GAMBARAN CYBERBULLYING VICTIMIZATION PADA REMAJA DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM
Abstract
Cyberbullying merupakan salah satu perilaku agresif yang dapat terjadi di dunia maya. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan tingkat cyberbullying yang dialami oleh remaja (disebut dengan cyberbullying victim), khususnya di media sosial Instagram. Sejumlah 119 subjek berusia 12-21 tahun dan aktif menggunakan media sosial Instagram direkrut dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan Cyber Victim and Bullying Scale (Cetin et al., 2011) setelah melalui proses adaptasi ke bahasa Indonesia. Hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan bahwa mayoritas subjek mengalami cyberbullying di media sosial Instagram pada tingkat rendah (86,6%) sedangkan sisanya berada pada tingkat sedang (13,4%). Subjek menyatakan bahwa perilaku cyberbullying yang dialami adalah tuduhan yang tidak benar, penghinaan, dan kiriman pesan mengandung unsur seksual atau ancaman. Berdasarkan hasil tersebut, fenomena cybervictim remaja di media sosial Instagram berada pada kategori rendah. Namun demikian, pengawasan orang tua terhadap remaja dalam penggunaan media sosial masih perlu dilakukan untuk menghindari terjadinya cyberbullying.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aulia, Fanny. (2014). Opini Siswa terhadap Tindakan Cyberbully di Media Sosial. Universitas Sumatera Utara: Repositori Institusi Universitas Sumatera Utara.
Barus, R. K. I., & Dwiana, R. (2016). Cyberbullying sikap pelajar di kota Medan. Jurnal Penelitian Pers dan Komunikasi Pembangunan, 20(2), 99-108.
Candra, R. W., & Rozana, A. N. (2020). Klasifikasi komentar bullying pada Instagram menggunakan metode k-nearest neighbor. IT Journal Research and Development (ITJRD), 5(1), 45-52.
Çetin, B., Yaman, E., & Peker, A. (2011). The cyber victim and bullying scale: a study of validity and reliability. Computers & Education, 57(04), 2261-2271.
Craig, W., Boniel-Nissim, M., King, N., Walsh, S. D., Boer, M., Donnelly, P. D., ... & Pickett, W. (2020). Social media use and cyber-bullying: A cross-national analysis of young people in 42 countries. Journal of Adolescent Health, 66(6), S100-S108.
Elsaesser, C., Russell, B., Ohannessian, C. M., & Patton, D. (2017). Parenting in a digital age: A review of parents' role in preventing adolescent cyberbullying. Aggression and violent behavior, 35, 62-72. https://doi.org/10.1016/j.avb.2017.06.004
Firstiyanti, A. (2023). Analisis Ujaran Kebencian Pada Berita Kasus Kdrt Lesti-Billar Di Instagram@ Lambe_Turah Dengan Perspektif Hermeneutika Jorge Je Gracia. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(01), 143-152.
Fitransyah, R. R., & Waliyanti, E. (2018). Perilaku cyberbullying dengan media Instagram pada remaja di Yogyakarta. Indonesian Journal Of Nursing Practices, 2 (1), 36-48.
Giovanni, S. (2014). Tindakan Mahasiswa FISIP USU terhadap cyberbullying yang dialami melalui media online. Universitas Sumatera Utara: Repositori Institusi Universitas Sumatera Utara.
Hellsten, L. M. (2017). An introduction to cyberbullying outline: methodological issues in researching cyberbullying. University of South Florida.
Hidajat, M., Adam, A. R., Danaparamita, M., & Suhendrik, S. (2015). Dampak media sosial dalam cyber bullying. ComTech: Computer, Mathematics and Engineering Applications, 6(1).
Hinduja, S., & Patchin, J. W. (2010). Bullying, cyberbullying, and suicide. Archives of suicide research, 14(3), 206-221.
Hoff, D. L., & Mitchell, S. N. (2009). Cyberbullying: Causes, effects, and remedies. Journal of Educational Administration, 47(5), 652-665. https://doi.org/10.1108/09578230910981107
Hootsuite (We Are Social). (2022). Digital 2022: Indonesia. https://andi.link/hootsuite-we-are-social-indonesian-digital-report-2022/.
Indrawan, F. (2018). Impoliteness strategy in Instagram cyberbullying: A case study of Jennifer Dunn posted by@ Lambe_Turah. ETNOLINGUAL, 2(1).
Kumala, A. P. B., & Sukmawati, A. (2020). Dampak cyberbullying pada remaja. Alauddin Scientific Journal of Nursing, 1(1).
Liu, Y., & Xu, W. (2019). The Psychological factors and treatment of cyberbullying. Advances in Psychology, 9, 789-799.
Mutma, F. S. (2019). Deskripsi pemahaman cyberbullying di media sosial pada mahasiswa. Jurnal Komunikasi, 13 (2), 165-182.
NapoleonCat. (2022). Instagram users in Indonesia.
https://napoleoncat.com/stats/instagram-users-in-indonesia/2022/01/
Putri, S. A. R. (2015). Minoritisasi LGBT di Indonesia: Cyber bullying pada akun Instagram @denarachman. Jurnal Interaksi, 4(1), 73-81.
Rachmayanti, A., & Candrasari, Y. (2022). Perilaku Cyberbullying Di Instagram: Perilaku Cyberbullying Di Instagram. Linimasa: Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(1), 1-12.
Syarifudin, A. dkk., (2018). APPSEN (aplikasi mobile absensi mahasiswa menggunakan fingerprint). Seminar Nasional Informatika, Sistem Informasi dan Keamanan Siber (SEINA-KEISI), 1(1), 1-5.
UNICEF Indonesia. (2020). Perundungan di Indonesia.
https://www.unicef.org/indonesia/media/5691/file/Fact%20Sheet%20Perkawinan%20Anak%20di%20Indonesia.pdf.
U-Report. (2019). Jajak pendapat: #ENDviolence global poll 2019. https://indonesia.ureport.in/v2/opinion/3454/.
Whittaker, E., & Kowalski, R. M. (2015). Cyberbullying via social media. Journal of school violence, 14(1), 11-29. https://doi.org/10.1080/15388220.2014.949377
Wolak, J., Finkelhor, D., & Mitchell, K. J. (2005). Child-Pornography Possessors Arrested in Internet-Related Crimes: Findings From the National Juvenile Online Victimization Study.
Zhong, J., Zheng, Y., Huang, X., Mo, D., Gong, J., Li, M., & Huang, J. (2021). Study of the influencing factors of cyberbullying among Chinese college students incorporated with digital citizenship: from the perspective of individual students. Frontiers in Psychology, 12, 621418. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2021.621418
DOI: http://dx.doi.org/10.30813/psibernetika.v17i2.4639
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License