BICARA TANPA RAGU: PERAN EFIKASI DIRI DALAM MENANGANI KECEMASAN MAHASISWA PADA SAAT PRESENTASI
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Al Fatah, S. A. A., & Nafila, A. (2022). Peranan Self Efficacydalam Mengatasi Kecemasan Berbicara di Depan Umum. MUTTAQIEN; Indonesian Journal of Multidiciplinary Islamic Studies, 3(2), 265–274.
Alawiyah, D., Nurasmi, Asmila, N., & Fatasyah, R. (2022). Upaya Meingkatkan Kepercayaan Diri terhadap Kecemasan Berbicara di Depan Umum pada Mahasiswa. RETORIKA: Jurnal Kajian Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 4(2), 104–113.
Amalia, V. R., & Nashori, H. F. (2021). Religiusitas, Efikasi Diri, dan Stres Akademik Mahasiswa Farmasi. PSYCHOSOPHIA, 3(1).
Amin, M. S. (2018). Perbedaan Struktur Otak dan Perilaku Belajar Antara Pria dan Wanita; Eksplanasi dalam Sudut Pandang Neuro Sains dan Filsafat. Jurnal Filsafat Indonesia, 1(1), 38. https://doi.org/10.23887/jfi.v1i1.13973
Ansori, M. (2023). Efektivitas Blended Learning dan Diskusi-Presentasi terhadap Hasil Belajar Ditinjau dari Kemampuan Verbal-Lingustic Mahasiswa. 6(1), 227–236.
Aprillianti, S. W., & Dewi, D. K. (2022). Hubungan antara Self-Efficacy dengan Prestasi Belajar pada siswa di SMA X. Jurnal Psikologi Teori Dan Terapan, 13(2), 195–213. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/jptt.v13n2.p195-213
BeritaSatu. (2018, November 12). Menristekdikti: Mahasiswa Indonesia Mencapai 7,5 Juta. BERITASATU.
Bhirawa, W. T. (2020). Proses Pengolahan Data Dari Model Persamaan Regresi Dengan Menggunakan Statistical Product and Service Solution (SPSS). Statistika, 71–83.
Bukhori, B. (2016). Kecemasan Berbicara di Depan Umum Ditinjau dari Kepercayaan Diri dan Keaktifan dalam Organisasi Kemahasiswaan. Jurnal Komunikasi Islam, 6(1), 158–186. https://doi.org/https://doi.org/10.15642/jki.2016.6.1.158-186
de Naor, Y. D., Sitasari, N. W., & Safitri. (2021). Gambaran Kecemasan Berbicara di Depan Umum pada Santri SMA di Pondok Pesantren. JCA Psikologi, 2(2), 98–106.
Deviyanthi, N. M. F. S., & Widiasavitri, P. N. (2016). Hubungan Antara Self-Efficacy dengan Kecemasan Komunikasi dalam Mempresentasikan Tugas di Depan Kelas. Jurnal Psikologi Udayana, 3(2), 342–353. https://doi.org/10.24843/jpu.2016.v03.i02.p16
Edowai, Y. (2022). Peran Mahasiswa di Indonesia. CV. Diva Pustaka.
Fadhila, N. R., & Pratiwi, T. I. (2020). Hubungan Self Efficacy dan Konsep Diri dengan Kecemasan Sosial pada Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 59 Surabaya. Jurnal BK UNESA, 11(3).
Fatmah, N., Anward, H. H., & Mayangsari, M. D. (2021). Efikasi Diri dan Kepercayaan Diri Mahasiswa PGSD terkait Kecemasan Berbicara di Depan umum. PSIKODINAMIKA: Jurnal Literasi Psikologi, 1(1).
Firmansyah, D., & Dede. (2022). Teknik Pengambilan Sampel Umum dalam Metodologi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Holistik (JIPH), 1(2), 85–114.
Kasih, D., & Sudarji, S. (2012). Hubungan Self Efficacy terhadap Kecemasan Berbicara di Depan Umum pada Mahasiswa Program Studi Psikologi Universitas Bunda Mulia. Jurnal Psibernetika, 5(2), 46–58.
Khoirunnisah, K., Chotimah, I., & Maryati, H. (2021). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kinerja Pegawai Loket Pendaftaran Di Rumah Sakit "X” Bogor Tahun 2018. Promotor, 3(6), 577–584. https://doi.org/10.32832/pro.v3i6.5564
Landujawa, M., & Soetjiningsih, C. H. (2022). Self-efficacy dengan Kecemasan Berbicara di Depan Umum pada Mahasiswa Etnis Sumba. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(1), 1–7.
Lilis, Herdi, & Marjo, H. K. (2024). Cognitive Behaviour Therapy untuk Mereduksi Kecemasan Berbicara di Depan Umum pada Mahasiswa: Naratif Literature Review. G-COUNS: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 8(3), 1453–1465.
Muthia, S., Sarry, S. M., Purna, R. S., Oktari, S., & Armalita, R. (2024). Pengaruh Self Efficacy terhadap Kecemasan Berbicara di Depan Umum pada Mahasiswa yang Mengikuti Program Generasi Berencana (GENRE). Jurnal Psibernetika, 17(1), 10–22.
Nasrudin, H. I., Thantawi, T. R., & Suryani, E. (2021). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Mahasiswa Institut Agama Islah Sahid INAIS Bogor Menabung di Bank BNI Syariah. Sahid Banking Journal , 1(1), 145–166.
Novrianto, R., Marettih, A. K. E., & Wahyudi, H. (2019). Validitas Konstruk Instrumen General Self Efficacy Scale Versi Indonesia. Jurnal Psikologi, 15(1).
Oktaviani, H., Qonita Al-husna, N., Abqori, Q., Fazril Oktavian, M., & Ihsan, H. (2024). Pengembangan Alat Ukur Speech Anxiety Thoughts Inventory. Jurnal Psikologi Insight, 8(1), 1–10.
Randi, M. S., Salsabila, N., Syakilah, A., Khairunnida, N., & Lubis, N. Y. R. (2024). Persepsi Mahasiswa UINSU Tentang Pentingnya Penerapan Pancasila . Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial , 1(12), 29–33.
Sholikhah, N. I., & Affandi, G. R. (2024). Peranan Berpikir Positif dan Efikasi Diri terhadap Kecemasan Berbicara di Depan Umum pada Mahasiswa UMSIDA. Jurnal Penelitian Pendidikan, Psikologi Dan Kesehatan (J-P3K), 5(2), 409–419. https://doi.org/https://doi.org/10.51849/j-p3k.v5i2.364
Suryaningrum, C. (2016). Efikasi Diri dan Kecemasan Sosial: Studi Meta Analisis. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 4(2), 182–193.
Tirta, O. A. M., & Ambarwati, K. D. (2024). Hubungan Kepercayaan Diri dengan Kecemasan Berbicara pada Mahasiswa Jurusan Teknik Mesin . G-COUNS: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 9(1), 647–658.
Wahyuni, E. (2015). Hubungan Self-Effecacy dan Keterampilan Komunikasi dengan Kecemasan Berbicara di Depan Umum. Jurnal Komunikasi Islam, 5(1).
DOI: http://dx.doi.org/10.30813/psibernetika.v17i2.6296
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License