Pengaruh Good Corporate Governance, Profitability, Millennial Leadership, Family Ownership, dan Firm Size terhadap Firm Value (Pada Perusahaan Terbuka yang terdaftar pada Corporate Governance Perception Index Periode 2017-2020)

Temy Setiawan, Litya Junita Selly, David Harianto

Abstract


Salah satu pengukuran dari kinerja pasar perusahaan adalah nilai perusahaan (Setiawan dan Christoper, 2021; . Nilai perusahaan mencerminkan reaksi investor atas kinerja internal perusahaan yang direfleksikan dalam harga saham. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh implementasi good corporate governance, profitability, millennial leadership, family ownership, dan firm size terhadap firm value. Indikator pengukuran untuk good corporate governance yaitu CGPI score, profitability menggunakan return on equity (ROE), millennial leadership menggunakan usia dewan direksi yang berkisar 25-40 tahun, family ownership menggunakan variabel dummy, firm size menggunakan logaritma natural (Ln) dari total aset, serta firm value menggunakan price to book value (PBV). Penelitian ini memakai sampel yaitu perusahaan terbuka yang terdaftar pada corporate governance perception index periode 2017-2020. Jenis data yang digunakan berupa data sekunder yang diperoleh dari annual financial statement, annual report, dan harga saham penutupan pada akhir tahun 2017 hingga 2020. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling yang memperoleh 18 perusahaan sebagai sampel penelitian selama 4 tahun. Analisis dalam penelitian ini menggunakan program SPSS 25 dengan menggunakan analisis regresi linear berganda.Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, menunjukkan bahwa good corporate governance tidak berpengaruh signifikan terhadap firm value, profitability berpengaruh signifikan positif terhadap firm value, millennial leadership tidak berpengaruh signifikan terhadap firm value, family ownership tidak berpengaruh terhadap firm value, firm size berpengaruh signifikan positif terhadap firm value. Berdasarkan hasil pengujian ketahanan (robustness test) menunjukkan hasil yang konsisten yaitu variabel profitability dan firm size memiliki pengaruh yang signifikan positif bagi firm value. Sementara, variabel good corporate governance, millennial leadership, dan family ownership tidak memiliki pengaruh yang signifikan bagi firm value. Penelitian ini memiliki beberapa keterbasan, yaitu minimnya sampel yang digunakan sebagai objek penelitian, CGPI score dimaksimalkan dengan menggunakan balance data, total penjualan industri perbankan menggunakan angka dari pendapatan bunga dan syariah–bersih, family ownership kemungkinan terdapat subjektivitas dalam perhitungan karena pengukuran menggunakan variabel dummy.


Keywords


Tata Kelola Perusahaan, Profitabilitas, Kepemimpinan Milenial, Kepemilikan Keluarga, Ukuran Perusahaan, Nilai Perusahaan

Full Text:

PDF Indonesia

References


Adhiprasetya, A., & Zulaikha. (2019). Pengaruh Corporate Governance Perception Index Terhadap Nilai Perusahaan Dan Kinerja Keuangan Perusahaan. Diponegoro Journal of Accounting, 8(4), 1–10.

Arum, D. N. S., & Darsono. (2020). Pengaruh Tata Kelola Perusahaan, Kepemilikan Keluarga, Kepemilikan Institusional, dan Kualitas Pelaporan Terhadap Nilai Perusahaan. Diponegoro Journal of Accounting, 9(4), 1–8.

Davis, J. B. (2018). Uncertain Imitability. The Palgrave Encyclopedia of Strategic Management, 1780–1792.

Dewi, K. Y., & Rahyuda, H. (2020). Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas Dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi Di Bei. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 9(4), 1252.

Direktorat Statistik Kependudukan dan Ketenagakerjaan. (2021). Potret Sensus Penduduk 2020 Menuju Satu Data Kependudukan Indonesia (Direktorat Statistik Kependudukan dan Ketenagakerjaan (ed.)). BPS RI.

Hambrick, D. C., & Mason, P. a. (1984). Upper Echelons: The Organization as a Reflection of Its Top Managers. Management, 9(2), 193–206.

Haryanto, S., Rahadian, N., Mbapa, M. F. I., Rahayu, E. N., & Febriyanti, K. V. (2018). Kebijakan Hutang, Ukuran Perusahaan dan Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan: Industri Perbankan di Indonesia. AFRE (Accounting and Financial Review), 1(2), 62–70.

Hertina, D., Hidayat, M. B. H., & Mustika, D. (2019). Ukuran Perusahaan, Kebijakan Hutang Dan Profitabilitas Pengaruhnya Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Bisnis, 3(1), 1–10.

Hidayat, F. S., Rizal, M., & Arifianti, R. (2019). Analisis Pengaruh Dari Corporate Governance Perception Index (CGPI) Dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan BUMN. Jurnal Manajemen Pelayanan Publik, 2(1), 64.

Irma, A. D. A. (2019). Pengaruh Komisaris, Komite Audit, Struktur Kepemilikan, Size, dan Leverage Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan Properti, Perumahan dan Konstruksi 2013-2017. Jurnal Ilmu Manajemen, 7(3), 697–712.

Komite Nasional Kebijakan Governance. (2006). Pedoman Umum Good Corporate Governance Indonesia.

Magdalena., Setiawan, T. 2021. The Effect of Management Characteristics on Stock Prices Of Food and Beverage Companies Listed On The Indonesia Stock Exchange For The Period 2015-2020. Inquisitive, International Journal of Economics. Vol 2(1): 89-88.

Mathue., Setiawan, T., Purwanti, A. 2021. Apakah kekayaan intelektual dan Pengungkit Keuangan Mampu Menggerakan Nilai Perusahaan?. Journal of Business and Applied Management. Vol 14(2):139-148.

Merchant, Kenneth A., Vamn der Stede, Wim A. 2017. Management Control Systems: performance measurement, evaluation and incentives. 4th ed. New York: Pearson.Munthe, I., & Septiani, A. (2020). Pengaruh Tata Kelola Perusahaan dan Kualitas Laporan Tahunan terhadap Nilai Perusahaan. Diponegoro Journal of Accounting, 9(2), 1–10.

Octaviany, A., Hidayat, S., & Miftahudin. (2019). Pengaruh Ukuran Perusahaan dan Leverage terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas sebagai Variabel Intervening. Jurnal Riset Inspirasi Manajemen Dan Kewirausahaan Volume 3 No. 1 Edisi Maret 2019, 3(1), 30–36.

Parrinno, Robert., Gillan, Stuart L., Bates, Thomas W., Kidwell, David S. 2022. Fundamental of Corporate Finance. New Jersey: John Wiley&Sons,Inc.

Peramesti, N. P. D. Y., & Kusmana, D. (2018). Kepemimpinan Ideal Pada Era Generasi Milenial. TRANSFORMASI: Jurnal Manajemen Pemerintahan, 10(1), 73–84.

Pitri, S. D. (2021). Pengaruh Kepemilikan Keluarga Dan Kepemilikan Institusional Terhadap Nilai Perusahaan. Prosiding Seminar Nasional Ekonomi Bisnis & Akuntansi, 1, 176–185.

Putra, W. S. (2019). Pengaruh Diversitas Dewan Direksi Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 4(3), 503–510.

Rismawati, E., & Singapurwoko, A. (2019). Pengaruh Diversitas Dewan Direksi Terhadap Nilai Perusahaan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (Studi Empiris pada Perusahaan Keluarga yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2015-2017). Publikasi, 1–15.

Rosharlianti, Z. (2018). Pengaruh Prudence Dan Family Ownership Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Kebijakan Dividen Sebagai Variabel Intervening. 1(1), 61–82.

Sakdiah. (2019). Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Ukuran Perusahaan Dan Likuiditas Terhadap Kebijakan Dividen Dan Nilai Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Sektor Manufaktur di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2018). JURNAL JURUSAN TADRIS IPS, 10(2), 133–153.

Selistiaweni, S., Arieftiara, D., & Samin. (2020). Prosiding biema. Business Management, Economic, and Accounting National Seminar, 1(1), 751–763.

Seri, N. K., Dewi, S., Nyoman, N., Suryandari, A., Putu, A. A., Bagus, G., & Susandya, A. (2021). Pengaruh Good Corporate Governance, Keputusan Investasi dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan. Karya Riset Mahasiswa Akuntansi, 1(2), 576–585.

Setiawan, Temy., Augustine, Y., Purwanti, A. 2021. Pengaruh Etika Terhadap Profitabilitas: Mediasi Image dan CSR (Studi Perusahaan Tambang, Minyak dan Gas). Yogjakarta: Jejak Pustaka.

Setiawan, Temy., Purwanti, Ari. 2021. Mahir Akuntansi Manajemen: Seri Advance. Jakarta: Bhuana Ilmu Populer.

Setiawan, Temy., breliastiti, R., Olivia, T., Winata, H. 2022. Pengantar Sistem Pengendalian Manajemen. Yogyakarta: Jejak Pustaka.

Sugiarti, D. L., & Widyawati, D. (2020). Pengaruh Good Corporate Governance Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Dimoderasi Profitabilitas. Ilmu Dan Riset Akuntansi, Volume 9, 1–20.

Suhadak, S., Mangesti Rahayu, S., & Handayani, S. R. (2019). GCG, financial architecture on stock return, financial performance and corporate value. International Journal of Productivity and Performance Management, 69(9), 1813–1831.

Tassia, R. A., & Fidiana. (2019). Pengaruh Leverage, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi, 8(5), 1–20.

The Indonesian Institute for Corporate Governance (IICG). (2015). Laporan Hasil Riset dan Pemeringkatan Corporate Governance Perception Index 2014.

Yanti, I. G. A. D. N., & Darmayanti, N. P. A. (2019). Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Struktur Modal, Dan Likuiditas Terhadap Nilai Perusahaan Makanan Dan Minuman. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(4), 2297.

Yusria, R. A., & Subardjo, A. (2020). Pengaruh Kualitas Corporate Governance Perception Index , Struktur Kepemilikan , Leverage Dan Kinerja Keuangan. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi, 9(10), 1–18.




DOI: http://dx.doi.org/10.30813/jbam.v15i1.3306

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


UNIVERSITAS BUNDA MULIA PRESS
PROGRAM STUDI MAGISTER MANAJEMEN
Lantai 3 Ruang Pascasarjana - Universitas Bunda Mulia
Jl. Lodan Raya No. 2, Ancol – Jakarta Utara 14430, Indonesia
Telp: +62 21 692 9090 ext.1317
Email: jobamubm@gmail.com

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats