PENERAPAN STRATEGI PEMASARAN DORONG DAN TARIK DALAM KEBERLANGSUNGAN PENGELOLAAN BISNIS RINTISAN PT. COMPRO KOTAK INOVASI

Martin Syaputra

Abstract


ABSTRACT
PT. Compro Kotak Inovasi is the startup company that markets their products in the form of non-physical products. This study aims to get to know and to describe about push and pull marketing strategiesin maintaining sustainability of startup business. The research design using case study. The research object is PT. Compro Kotak Inovasi and the key respondents are ten informants that have a qualified position for managers and directors in that company. The result shows that push and pull marketing strategiesare appropriate to apply by this company for maintaining its business sustainability. This study attempt to propose for mini theory based on concepts found in the case study.
Keywords; Marketing Strategy, Push Strategy, Pull Strategy.


ABSTRAK
PT. Compro Kotak Inovasi adalah perusahaan rintisan yang memasarkan produknya berupa produk tanwujud. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan strategi pemasaran dorong dan tarik dalam keberlangsungan pengelolaan bisnis rintisan. Desain penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Objek penelitian ini adalah PT. Compro Kotak Inovasi dan subjeknya adalah sepuluh informan yang sudah mempunyai posisi manager dan direktur pada perusahaan tersebut. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa strategi pemasaran dorong dan tarik dianggap sesuai untuk diterapkan oleh perusahaan ini dalam pengelolaan keberlangsungan bisnisnya. Penelitian ini berupaya untuk mengusulkan teori mini dari konsep-konsep yang ditemukan di dalam studi kasus.
Kata kunci; Strategi Pemasaran, Strategi Dorong, Strategi Tarik


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30813/jbam.v12i01.1615

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


UNIVERSITAS BUNDA MULIA PRESS
PROGRAM STUDI MAGISTER MANAJEMEN
Lantai 3 Ruang Pascasarjana - Universitas Bunda Mulia
Jl. Lodan Raya No. 2, Ancol – Jakarta Utara 14430, Indonesia
Telp: +62 21 692 9090 ext.1317
Email: jobamubm@gmail.com

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats