PENGARUH SELF EFFICACY TERHADAP KECEMASAN BERBICARA DI DEPAN UMUM PADA MAHASISWA YANG MENGIKUTI PROGRAM GENERASI BERENCANA (GENRE)

saadatul muthia yara

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh  self-efficacy terhadap kecemasan berbicara di depan umum pada mahasiswa Yang mengikuti program GenRe. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan  desain regresi linear sederhana. Penelitian ini dilakukan pada 100 mahasiswa GenRe dengan menggunakan metode voluntary sampling. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini yaitu General Self- Efficacy Scale dari Schwarzer dan Jerusalem (1995) yang telah diadaptasi oleh  Novrianto dkk. (2019) dan Personal Report of Public Speaking Anxiety dari Mc Croskey (1970). Hasil penelitian membuktikan bahwa self-efficacy secara signifikan  berpengaruh terhadap kecemasan berbicara di depan umum pada mahasiswa yang mengikuti program GenRe. Hasil tersebut dapat dilihat dari nilai signifikansi sebesar .00 (p <  .05) dan nilai koefisien R2 (R-square) sebesar .196 yang berarti bahwa self- efficacy mempengaruhi kecemasan berbicara di depan umum pada mahasiswa yang mengikuti program GenRe sebesar 19.6%.

 


Full Text:

PDF

References


Alhadabi, A., & Karpinski, A. C. (2020). Grit, self-efficacy and academic performance in University students. International Journal of Adolescence and Youth, 25(1), 519-535.

Alwisol. (2009). Psikologi kepribadian. Malang: UMM press.

Anangkota, M. (2019). Jangan Takut Kuliah Sambil Berorganisasi. Deepublish.

Azwar, S. (2012). Penyusunan Skala Psikologi. (ed. 2). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Azwar, S. (2017). Metode Penelitian Psikologi. (ed. 2). Yogyakarta Pustaka Pelajar. Azwar, S. (2019a). Metode Penelitian. Yogyakarta Pustaka Pelajar.

Azwar, S. (2019b). Reliabilitas Dan Validitas. (ed. 4). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Badan Narkotika Nasional (BNN). (2021). Penggunaan Narkotika di Kalangan Remaja Meningkat. https://bnn.go.id/penggunaan-narkotika-kalangan- remaja-meningkat/

Bandura, A. (1977). Self-efficacy: toward a unifying theory of behavioral change. Psychological review, 84(2), 191.

Bandura, A. (1982). Self-efficacy mechanism in human agency. American psychologist, 37(2), 122.

Bandura, A. (1994). Self-efficacy. In V. S. Ramachaudran (Ed.), Encyclopedia of human behavior (Vol. 4, pp. 71-81). New York: Academic Press. (Reprinted in H. Friedman [Ed.], Encyclopedia of mental health. San Diego: Academic Press, 1998).

Bandura, A. (1997). Self-effiicacy: The exercise of control. New York, NY: Freeman

Baron, R.A., & Byrne, P. (1994). Social Psychology: Understanding Human Interaction. Boston: Allyn and bacon Inc.

Barseli, M., Ifdil, I., & Nikmarijal, N. (2017). Konsep Stres Akademik Siswa. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 5(3), 143–148. https://doi.org/10.29210/119800

Beatty, M. J., McCroskey, J. C., & Heisel, A. D. (1998). Communication Mahasiswa. Insight: Jurnal Ilmiah Psikologi, 20(2), 75– 83.

Burgoon, M. & Ruffner, M. 1978. Human communication. New York, NY: Holt Rinehart and Winston Inc

Carlos, M., Zamralita., Nisfiannoor., M. (2006). Hubungan antara Self Efficacy dan Prestasi Kerja Karyawan Marketing. Phronesis . Vol 8, No 2 (196-206).

Chaplin, J.P. 2004. Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Dewi, A. P., & Andrianto, S. (2007). Hubungan antara pola pikir dengan kecemasan berbicara di depan umum pada mahasiswa fakultas keguruan. Jurnal Klinis, 5(1), 1-49.

Deviyanthi, N. M. F. S., & Widiasavitri, P. N. (2016). Hubungan antara self-efficacy dengan kecemasan komunikasi dalam mempresentasikan tugas di depan kelas. Jurnal Psikologi Udayana, 3(2), 342-353.

Djayanti, W. (2015). Hubungan Antara Efikasi Diri Dengan Kecemasan Berbicara di Depan Umum Pada Mahasiswi. Jurnal Psikogenesis, 187-198.

Feist, J & Feist, G. J. (2002). Theories of personality (5thed). Boston: McGraw Hill.

Feist, J Dan Feist G.J. (2010) Teori Kepribadian Edisi 7. Jakarta: Salemba Humanika

Gaiban, & Elmenfi. (2014). The Role of Gender in Influencing Public Speaking Anxiety. International Journal of Gender and Women's Studies, 105-116.

Gao, F., & Tay, D. (2023). Metaphor use in describing English public speaking anxiety by Chinese university EFL learners. System, 103091.

Geist, E. (2010). The anti-anxiety curriculum: Combating math anxiety in the classroom. Journal of Instructional Psychology, 37(1).

Ghozali, I. (2011). Aplikasi analsis multivariate dengan program IBM SPSS 19 (5th ed.). Universitas Diponegoro

Gravetter, F. J. (2012). Research Method for Behavioural Science. Wadsworth.

Harianti, N. (2014). Hubungan antara self-efficacy dengan kecemasan berbicara di depan umum pada mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Wisnuwardhana Malang. Psikovidya, 18(1).

Jeffrey S. Nevid, J.S, Rathus, S.A & Green, B. (2005) Pengantar Psikologi Abnormal. Jakarta: Erlangga.

Jendra, A. F., & Sugiyo, S. (2020). Pengaruh efikasi diri terhadap kecemasan presentasi siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Wuryantoro. Konseling Edukasi: Journal of Guidance and Counseling, 4(1), 138-159.

Kanfer, R., & Zeiss, A. M. (1983). Depression, interpersonal standard setting, and judgments of self-efficacy. Journal of abnormal psychology, 92(3), 319.

Kasih, D., & Sudarji, S. (2017). Hubungan self efficacy terhadap kecemasan berbicara di depan umum pada mahasiswa program studi psikologi Universitas Bunda Mulia. Psibernetika, 5(2).

Khasanah, U. (2012). Hubungan self efficacy dengan kecemasan berbicara di depan umum studi pada mahasiswa jurusan pendidikan agama Islam UIN Maulana Malik Ibrahim Malang (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Kurniawan, R. D. (2022). Pengaruh efikasi diri terhadap kecemasan berbicara di depan umum pada mahasiswa program khusus pengembangan bahasa Arab Fakultas Psikologi Tahun Ajaran 2021/2022 Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Lynn, D. (2003). Mastering Public Speaking. Yogyakarta: Luna Publisher.

McCroskey, J.C. (1970). Measure of communicationn-bound anxiety. speech monograph. Beverly Hills, CA: SAGE Publications.

McCroskey, J.C. (1984). The communication apprehension perspective. In J. A. Daily, & J. C. McCroskey (Eds.), Avoiding communication: Shyness, reticence, and communication. Beverly Hills, CA: SAGE Publications.

McCroskey, J. (2012) Communication Apprehenssion : What We Learn In The Last Four Decades. Journal Of Human Communication. A Publication Of The Pacific And Asian Communication Association. Vol.12, No.2.

Mehl, M. (2017). Principles of communication: Public Speaking. New York: Pearson Learning Solution.

Motley, M. T. (1995). Overcoming your fear of public speaking. McGraw-Hill Companies.

Mulyadi, Redy. 2003. Kenali Rasa Cemas Yang Tidak Rasional. http:www.sinar harapan.co.id.(27 Februari 2008)

Nafila, A., & Al Fatah, S. A. A. (2022). Peranan Self Efficacy Dalam Mengatasi Kecemasan Berbicara Di Depan Umum. Muttaqien; Indonesian Journal of Multidiciplinary Islamic Studies, 3(2).

Nevid, J.S., Rathus, S.A., Green, B. (1997). Psikologi Abnormal Jilid 1. Jakarta: Erlangga

Nugroho, E. W., Warsah, I., & Amin, M. (2020). Peran organisasi ekstra kampus dalam meningkatkan kemampuan komunikasi mahasiswa. Jurnal Dakwah dan Komunikasi, 5(2), 205-224.

Opt, S. K. & Loffredo, D.A. (2000). Rethinking Communication Apprehension: A Myers-Briggs Perspective. The journal Psychology, 134(5), 556- 570.

Periantalo, J. (2019). Penelitian kuantitatif untuk psikologi. Pustaka Pelajar.

Pertiwi, M. C., Sulistiyawan, A., Rahmawati, I., & Kaltsum, H. U. (2015). Hubungan organisasi dengan mahasiswa dalam menciptakan leadership.

Rahayu, I.T., Ardani, T.A. dan Sulistyaningsih. (2004). Hubungan Pola Pikir Positif Dengan Kecemasan Berbicara Di Depan Umum. Jurnal Psikologi Universitas Dipenogoro, Vol. 1, No. 2, 131-134

Rakhmat, J. (2002). Psikologi Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Riani, W. S., & Rozali, Y. A. (2014). Hubungan Antara Self Efficacy dan Kecemasan Saat Presentasi Pada Mahasiswa Universitas Esa Unggul. Jurnal Psikologi.

Rini, H. P. (2013). Self Efficacy dengan kecemasan dalam menghadapi ujian nasional. Cognicia, 1(1).

Rogers, N. H. (2018). Berani Bicara di Depan Publik: Langkah-langkah Menguasai Audiens dengan Penyampaian Gagasan secara Memikat. Bandung: Nuansa Cendekia.

Santrock, J. W. (2021). Life span development (18th ed.). Mcgraw-Hill Education.

Schunk, D. H., & DiBenedetto, M. K. (2021). Self-efficacy and human motivation. In Advances in motivation science (Vol. 8, pp. 153-179). Elsevier.

Schunk, D., & Pajares, F. (2002). The Development of Academic Self- Efficacy. Development of Achievement Motivation. doi:10.1016/b978-012750053- 9/50003-6.

Schwarzer, R., & Jerusalem, M. (1995). Generalized self-efficacy scale. J. Weinman, S. Wright, & M. Johnston, Measures in health psychology: A user’s portfolio. Causal and control beliefs, 35, 37.

Siska, S., Sudardjo, S., & Purnamaningsih, E. H. (2003). Kepercayaan diri dan kecemasan komunikasi interpersonal pada mahasiswa. Jurnal Psikologi UGM, 30(2), 127388.

Supratiknya, A. (2014). Pengukuran psikologis. Universitas Sanata Dharma.

Sussman, S., & Arnett, J. J. (2014). Emerging Adulthood. Evaluation & the Health Professions, 37(2), 147–155. https://doi.org/10.1177/0163278714521812

Tian, G., Wang, J., Zhang, Z., & Wen, Y. (2019). Self-efficacy and work performance: The role of work engagement. Social Behavior and Personality: an international journal, 47(12), 1-7.

Utomo, H. (2012). Hubungan antara Kematangan Emosi dan Self Efficacy dengan Kecemasan Berbicara di Depan Umum pada Mahasiswa. Surabaya: Universitas Tujuh Belas Agustus.

Wahyuni, E. (2015). Hubungan self-effecacy dan keterampilan komunikasi dengan kecemasan berbicara di depan umum. Jurnal Komunikasi Islam (Journal of Islamic Comunication), 5(1), 51-82.

Warren, J. L. (2011). The Relationship Between Service Learning and Public Speaking Self Efficacy: Toward Engaging Today's Undergraduates. Lexington, Kentucky: University of Kentucky.

Watson, J. C., & Watson, A. A. (2016). Coping Self-Efficacy and Academic Stress Among Hispanic First-Year College Students: The Moderating Role of Emotional Intelligence. Journal of College Counseling, 19(3), 218–230. https://doi.org/10.1002/jocc.12045

Wilks, S. E. (2008). Resilience amid Academic Stress: The Moderating Impact of Social Support among Social Work Students. Advances in Social Work, 9(2), 106–125. https://doi.org/10.18060/51

Yogasuria, C. O., Faslah, R., & Yohana, C. (2023). The Relationship Between Self Efficacy And Positive Thinking With Public Speaking Anxiety In College Student. Jurnal Ilmu Psikologi dan Kesehatan (SIKONTAN), 1(4), 255




DOI: http://dx.doi.org/10.30813/psibernetika.v17i1.4733

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License