Pengaruh Kepuasan Kerja dan Motivasi Kerja terhadap Kualitas Layanan Dimediasi oleh Komitmen Organisasi di PT. Tata Mandiri Daerah (Lippo Group)

Jesselyn Giovanni, Tigor Sitorus

Abstract


This research is a quantitative study that examines the effect of job satisfaction and work motivation on service quality mediated by organizational commitment. The research problem proposed refers to some previous research and the existence of a research gap from previous research. Five hypotheses have been formulated and a model has been developed to answer this research problem. The type of data used is primary data obtained from a questionnaire distributed with a sample of 200 respondents who work at PT Tata Mandiri Daerah that aims to determine the effect of job satisfaction and work motivation on service quality mediated by organizational commitment measured by how many samples agree with the variables examined in this study. Sampling was done by sampling technique in which the number of samples tested in the study were 100 employees. The analytical tool used is the Partial Least Square - Structural Equation Model (PLSSEM) in the SmartPLS 3.0 program. The results showed that job satisfaction, organizational commitment and work motivation affect service quality. Keywords: Job Satisfaction, Work Motivation, Organizational Commitment and Service Quality ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang meneliti pengaruh kepuasan kerja dan motivasi kerja terhadap kualitas layanan dimediasi oleh komitmen organisasi. Permasalahan penelitian yang diajukan merujuk kepada beberapa penelitian terdahulu dan adanya research gap dari penelitan terdahulu. Lima hipotesis telah dirumuskan dan sebuah model telah dikembangkan untuk menjawab masalah penelitian ini. Jenis data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari kuesioner yang di bagikan dengan sample 200 responden yang bekerja di PT Tata Mandiri Daerah yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepuasan kerja dan motivasi kerja terhadap kualitas layanan dimediasi oleh komitmen organisasi yang diukur melalui seberapa banyak sample yang setuju dengan variable-variable yang di teliti di penelitian ini. Pengambilan sampel dilakukan teknik sampling dimana jumlah sampel yang diuji dalam penelitian sebanyak 100 karyawan . Alat analisa yang digunakan adalah Partial Least Square - Structural Equation Model (PLSSEM) pada program SmartPLS 3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kepuasan kerja, Komitmen Organisasi dan Motivasi Kerja mempengaruhi Kualitas Layanan.

Keywords


Kepuasan Kerja; Motivasi Kerja; Komitmen Organisasi; Kualitas Layanan

Full Text:

PDF

References


Aaker, D.A., Kumar, V. And Day, G.S. 2001. Marketing Research, 7th edition., John Wiley and Son Inc, New York.

Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate dengan SPSS. Semarang: Badan Penerbit UNDIP.

Ghozali, Imam. 2006. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Cetakan Keempat. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, 2014. Aplikasi analisis Multivariate dengan Program SPSS. Badan Penerbit UNDIP , Semarang.

Henry Haris, 2017. Pengaruh Kepuasan Kerja dan Komitmen Organisasi Terhadap Kualitas Layanan di PT. Asuransi Jasindo (Persero) Kantor Cabang Korporasi dan Ritel Bandung.

Malhotra, N. dan Mukherjee, A. (2004) The relative influence of organizational commitment and job satisfaction on service quality of customer contact employees in bankin call centres. Journal of Service Marketing, Vol. 18, No. 3, pp. 162-174.

Malhotra,2007.MarketingResearchanAppliedOrientationInternationalEdition:Pearson.

Mangkunegara, A.A. Anwar Prabu, 2007. Human Resource Management, Seventh Edition, Remaja Rosdakarya,Bandung

Mangkunegara, Anwar Prabu. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: Remaja Rosadakarya.

Ni Made Dwi Puspitawati I Gede Riana, 2014. Pengaruh kepuasan kerja terhadap Komitment Organisasional dan Kualitas Layanan.

Berry dan Parasuraman (2003) jurnal “pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepercayaan” vol. 21 24-30 (januari 2003)

Puspitawati, N. M. D. (2013). Kepuasan Kerja dan Komitmen Orgnisasional: Pengaruhnya terhadap Layanan Hotel Bali Hyatt Sanur. Tesis Program Magister Manajemen. Universitas Udayana, Denpasar, Indonesia.

Sujoko Efferin, 2008. Metode Penelitian Akuntansi.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta




DOI: http://dx.doi.org/10.30813/jbam.v13i1.2135

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


UNIVERSITAS BUNDA MULIA PRESS
PROGRAM STUDI MAGISTER MANAJEMEN
Lantai 3 Ruang Pascasarjana - Universitas Bunda Mulia
Jl. Lodan Raya No. 2, Ancol – Jakarta Utara 14430, Indonesia
Telp: +62 21 692 9090 ext.1317
Email: jobamubm@gmail.com

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats