Analisis Kompetensi Human Resource Business Partner (HRBP) dalam Mencapai Kesuksesan Organisasi Perguruan Tinggi

Khanifatul Khusna, Alif Mirzania, Abdul Muhsyi, Salma Fauziyyah

Abstract


Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) merupakan salah satu bagian paling strategis dalam pengelolaan organisasi. MSDM merupakan seni dan ilmu dalam mengelola hubungan dan peranan tenaga kerja secara efektif dan efisien untuk mewujudkan tujuan organisasi. Perkembangan pengelolaan SDM setiap waktunya mengalami perubahan. Saat ini peran dari MSDM menjadi semakin komplek dan penuh tantangan. Oleh karenanya penyusunan strategi dalam pengelolaan SDM harus seiring dengan strategi bisnis organisasi. Pengelola organisasi saat ini telah menyadari bahwa karyawan merupakan aset yang strategis dan harus dikembangkan guna memberikan peluang yang dapat dimanfaatkan organisasi. Program pengembangan potensi karyawan yang saat ini sering dilakukan adalah dengan meningkatkan kompetensi karyawan. Hal ini juga berlaku pada lembaga pendidikan sekelas Perguruan Tinggi. Penelitian ini menggunakan studi kasus pada salah satu perguruan tinggi dimana menganalisis peranan Human Resource Business Partner terhadap pencapaian kesuksesan Perguruan Tinggi. Program peningkatan dan pengembangan kompetensi bagi dosen dan mahasiswa telah sering diselenggarakan dengan berbagai macam kegiatan seperti seminar, pelatihan, uji kompetensi, dsb. Hal ini bertujuan agar Perguruan Tinggi dapat menghasilkan para profesional di bidang keilmuan masing-masing. Model pengelolaan karyawan yang dinilai mampu untuk membantu Perguruan Tinggi dalam meningkatkan kompetensi para akademisi adalah menggunakan Human Resource Business Partner (HRBP). HRBP memposisikan praktisi SDM untuk menjadi mitra bagi pengelola organisasi maupun sebagai konsultan dalam memilih program pengembangan kompetensi karyawan. kompetensi tersebut perlu diwadahi dengan baik utamanya dalam menunjang kegiatan MBKM. Kompetensi teknis dalam menyusun perangkat pembelajaran ataupun menyusun materi pembelajaran. berdasarkan hasil studi kasus yang telah dilakukan maka HRBP dalam suatu organisasi adalah para jajaran penjaminan mutu tiap universitas.


Keywords


HRBP; Kompetensi Karyawan; Modal Manusia; MSDM

Full Text:

PDF Indonesia

References


Beatty, Carol A. 2019. The Human Resources Business Partner. Queens University IRC.

Edy Sutrisno, Manajemen Sumber Daya Manusia (Cet. VI; Jakarta: Kencana, 2014)

Iwan Sukoco* dan Dea Prameswari. 2017. Human Capital Approach To Increasing Productivity Of Human Resources Management. Jurnal AdBispreneur, 1 (2), 93-104

Malayu S.P Hasibuan, Manajemen Sumber Daya Manusia (Cet. XX; Jakarta: Bumi Aksara, 2016)

McCraken, M dan McIvor, R. 2013. Transforming the HR Function through Outsourced Shared Services: Insight From Public Sector. The International Journal of Human Resources Management, 24, 1685-1707.

McCraken, Martin et.al. 2017. Human Resource Business Partner Life Cycle Model: Exploring How The Relation Between HRBPs and Their Line Manager Partners Evolves. Human Resource Management Journal, 27 (1), 58-74.

Spencer, Lyle & Signe M. Spencer. 1993. Competence at Work, Models For Superior. Performance. Canada : John Wiley & Sons, Inc

Ulrich, Dave. 1997. Human Resource Champions: The Next Agenda for Adding Value and Delivering Results. Harvard Business School Press, Boston.

Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 745/P/2020.




DOI: http://dx.doi.org/10.30813/jbam.v15i2.2691

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


UNIVERSITAS BUNDA MULIA PRESS
PROGRAM STUDI MAGISTER MANAJEMEN
Lantai 3 Ruang Pascasarjana - Universitas Bunda Mulia
Jl. Lodan Raya No. 2, Ancol – Jakarta Utara 14430, Indonesia
Telp: +62 21 692 9090 ext.1317
Email: jobamubm@gmail.com

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats