Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Dalam Mengambil Keputusan Untuk Menginap di Hotel (Studi Kasus: Staycation)

Maria Pia Adiati, Yenti Yenti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor apa yang mempengaruhi perilaku konsumen terhadap pengambilan keputusan untuk staycation di hotel. Variabel bebasnya adalah faktor budaya, faktor sosial, faktor pribadi, dan faktor psikologis, sedangkan variabel terikatnya adalah pengambilan keputusan dengan dimensi need recognition, information search, evaluation of alternatives, purchase decision, dan postpurchase behavior. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Populasinya adalah konsumen yang pernah melakukan staycation. Teknik yang digunakan adalah nonprobability sampling dengan teknik purposive sampling. Jumlah sampelnya berjumlah 95 responden dimana mereka pernah melakukan staycation. Berdasarkan dari hasil penelitian, keempat variabel perilaku konsumen berpengaruh signifikan terhadap variabel pengambilan keputusan staycation di hotel.

 


Keywords


Perilaku Konsumen; Pengambilan Keputusan; Staycation; Hotel

Full Text:

PDF

References


Anam, H. (2018, Februari). Pengaruh Komitmen, Kepercayaan dan Komunikasi Terhadap Loyalitas Pelanggan Jasa Kursus JCC (Jogja Course Center). Ekobis Dewantara, 1(2), 180-192.

Badan Pusat Statistik. (2018). STATISTIK HOTEL DAN AKOMODASI LAINNYA DI INDONESIA. Jakarta: BPS-Statistics Indonesia.

James, A., Ravichandran, S., Chuang, N.-K., & Bolden III, E. (2016). Using Lifestyle Analysis to Develop Lodging Packages for Staycation Travelers: An Exploratory Study. Journal of Quality Assurance in Hospitality & Tourism, 1.

Khotimah, S., Marjomo, & Lisdiana, H. (2016, September). Analisis Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Produk Shampo Clear. Magenta, 5(1), 37-42.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2018). Principles of Marketing 17th Edition: Global Edition.England: Pearson Education Limited

Kusuma, K. A., & Rastini, N. M. (2017). Peran Kunggulan Bersaing Memediasi Pengaruh Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja Pemasaran. Manajemen Unud, 6(8),

Lubis, M. R., & Kartikasari, D. (2019, Maret). Analisis Perilaku Konsumen Yang Mempengaruhi Pemilihan Tempat Wisata Pantai Dendang Melayu Batam. Journal of Business Administration, 3(1), 22-18.

Pawłowska, A., & Matoga, Ł. (2016). Staycation as a way of spending free time by city dwellers: examples of tourism products created by Local Action Groups in Lesser Poland Voivodeship in response to a new trend in tourism. World Scientific News, 4- 12.

Siregar, I. S. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana.

Sugiyono, P. D. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sujarweni, V. W. (2015). Metodologi Penelitian Bisnis & Ekonomi. Yogyakarta: Pustaka Baru Press




DOI: http://dx.doi.org/10.30813/fame.v7i1.5555

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Journal FAME: Journal Food and Beverage, Product and Services, Accomodation Industry, Entertainment Services