Transformasi Jasa Marga: Menjadikan Generasi Milenial sebagai Serum Perubahan untuk Membangun Kultur Baru (Studi Kasus PT. Jasa Marga Tbk.)

JB Susetiyo, Anthonius Whisnu Perdana Widiputra, Neva Permatasari Sutedjo, Arypaska Chrisandy Ginting

Abstract


Pemerintah meminta PT Jasa Marga Tbk. (JSMR) menerapkan sistem pembayaran cashless. Keputusan itu langsung meningkatkan risiko bisnis JSMR. Ada sekitar 5.000 karyawan yang bekerja di gardu-gardu sebagai pengumpul tol (pultol). Bagaimana nasib mereka ketika pekerjaannya digantikan oleh teknologi? Bagaimana JSMR melakukan transformasi terhadap kondisi ini? Mendiskripsikan pengalaman JSMR melakukan transformasi, dari perusahaan yang kuno dan kolot menjadi perusahaan yang lincah, tangkas dan adaptif terhadap perubahan (agile company). Studi kasus yang bersifat naratif digunakan untuk menjelaskan kebijakan dan proses transformasi yang dilakukan JSMR. Unit analisisnya adalah Direktur HRD dan unit amatannya adalah kebijakan, peraturan, kegiatan terkait dengan HRD di JSMR. In-depth interview digunakan untuk pengumpulan data serta naratif sebagai metode analisisnya. Untuk mendorong perubahan, JSMR merekrut generasi milenial. Mereka diharapkan bisa menjadi “serum perubahan” di JSMR, dengan cara-cara yang kreatif, inovatif, lebih cepat prosesnya dan lebih murah biayanya, tetapi lebih baik kualitasnya. Mereka disebut sebagai Jet Roaster. Setelah direkrut, mereka diperlakukan dengan cara berbeda. Mereka tidak diajari oleh seniornya, tetapi sebaliknya mereka yang diminta mengajari seniornya. Mereka juga dengan cepat mampu menghasilkan Travoy, aplikasi yang membantu JSMR dan pengguna jalan merencanakan perjalanannya. Perjalanan transformasi JSMR masih sangat panjang. Namun, serum perubahan tersebut kini sudah mulai bekerja. Gairah belajar karyawan JSMR mulai tumbuh. Serikat pekerja yang dulu menolak perubahan, kini mendukung. JSMR kini siap membangun kulturperusahaan yang baru: no comfort zone, belajar menjadi bagian dari pekerjaan, dan meninggalkan DNA sebagai regulator. Riset mendatang perlu dilakukan terkait dengan perubahan budaya kerja dan peningkatan kinerja organisasi, baik di JSMR maupun di organisasi lain yang menjalankan program serupa. Keyword: Tranformasi, generasi milenial, agile company, serum perubahan, Jet Roadster, regulator. ABSTRACT The government asks PT Jasa Marga Tbk. (JSMR) applies a cashless payment system. This decision immediately increased JSMR's business risk. There are about 5,000 employees working in toll gates as toll collectors (Pultol). What will happen to them when their jobs are replaced by technology? How has JSMR transformed this condition? Describing JSMR's experience in transforming, from an old-fashioned and old-fashioned company to a companythat is agile, agile and adaptive to change (agile company). Narrative case studies are used to explain the policies and transformation processes undertaken by JSMR. The unit of analysis is the HRD Director and the observation unit is the policies, regulations, activities related to HRD at JSMR. In-depth interviews are used for data collection and narrative as a method of analysis. To drive change, JSMR recruits millennial generation. They are expected to become a "serum of change" at JSMR, in ways that are creative, innovative, process faster and cheaper, but better quality. They are referred to as Jet Roaster. After being recruited, they are treated differently. They are not taught by their seniors, but instead they are asked to teach their seniors. They are also quickly able to produce Travoy, an application that helps JSMR and road users plan their trips. The journey to transform JSMR is still very long. However, the serum of changes has now begun to work. JSMR employees' enthusiasm for learning began to grow. Trade unions that used to reject change now support it. JSMR is now ready to build a new company culture: no comfort zone, learning to be a part of work, and leaving DNA as a regulator. Future research needs to be done related to changes in work culture and improvement in organizational performance, both at JSMR and in other organizations that are running similar programs.

Keywords


Transformation; millennial generation; agile company; change serum; Jet Roadster; regulator.

Full Text:

PDF

References


Drucker, P. F. (2014). The Peter Drucker Collection on Managing in Turbulent Times (Revised Edition): Management Challenges for the 21st Century, Managing in Turbulent Times, and The Practice of Management. Harper Collins.

Handayani, YSMR. (2016). Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Budaya Organisasi, Komitmen Organisasi dan Remunerasi Terhadap Kinerja Karyawan. Media Ekonomi dan Manajemen. Vol. 29 (1)

Hofstede, G. (2001). Culture's Consequences: Comparing Values, Behaviors, Institutions and Organizations Across Nations. Sage Publications.

Ivancevich, J. M., Konopaske, R., Matteson, M. T. (2005). Organizational Behavior and Management. Seventh Edition. McGraw-Hill

Kasali, R. (2014). Agility, Bukan Singa yang Mengembik. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Koentjaraningrat. (2004). Kebudayaan, Mentalitas, dan Pembangunan. Gramedia Pustaka Utama.

Milles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Sourcebook Methods.

Moelong, L.J. (2012). Metode Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). PT Remaja Rosda Karya.

Morris, A. (2015). A Practical Introduction to In-depth Interviewing. Sage.

Oberman, R., Dobbs, R., Budiman, A., Thompson, F., & Rossé, M. (2012). The Archipelago Economy: Unleashing Indonesia’s Potential. McKinsey Global Institute.www.mckinsey.com.

Rao, L. 3 Juni 2017. This 82-Year-Old Woman Is WWDC’s Oldest Attendee. www.fortune.com.

Robbins, S. P., Judge, T. A. (2017). Organizational Behavior. Pearson Education

Sukmadinata, S. N. (2005). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Tong, D., & Waltermann, B. (2013). Tackling Indonesia’s Talent Challenges-Growing Pains, Lasting Advantage. Boston Consulting Group. Jakarta Office.

Watson, R. (2007). Cogito, Ergo Sum: The Life of Rene Descartes. David R. Godine Publisher.

--------------- (2019). Digital 2019: Indonesia. We Are Social& Hootsuite.

--------------- (11 Desember 2019). Anak-anak China Makin Getol Belajar Program

Komputer Coding. www.cnnindonesia.com.

--------------- (2017). Transformasi untuk Pertumbuhan Berkelanjutan. Annual Report

PT Jasa Marga Tbk.

--------------- (2018). Connecting Indonesia. Annual Report 2018 PT Jasa Marga Tbk.




DOI: http://dx.doi.org/10.30813/jbam.v13i1.2124

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


UNIVERSITAS BUNDA MULIA PRESS
PROGRAM STUDI MAGISTER MANAJEMEN
Lantai 3 Ruang Pascasarjana - Universitas Bunda Mulia
Jl. Lodan Raya No. 2, Ancol – Jakarta Utara 14430, Indonesia
Telp: +62 21 692 9090 ext.1317
Email: jobamubm@gmail.com

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats