Pengaruh Dukungan Sosial Orang Tua terhadap Motivasi Siswa di SMPN 3 Lembah Gumanti
Abstract
Abstrak
Proses belajar merupakan sebuah proses yang tiada henti dan akan selalu melekat pada diri individu. Orang tua sebagai sumber dukungan sosial merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari motivasi dalam membantu keberhasilan akademik siswa dan hendaknya ditanamkan sedini mungkin, sehingga orang tua dapat menjadi guru pertama dalam memaksimalkan proses belajar. Untuk menunjang motivasi yang baik di sekolah, siswa perlu mendapatkan dukungan sosial dari orang tua sehingga dapat membantu meningkatkan motivasinya. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk melihat apakah terdapat pengaruh dukungan sosial orang tua terhadap motivasi siswa di SMPN 3 Lembah Gumanti Kabupaten Solok. Metode penelitian pada penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan desain korelasi sebab-akibat. Jumlah sampel sebanyak 169 orang siswa kelas VII-IX di SMPN 3 Lembah Gumanti dengan teknik pengambilan sampel secara random berstrata proporsional. Pengumpulan data menggunakan adaptasi skala MSLQ (Motivated Strategies for Learning Questionnaire) yang dibuat oleh Pintrich dkk (1991) (α = .878) dan menggunakan skala dukungan sosial orang tua oleh Putri (2022) (α = .912). Hasil pada penelitian ini membuktikan bahwa adanya pengaruh dukungan sosial orang tua terhadap motivasi siswa di SMPN 3 Lembah Gumanti Kabupaten Solok (p < .05), semakin tinggi dukungan sosial orang tua maka semakin tinggi motivasi, begitu juga sebaliknya. Adapun nilai sumbangan efektif (R2) sebesar .049. dapat diartikan bahwa dukungan sosial orang tua memberikan pengaruh sebesar 4,9% terhadap motivasi siswa di SMPN 3 Lembah Gumanti.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustina, L., & Wisnumurti, A. (2019). Dukungan sosial dan motivasi belajar siswa sma masehi 2 psak semarang. Jurnal Personifikasi, 10(1), 28-42..
Alpian, Y., Anggraeni, S. W., Wiharti, U., & Soleha, N. M. (2019). Pentingnya pendidikan bagi manusia. Jurnal Buana Pengabdian, 1(1), 66-72.
Amseke, F. V. (2018). Pengaruh dukungan sosial orang tua terhadap motivasi berprestasi. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 1(1), 65-81.
Amseke, F. V., Daik, M. A., Liu, D. A. L. (2021). Dukungan sosial orang tua konsep diri dan motivasi berprestasi mahasiswa di masa pandemi covid-19. Jurnal Muara Ilmu Sosial Humaniora dan Seni, 5(1), 241-250.
Asri, M. (2018). Pengaruh Dukungan Sosial Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Siswa SMA Negeri 1 Pagiri Kecamatan Pagiri Kabupaten Gowa. Skripsi. Universitas Negeri Makassar.
Azwar, S. (2017). Metode Penelitian Psikologi (2th ed). Pustaka Belajar Offset.
Batelho, G.F., dkk. (2022). Family environment and Portuguese adolescents; impact on quality of life and well-being. Children, 9(2), 200.
Cahyani, A., Listiana, I. D., & Larasati, S. P. D. (2020). Motivasi belajar siswa SMA pada pembelajaran daring di masa pandemic covid-19. IQ (Ilmu Al-Qur’an) Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 123-140.
Cahyono, A. E. (2018). Identifikasi faktor internal yang mempengaruhi motivasi belajar mahasiswa ikip pgri jember. Efektor, 5(1), 18-25.
Emeralda, G. N., & Kristiana, I. F. (2017). Hubungan antara dukungan sosial orang tua dengan motivasi belajar pada siswa sekolah menengah pertama. Jurnal Empati, 7(3), 154-159.
Fadilah, A., & Marjohan, M. (2021). Parent support contribution and peer conformity on learning motivation. Jurnal EDUCATIO Jurnal Pendidikan Indonesia, 7(1), 53-58.
Krejcie, R. V., & Morgan, D. W. (1970). Determining sampe size for research activities. Educational and Psychological Measurement, 30(3), 607-610.
Malwa, R. U. (2017). Dukungan sosial orangtua dengan motivasi belajar siswa putra tahfidz Al-Qur’an. PSIKIS Jurnal Psikologi Islami, 3(2), 137-144.
Pintrich, P. R. (2003). Motivation and classroom learning. In Handbook of psychology: Educational psychology, Vol 7 (pp. 103–122). John Wiley & Sons Inc. Diakses dari http://www.books.google.com.
Pintrich, P. R., & De Groot, E. V. (1990). Motivational and Self-Regulated Learning Components of Classroom. Journal of Educational Psychology, 82(1), 33–40. https://doi.org/10.1037/0022-0663.82.1.33
Pintrich, P. R., & De Groot, E. V. (2003). A Motivational Science Perspective on the Role of Student Motivation in Learning and Teaching Contexts. Journal of Educational Psychology, 95(4), 667–686. https://doi.org/10.1037/0022- 0663.95.4.667
Pintrich, P. R., Smith, D. A. F., Garcia, T., & Mckeachie, W. J. (1991). A Manual fot the Use of the Motivated Strategies for Learning Questionnaire (MSLQ). Technical Report No. 91-B-004, 6(1). https://doi.org/https://doi.org/10.5901/mjss.2015.v6n1p156
Putri, B. D. (2022). Pengaruh Dukungan Sosal Orang Tua Terhadap Student Well-Being Pad Siswa SMA di Kota Padang. Skripsi. Padang. Fakultas Kedokteran Universitas Andalas.
Rahman, S. (2022, Januari.). Pentingnya Motivasi Belajar dalam Meningkatkan Hasil Belajar. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN DASAR
Rosa, N. N. (2020). Hubungan dukungan sosial terhadap motivasi belajar daring mahasiswa pada masa pandemic covid-19. Journal of Education and Teaching, 1(2), 147-153.
Rufaidah, A. (2021). Hubungan antara dukungan sosial orang tua dengan motivasi belajar siswa kelas iv dan v di madrasah ibtidaiyah tahfidz al-asyhar malang. Skripsi. Malang. Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Sardirman. (2011). Interaksi dan Mootivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sarafino, E.P., & Smith, T.W. (2017). Health Psychology: Biopsychosocial Interactions (9th edition). John willey & Sons, inc.
Tezci, E., Sezer, F., Gurgan, U., & Aktan, S. (2015). A study on social support and motivation. Anthropologist, 22(2), 284-292.
Zulkarnain, M., Sari, E.Y.D., & Purwadi, P. (2019). Peranan dukungan sosial dan self esteem dalam meningkatkan motivasi belajar. In Prosiding Seminar Nasional Magister Psikologi Universitas Ahmad Dahlan (pp. 447-452).
DOI: http://dx.doi.org/10.30813/psibernetika.v17i2.4341
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License