PENGARUH COUNTRY OF ORINGIN DAN BRAND IMAGE TERHADAP BRAND EQUITY DAN NIAT PEMBELIAN PADA PRODUK KOSMETIK

Margaretha Pink Berlianto

Abstract


ABSTRACT
The fierce competition in the cosmetic product industry and the rise of imported products in Indonesia, make managers in this industry must pay attention to factors that influence consumers' purchase intentions. This study aims to understand how South Korea's country of origin as a market leader in Asia effect on brand equity and purchase intentions, how brand image of Y brand effect on brand equity and purchase intention and how brand equity of Y brand effect purchase intention. Based on previous research, five hypotheses were developed in this study. The population of this study was individuals who were familiar with Y cosmetic products from South Korea. Data collection was carried out by distributing 210 questionnaires with judgmental sampling techniques. The results of this study are that of the five hypotheses that are built, there are two accepted hypotheses namely, brand image has effect the brand equity and purchase intention. Three hypotheses are rejected namely, the country of origin does not effect brand equity and purchase intention, and brand equity does not effect purchase intention. The managerial implication of this research is that brand image is an important factor that influences brand equity and purchase intention. Therefore managers must pay attention and build a good brand image of the products they sell because it effects the brand equity and consumers’
purchase intention.

Keywords: country of origin, brand image, brand equity, purchase intention.

 

ABSTRAK
Persaingan yang sengit di industri produk kosmetik dan maraknya produk impor yang masuk, membuat pelaku bisnis di industri ini harus memperhatikan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi niat beli konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh country of origin Korea Selatan sebagai market leader di Asia terhadap brand equity dan niat pembelian kosmetik, bagimana pengaruh brand image produk kosmetik Y terhadap brand equity dan niat pembelian dan bagaimana pengaruh brand equity kosmetik Y terhadap purchase intention. Berdasarkan penelitian terdahulu, maka dibangunlah 5 hipotesis pada penelitian ini. Populasi dari penelitian ini adalah individu individu yang mengenal produk kosmetik Y yang berasal dari negara Korea Selatan. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuisoner sebanyak 210 dengan teknik judgmental sampling. Hasil dari penelitian ini adalah dari lima hipotesis yang dibangun, terdapat dua hipotesis yang diterima yaitu brand image berpengaruh terhadap brand equity dan purchase intention. Tiga hipotesis ditolak, yaitu country of origin tidak berpengaruh terhadp brand equity dan purchase intention, dan brand equity tidak berpengaruh terhadap purchase intention. Implikasi manajerial dari penelitian ini adalah brand image merupakan faktor penting yang mempengaruhi brand equity dan purchase intention. Oleh karena itu pelaku bisnis harus memperhatikan dan membangun brand image yang baik dari produk yang dijualnya karena mempengaruhi ekuitas merek tersebut dan nat membeli konsumen.

Kata Kunci: negara asal, citra merek, ekuitas merek, niat membeli .


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30813/jbam.v12i01.1618

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


UNIVERSITAS BUNDA MULIA PRESS
PROGRAM STUDI MAGISTER MANAJEMEN
Lantai 3 Ruang Pascasarjana - Universitas Bunda Mulia
Jl. Lodan Raya No. 2, Ancol – Jakarta Utara 14430, Indonesia
Telp: +62 21 692 9090 ext.1317
Email: jobamubm@gmail.com

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats