BICARA TANPA RAGU: PERAN EFIKASI DIRI DALAM MENANGANI KECEMASAN MAHASISWA PADA SAAT PRESENTASI

Khoirur Reza, Vara Dwi Wahyuni, Risa Munna Asrofiyah, Miftakhul Jannah

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh self efficacy terhadap kecemasan berbicara di depan umum pada mahasiswa di Universitas X. Salah satu tugas umum yang didapatkan seorang mahasiswa saat perkuliahan adalah presentasi.Tantangan serta masalah yang dihadapi oleh mahasiswa terhadap kecemasan berbicara di depan umum berupa perasaan takut, tidak percaya diri, dan tidak yakin dengan kemampuan yang dimiliki sehingga menimbulkan kecemasan ketika berbicara di depan umum dan perlu untuk diatasi dengan cara meningkatkan keyakinan individu terhadap kemampuannya agar dapat menjalankan dan menyelesaikan segala tugas dan tuntutan dengan baik. Kecemasan berbicara di depan umum dapat disebabkan oleh berbagai faktor internal ataupun eksternal, diantaranya adalah efikasi diri. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan analisis regresi yang mengukur pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat. Jenis teknik sampling yang digunakan pada penelitian ini adalah purposive sampling. Penelitian ini dilakukan dengan sampel berjumlah 68 responden Mahasiswa Universitas Negeri Surabaya yang didasarkan pada perhitungan Isaac & Michael, sehingga sampel yang dipakai dapat representatif untuk menggambarkan populasi. Alat ukur yang di gunakan untuk mengukur efikasi diri adalah General Self Efficacy Scale (GSES) yang telah diadaptasi ke dalam versi Indonesia dan speed anxiety thoughts inventory yang telah ditelah dikembangkan. Hasil penelitian membuktikan bahwa self-efficacy secara signifikan berpengaruh terhadap kecemasan berbicara di depan umum pada responden mahasiswa Universitas Negeri Surabaya . Hasil tersebut dapat dilihat dari nilai signifikansi sebesar .00 (p<.05) dan nilai koefisien R2 (R-square) sebesar .196 yang berarti bahwa self- efficacy mempengaruhi kecemasan berbicara di depan umum pada mahasiswa yang menjadi responden sebesar 13.4%. 

Keywords


Anxiety, Self-efficacy, Presentation, Students

Full Text:

PDF

References


Al Fatah, S. A. A., & Nafila, A. (2022). Peranan Self Efficacydalam Mengatasi Kecemasan Berbicara di Depan Umum. MUTTAQIEN; Indonesian Journal of Multidiciplinary Islamic Studies, 3(2), 265–274.

Alawiyah, D., Nurasmi, Asmila, N., & Fatasyah, R. (2022). Upaya Meingkatkan Kepercayaan Diri terhadap Kecemasan Berbicara di Depan Umum pada Mahasiswa. RETORIKA: Jurnal Kajian Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 4(2), 104–113.

Amalia, V. R., & Nashori, H. F. (2021). Religiusitas, Efikasi Diri, dan Stres Akademik Mahasiswa Farmasi. PSYCHOSOPHIA, 3(1).

Amin, M. S. (2018). Perbedaan Struktur Otak dan Perilaku Belajar Antara Pria dan Wanita; Eksplanasi dalam Sudut Pandang Neuro Sains dan Filsafat. Jurnal Filsafat Indonesia, 1(1), 38. https://doi.org/10.23887/jfi.v1i1.13973

Ansori, M. (2023). Efektivitas Blended Learning dan Diskusi-Presentasi terhadap Hasil Belajar Ditinjau dari Kemampuan Verbal-Lingustic Mahasiswa. 6(1), 227–236.

Aprillianti, S. W., & Dewi, D. K. (2022). Hubungan antara Self-Efficacy dengan Prestasi Belajar pada siswa di SMA X. Jurnal Psikologi Teori Dan Terapan, 13(2), 195–213. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/jptt.v13n2.p195-213

BeritaSatu. (2018, November 12). Menristekdikti: Mahasiswa Indonesia Mencapai 7,5 Juta. BERITASATU.

Bhirawa, W. T. (2020). Proses Pengolahan Data Dari Model Persamaan Regresi Dengan Menggunakan Statistical Product and Service Solution (SPSS). Statistika, 71–83.

Bukhori, B. (2016). Kecemasan Berbicara di Depan Umum Ditinjau dari Kepercayaan Diri dan Keaktifan dalam Organisasi Kemahasiswaan. Jurnal Komunikasi Islam, 6(1), 158–186. https://doi.org/https://doi.org/10.15642/jki.2016.6.1.158-186

de Naor, Y. D., Sitasari, N. W., & Safitri. (2021). Gambaran Kecemasan Berbicara di Depan Umum pada Santri SMA di Pondok Pesantren. JCA Psikologi, 2(2), 98–106.

Deviyanthi, N. M. F. S., & Widiasavitri, P. N. (2016). Hubungan Antara Self-Efficacy dengan Kecemasan Komunikasi dalam Mempresentasikan Tugas di Depan Kelas. Jurnal Psikologi Udayana, 3(2), 342–353. https://doi.org/10.24843/jpu.2016.v03.i02.p16

Edowai, Y. (2022). Peran Mahasiswa di Indonesia. CV. Diva Pustaka.

Fadhila, N. R., & Pratiwi, T. I. (2020). Hubungan Self Efficacy dan Konsep Diri dengan Kecemasan Sosial pada Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 59 Surabaya. Jurnal BK UNESA, 11(3).

Fatmah, N., Anward, H. H., & Mayangsari, M. D. (2021). Efikasi Diri dan Kepercayaan Diri Mahasiswa PGSD terkait Kecemasan Berbicara di Depan umum. PSIKODINAMIKA: Jurnal Literasi Psikologi, 1(1).

Firmansyah, D., & Dede. (2022). Teknik Pengambilan Sampel Umum dalam Metodologi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Holistik (JIPH), 1(2), 85–114.

Kasih, D., & Sudarji, S. (2012). Hubungan Self Efficacy terhadap Kecemasan Berbicara di Depan Umum pada Mahasiswa Program Studi Psikologi Universitas Bunda Mulia. Jurnal Psibernetika, 5(2), 46–58.

Khoirunnisah, K., Chotimah, I., & Maryati, H. (2021). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kinerja Pegawai Loket Pendaftaran Di Rumah Sakit "X” Bogor Tahun 2018. Promotor, 3(6), 577–584. https://doi.org/10.32832/pro.v3i6.5564

Landujawa, M., & Soetjiningsih, C. H. (2022). Self-efficacy dengan Kecemasan Berbicara di Depan Umum pada Mahasiswa Etnis Sumba. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(1), 1–7.

Lilis, Herdi, & Marjo, H. K. (2024). Cognitive Behaviour Therapy untuk Mereduksi Kecemasan Berbicara di Depan Umum pada Mahasiswa: Naratif Literature Review. G-COUNS: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 8(3), 1453–1465.

Muthia, S., Sarry, S. M., Purna, R. S., Oktari, S., & Armalita, R. (2024). Pengaruh Self Efficacy terhadap Kecemasan Berbicara di Depan Umum pada Mahasiswa yang Mengikuti Program Generasi Berencana (GENRE). Jurnal Psibernetika, 17(1), 10–22.

Nasrudin, H. I., Thantawi, T. R., & Suryani, E. (2021). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Mahasiswa Institut Agama Islah Sahid INAIS Bogor Menabung di Bank BNI Syariah. Sahid Banking Journal , 1(1), 145–166.

Novrianto, R., Marettih, A. K. E., & Wahyudi, H. (2019). Validitas Konstruk Instrumen General Self Efficacy Scale Versi Indonesia. Jurnal Psikologi, 15(1).

Oktaviani, H., Qonita Al-husna, N., Abqori, Q., Fazril Oktavian, M., & Ihsan, H. (2024). Pengembangan Alat Ukur Speech Anxiety Thoughts Inventory. Jurnal Psikologi Insight, 8(1), 1–10.

Randi, M. S., Salsabila, N., Syakilah, A., Khairunnida, N., & Lubis, N. Y. R. (2024). Persepsi Mahasiswa UINSU Tentang Pentingnya Penerapan Pancasila . Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial , 1(12), 29–33.

Sholikhah, N. I., & Affandi, G. R. (2024). Peranan Berpikir Positif dan Efikasi Diri terhadap Kecemasan Berbicara di Depan Umum pada Mahasiswa UMSIDA. Jurnal Penelitian Pendidikan, Psikologi Dan Kesehatan (J-P3K), 5(2), 409–419. https://doi.org/https://doi.org/10.51849/j-p3k.v5i2.364

Suryaningrum, C. (2016). Efikasi Diri dan Kecemasan Sosial: Studi Meta Analisis. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 4(2), 182–193.

Tirta, O. A. M., & Ambarwati, K. D. (2024). Hubungan Kepercayaan Diri dengan Kecemasan Berbicara pada Mahasiswa Jurusan Teknik Mesin . G-COUNS: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 9(1), 647–658.

Wahyuni, E. (2015). Hubungan Self-Effecacy dan Keterampilan Komunikasi dengan Kecemasan Berbicara di Depan Umum. Jurnal Komunikasi Islam, 5(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.30813/psibernetika.v17i2.6296

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License