Hubungan Hardiness dengan Coping Strategies pada Siswa SMAN 8 Pekanbaru dalam Menghadapi Ujian Tulis Berbasis Komputer
Abstract
Siswa Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) yang ingin melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi negeri dapat mengikuti Seleksi Nasional berdasarkan Tes (SNBT) dengan metode Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK). Dalam menghadapi ujian tersebut, siswa akan dihadapkan oleh berbagai hal yang dapat memicu stres, sehingga perlu dilakukannya coping strategies. Salah satu karakteristik kepribadian yang dapat berperan penting dalam mempengaruhi pemilihan coping strategies adalah hardiness. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara hardiness dengan coping strategies pada siswa SMAN 8 Pekanbaru dalam menghadapi ujian tulis berbasis komputer. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dan desain korelasional dengan teknik analisis Spearman Rank. Responden dalam penelitian ini berjumlah 220 orang siswa SMAN 8 Pekanbaru yang mengikuti UTBK, sampel didapatkan dengan teknik proportionate stratified random sampling. Pengumpulan data dilakuan dengan adaptasi alat ukur Brief COPE yang mengukur tiga jenis coping, yaitu problem-focused coping, emotional-focused coping, dan dysfunctional coping, serta alat ukur Dispositional Resilience Scale: A Short Hardiness Measure (DRS-15). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara hardiness dengan problem-focused coping (p = <.05; r = .335) dan emotional-focused coping (p = <.05; r=.302) serta hubungan negatif yang signifikan antara hardiness dengan dysfunctional coping (p=<.05; r =-.167) pada siswa SMAN 8 Pekanbaru dalam menghadapi ujian masuk perguruan tinggi dengan metode Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK).
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdollahi, A., Panahipour, S., Akhavan Tafti, M., & Allen, K. A. (2020). Academic hardiness as a mediator for the relationship between school belonging and academic stress. Psychology in the Schools, 57(5), 823-832.
Abidin, Z., & Mukminina, M. (2020). Coping Kecemasan Siswa SMA dalam Menghadapi Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Tahun 2019. Al-Azhar Indonesia seri Humaniora, 5(3). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.36722/sh.v5i3.384
Barseli, M., Ifdil, I., & Nikmarijal, N. (2017). Konsep Stres Akademik Siswa. Konseling dan Pendidikan, 5(3), 143–148. https://doi.org/https://doi.org/10.29210/119800
Bartone, P. T. (2013). Cross-cultural adaptation of the DRS-15 Dispositional Resilience Scale: A short hardiness measure. Final Report On Fulbright Research Fellowship, Bergen, Norway, 3(2).
Carver, C. S. (1997). You want to measure coping but your protocol’too long: Consider the brief cope. International journal of behavioral medicine, 4(1), 92-100.
Carver, C. S., Scheier, M. F., & Weintraub, J. K. (1989). Assessing coping strategies: a theoretically based approach. Journal of personality and social psychology, 56(2), 267.
Devi, U. (2011). A study on stress management and coping strategies with reference to IT companies. Journal of Information Technology and Economic Development, 2(2), 30- 48.
Dolgova, V. I., Rokitskaya, J., Kapitanets, E., & Shayakhmetova, V. (2019). Study Of Hardiness In Adolescents And Its Interrelation With Coping Behaviour. In The European Proceedings of Social & Behavioural Sciences EpSBS (pp. 298-305).
Fa'izah, S., & Cahyanti, I. Y. (2021). Strategi Koping Stres Siswa SMA dalam Menghadapi UTBK 2021. Buletin Riset Psikologi dan Kesehatan Mental, 1(2), 1410-1419.
Hasanah, U. (2019). Hubungan Hardiness Dengan Emotion Fokused Coping Pada Anak Dan Remaja Yang Sedang Berhadapan Dengan Hukum (ABH). Journal An-Nafs: Kajian Penelitian Psikologi, 4(1), 53-69.
Heissel, J. A., Adam, E. K., Doleac, J. L., Figlio, D. N., & Meer, J. (2018). Testing, Stress, and Performance: How Students Respond Physiologically to High-Stakes Testing. Economic of Education. https://doi.org/10.3386/w25305
Kobasa, S. C. (1979). Stressful life events, personality, and health: An inquiry into hardiness. Journal of Personality and Social Psychology, 37(1), 1–11.
Lazarus, R. S., & Folkman, S. (1984). Stress, appraisal, and coping. Springer publishing company.
Mahfar, M., Zaini, F., & Nordin, N. A. (2007). Analisis Faktor Penyebab Stres di Kalangan Pelajar. Jurnal Kemanusiaan, 5(1), 62–72.
Mishina, S. S. (2018). Resilience coefficient as a measure of risk of teenanger’s suicide behavior development. J. Bull. Udmurt Univ. Ser. Philos. Psychol. Pedag, 28, 308–312
Nanavaty, K. N., Verma, V., & Patki, A. (2016). The Relationship between Psychological Hardiness, Coping Strategies and Perceived Stress among Working Adults. Indian Journal of Mental Health, 4(1).
Nisrokha. (2020). Tes Terstandarisasi. Madaniyah, 10(1), 15–36.
Nurmaliyah, F. (2014). Menurunkan Stres Akademik Siswa dengan Menggunakan Teknik Self-Instruction. Pendidikan Humaniora.
Papalia D.E., Sally Wendkos Old S.W, & Ruth Duskin Feldman. (2008). Human Development. Jakarta: Kencana
Suwena, K. R. (2017). Jalur Penerimaan Mahasiswa Baru Bukan Penentu Prestasi Belajar Mahasiswa. Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 5(2), 1-10.
Tagher, C. G., & Robinson, E. M. (2016). Critical Aspects of Stress in a High- Stakes Testing Environment: A Phenomenographical Approach. The Journal of Nursing Education, 55(3). https://doi.org/10.3928/01484834- 20160216-07
Thomassen, Å. G., Johnsen, B. H., Hystad, S. W., and Johnsen, G. E. (2022). Avoidance coping mediates the effect of hardiness on mental distress symptoms for both male and female subjects. Scand. J. Psychol. 63, 39–46. doi: 10.1111/sjop.12782
Wadsworth, M. E. (2015). Development of maladaptive coping: A functional adaptation to chronic, uncontrollable stress. Child Development Perspective, 9(2), 96-100.
Yuliandiny, S. A. E. (2019) The relationship between hardiness and coping strategies on acceleration students of Gunadarma University. International Journal for Social Studies, 5(2) 166-172. https://doi.org/10.26643/ijss.v5i2.6193
DOI: http://dx.doi.org/10.30813/psibernetika.v17i2.4542
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License