PENGARUH DIVIDEN POLICY DAN DEBT POLICY TERHADAP FIRM VALUE YANG DIMODERASI OLEH PROFITABILITY

Yohanes Mardinata Rusli

Abstract


ABSTRACT
Company value is an investor's perception of a company that is often associated with stock prices in the market. The value of the company to be a reflection of the true value of the assets the company formed from the value of the indicator is influenced by stock market investment opportunities. The existence of investment opportunities can provide a positive signal about the company's future growth that can increase shareholder value. The purpose of this study was to examine the effect of dividend policy, debt policy and profitability on the value of the company in the consumer goods manufacturing sector listed on the Indonesia Stock Exchange the period 2013 to 2016.The population used in this study is a company manufacturing consumer goods industry sector listed in Indonesia Stock Exchange (BEI) in the year 2013 to 2016. The data is secondary data using literature study. The sampling method uses purposive sampling technique, obtained as many as 17 companies as a study sample for four years. The analysis in this study uses Statistical Product and Service Solutions (SPSS) software program version 24, where the statistical model used is multiple regression analysis.The results in this study are dividend policy and debt policy without moderation or moderation, namely profitability variables, have a significant and positive influence on firm value. The sample used in this study only focused on manufacturing companies in the consumer goods industry sector listed on the IDX, so that it cannot be generalized to other sectors. For further research it is recommended to enlarge the research sample not only to manufacturing companies in the consumer goods industry sector, but to companies in other sectors such as mining, plantations, services, and other sectors.
Keywords: Dividen policy, debt policy, firm value


ABSTRAK
Nilai perusahaan merupakan persepsi investor terhadap suatu perusahaan yang sering dikaitkan dengan harga saham dipasar. Nilai perusahaan menjadi cerminan dari nilai sebenarnya atas aset perusahaan yang dibentuk dari nilai indikator yang dipengaruhi oleh peluang investasi pasar saham. Keberadaan peluang investasi bisa menyediakan signal yang positif tentang pertumbuhan perusahaan di masa depan yang bisa meningkatkan nilai pemegang saham. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh dividend policy, debt policy dan profitability terhadap firm value pada perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode tahun 2013-2016.Populasi yang digunakan pada penelitian ini adalah perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2013 sampai dengan 2016. Data yang diperoleh merupakan data sekunder dengan menggunakan studi kepustakaan. Metode pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, diperoleh sebanyak 17 perusahaan sebagai sampel penelitian selama empat tahun. Analisis pada penelitian ini menggunakan program software Statistical Product and Service Solutions (SPSS) versi 24.0, dimana model statistika yang digunakan adalah analisis regresi berganda.Hasil dalam penelitian ini adalah kebijakan dividen dan kebijakan hutangbaik tanpa moderasi ataupun dengan pemoderasi yaitu variabel profitability, memiliki pengaruh yang signifikan dan positif terhadap firm value.Sampel yang digunakan dalam penelitian ini hanya terfokus pada perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di BEI, sehingga tidak dapat digeneralisasikan pada sektor lain. Untuk penelitian selanjutnya disarankan memperbesar sampel penelitian tidak hanya terbatas pada perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi saja, tapi pada perusahaan di sektor lain seperti pertambangan, perkebunan, jasa, dan sektor lainnya.
Kata Kunci: kebijakan dividen, kebijakan hutang, firm value.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30813/jbam.v12i01.1617

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


UNIVERSITAS BUNDA MULIA PRESS
PROGRAM STUDI MAGISTER MANAJEMEN
Lantai 3 Ruang Pascasarjana - Universitas Bunda Mulia
Jl. Lodan Raya No. 2, Ancol – Jakarta Utara 14430, Indonesia
Telp: +62 21 692 9090 ext.1317
Email: jobamubm@gmail.com

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats