Komparasi Kemampuan Pembelajaran Tim Generasi Z: Tinjauan Antara Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta di Indonesia

Syifarani Putri, Rahmawati Lubis, Safira Farsya, Shanty Komalasari

Abstract


Pendidikan tinggi di Indonesia berperan penting dalam mempersiapkan generasi Z menghadapi masa depan yang dinamis. Salah satu aspek kunci dari persiapan ini adalah kemampuan belajar tim. Tujuan penelitian ini adalah untuk membandingkan kemampuan belajar tim antara mahasiswa generasi Z di Perguruan Tinggi Negeri Swasta di Indonesia. Metode kuantitatif digunakan dengan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data. Hasil analisis menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan signifikan dalam kemampuan pembelajaran antara kedua kelompok. Namun, perbedaan karakteristik siswa dapat mempengaruhi partisipasi mereka dalam pembelajaran tim. Hal ini terlihat dari analisis berdasarkan perbandingan hasil deskriptif yang menunjukkan perbedaan kemampuan pembelajaran tim antara kedua kelompok, dengan rata-rata mahasiswa generasi z di Perguruan Tinggi Swasta (36.010) cenderung lebih tinggi dibandingkan di Perguruan Tinggi Negeri (4.172). Temuan ini menunjukkan bahwa kita perlu memahami lebih dalam komponen-komponen yang mempengaruhi perbedaan-perbedaan ini jika kita ingin membuat rencana pendidikan yang baik.

Keywords


Kemampuan Pembelajaran Tim, Generasi Z, Perguruan Tinggi Negeri, Perguruan Tinggi Swasta.

Full Text:

PDF

References


Arbie, A., Satri, P. S. F., Setiawan, D. G. E., Nuayi, A. W., & Buhungo, T. J. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Team Based Learning-Problem Solving Berbantuan Whatsapp Dan Zoom Meeting Pada Pembelajaran Daring. ORBITA: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Fisika, 7(2), 394. https://doi.org/10.31764/orbita.v7i2.5519

Batt-Rawden, V. H., Lien, G., & Slåtten, T. (2019). Team learning capability – an instrument for innovation ambidexterity? International Journal of Quality and Service Sciences, 11(4), 473–486. https://doi.org/10.1108/IJQSS-02-2019-0026

Desi Astuti, Shanty Komalasari, & Yulia Hairina. (2022). Kepribadian Ihsan dan Stres Akademik pada Mahasiswa yang sedang Menyusun Skripsi. Nathiqiyyah, 5(1), 14–20. https://doi.org/10.46781/nathiqiyyah.v5i1.435

Ellis, A. P. J., Hollenbeck, J. R., Ilgen, D. R., Porter, C. O. L. H., West, B. J., & Moon, H. (2003). Team learning: Collectively connecting the dots. Journal of Applied Psychology, 88(5), 821–835. https://doi.org/10.1037/0021-9010.88.5.821

French, K. A., & Kottke, J. L. (2013). Teamwork satisfaction: Exploring the multilevel interaction of teamwork interest and group extraversion. Active Learning in Higher Education, 14(3), 189–200. https://doi.org/10.1177/1469787413498034

H. Hamlyn-Harris, J., J. Hurst, B., Von Baggo, K., & J. Bayley, A. (2006). Predictors of Team Work Satisfaction. Journal of Information Technology Education: Research, 5, 299–315. https://doi.org/10.28945/249

Hamruni. (2012). Strategi Pembelajaran. Insan Madani.

Hasanah, Z., & Himami, A. S. (2021). Model Pembelajaran Kooperatif Dalam Menumbuhkan Keaktifan Belajar Siswa. Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaaan, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.54437/irsyaduna.v1i1.236

Jubaedah, E. (2010). ANALISIS KONSEPTUAL ORGANISASI PEMBELAJARAN ( LEARNING ORGANIZATION ) SEBAGAI TEORI ORGANISASI KONTEMPORER. Jurnal Ilmu Administrasi, 7(4), 273–281.

Kabul, L. M. (2016). Organisasi Pembelajaran: Teori Dan Realita. Journal Ilmiah Rinjani, 3, 109–115.

Komalasari, S., Handoyo, S., & Herachwati, N. (2023). Adaptasi Alat Ukur Team Learning Capability (TLC) pada Karyawan Generasi Z. Jurnal Studi Insania, 11(1), 69–80.

Komalasari, S., Hermina, C., Muhaimin, A., Alarabi, M. A., Apriliadi, M. R., Rabbani, N. P. R., & Mokodompit, N. J. D. (2022). Prinsip Character of A Leader pada Generasi Z. PHILANTHROPY: Journal of Psychology, 6(1), 77. https://doi.org/10.26623/philanthropy.v6i1.4960

Komalasari, S., & Yuliani, T. (2020). Pengembangan Kepribadian Mahasiswa untuk Era 5.0. Prosiding Seminar Nasional 2020 Fakultas Psikologi Umby, 2014, 23–31.

Kusumastuti, A., Khoiron, A. M., & Achmadi, T. A. (2020). METODE PENELITIAN KUANTITATIF. Deepublish.

Lehmann-Willenbrock, N. (2017). Team Learning. Small Group Research, 48(2), 123–130. https://doi.org/10.1177/1046496416689308

Marlina Wati, H., Mustika, R., & Widaty, S. (2017). Kepuasan Kerja Tim Mahasiswa Pada Proses Pembelajaran Tahap Akademik Di Program Studi Kedokteran Universitas Abdurrab the Satisfaction of Student Team Work on Learning Process At the Academic Stage on Medical Study Program Abdurrab University. 1–15.

Patekur, P. (2021). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIM AHLI DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA DAN HASIL BELAJAR METABOLISME. JPB - Jurnal Pendidikan Biologi, 1(1), 10–19. https://doi.org/10.55719/jpb.v1i1.193

Putri, D. P. (2020). Penggunaan Metode Pembelajaran Team Quiz Sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar PKn. Journal of Education Action Research, 4(4), 452. https://doi.org/10.23887/jear.v4i4.28640

Safitri, N. F., Muhab, S., & Suhartono, S. (2017). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KESETIMBANGAN ION DAN pH LARUTAN GARAM KELAS XI DI SMAN 54 JAKARTA. JRPK: Jurnal Riset Pendidikan Kimia, 7(1), 1–6. https://doi.org/10.21009/JRPK.071.01

Sari, O. S. I. (2022). Hubungan Resiliensi Dan Work-Study Conflict Pada Mahasiswa Yang Bekerja Di Kota Banjarmasin. 4(1), 15–28. https://doi.org/10.18592/jah.v4i1.6339

Sarin, S., & McDermott, C. (2003). The Effect of Team Leader Characteristics on Learning, Knowledge Application, and Performance of Cross‐Functional New Product Development Teams. Decision Sciences, 34(4), 707–739. https://doi.org/10.1111/j.1540-5414.2003.02350.x

Sartika, D., & Nengsi, A. R. (2022). MEMBANGUN SKILL KERJASAMA TIM PADA MAHASISWA DALAM. Jurnal Sosial Humaniora Sigli, 5(2), 142–149.

Shalsabila, E. T., & Kadiyono, A. L. (2020). EMPLOYABILITY PADA MAHASISWA KEGURUAN DI UNIVERSITAS NEGERI DAN UNIVERSITAS SWASTA. AdBispreneur, 4(3), 229. https://doi.org/10.24198/adbispreneur.v4i3.26429

Sudaryana, B., & Agusiady, R. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Deepublish.

Suwarno. (2016). Pendekatan Kebijakan Publik dalam Politik Pendidikan Islam. Jurnal As-Salam, 1(1), 62–72.

Wiese, C. W., & Burke, C. S. (2019). Understanding Team Learning Dynamics Over Time. Frontiers in Psychology, 10. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2019.01417

Yang, J., & Chen, C. (2005). Systemic design for improving team learning climate and capability: A case study. Total Quality Management & Business Excellence, 16(6), 727–740. https://doi.org/10.1080/14783360500077658

Zagoto, M. M., Yarni, N., & Dakhi, O. (2019). PERBEDAAN INDIVIDU DARI GAYA BELAJARNYA SERTA IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 2(2), 259–265. https://doi.org/10.31004/jrpp.v2i2.481

Zaky, M. (2023). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KINERJA TIM KERJA : SEBUAH KAJIAN TEORITIS DAN EMPIRIS. KOMITMEN: Jurnal Ilmiah Manajemen, 4(1), 316–326.

Zeitun, R. M., Abdulqader, K. S., & Alshare, K. A. (2013). Team Satisfaction and Student Group Performance: A Cross-Cultural Study. Journal of Education for Business, 88(5), 286–293. https://doi.org/10.1080/08832323.2012.701243

Ziliwu, D., Bawamenewi, A., Lase, S., Telaumbanua, K. M. E., & Dakhi, O. (2022). Evaluasi Program Pengembangan Instrumen Praktek Pengalaman Lapangan. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 2316–2323. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2436




DOI: http://dx.doi.org/10.30813/psibernetika.v17i2.5277

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License