review, Online Customer Rating, dan Star Seller terhadap Kepercayaan Pelanggan Hingga Keputusan Pembelian pada Toko Online di Shopee. JURNAL TEKNIK ITS, A235.

Warpindyastuti, L. D. (2018). Pemanfaatan Teknologi Internet Menggunakan Media Sosial Sebagai Sarana Penyebaran Informasi dan Promosi Pada MIN 18 Jakarta. Program Studi Manajemen Informatika.

Widyastuti, E. (2021). Pengaruh social media marketing, online customer review, dan religiusitas terhadap keputusan pembelian konsumen shopee di masa pandemi Covid-19 dengan minat beli sebagai variabel intervening. JournalofManagementandDigitalBusiness.




DOI: http://dx.doi.org/10.30813/jbam.v15i2.3772

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


UNIVERSITAS BUNDA MULIA PRESS
PROGRAM STUDI MAGISTER MANAJEMEN
Lantai 3 Ruang Pascasarjana - Universitas Bunda Mulia
Jl. Lodan Raya No. 2, Ancol – Jakarta Utara 14430, Indonesia
Telp: +62 21 692 9090 ext.1317
Email: jobamubm@gmail.com

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats