GAMBARAN PERILAKU KONSUMTIF TERHADAP SEPATU PADA PEREMPUAN DEWASA AWAL

Riyan Adiputra, Clara Moningka

Abstract


In this research, researcher want to find out description consumptive behavior about footwear to female early adulthood. This research into descriptive quantitative which the aim is find out decription consumptive behavior about footwear to female early adulthood. The sample is female early adulthood (20 – 40 years old) who shopping in shopping centre which in Jakarta city. Sampling technique using non-probability sampling by sampling convenient and total samples are 100 female early adulthood. This research using consumptive behavior scale reviewed from Sumartono’s indicator (2002). Reliability values are .849. Analyzed by statistic descriptive. The cloncusion is that consumptive behavior about footwear to female early adulthood disposed low.

 

Keywords: Consumptive behavior, Footwear, Female early adulthood.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta: Jakarta.

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta: Jakarta.

Azwar, S. (2009). Penyusunan Skala Psikologi. Pustaka Pelajar Offset: Yogyakarta.

Azwar, S. (2010). Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dariyo, A. (2003). Psikologi Perkembangan Dewasa Muda. Gramedia: Jakarta.

Engel, J., Blackwell, R., Miniard, P.W. (1995). Perilaku Konsumen. Binarupa Aksara: Jakarta.

Erna, F. (2008). Merek dan Psikologi Konsumen, Implikasi Pada Strategi Pemasaran. Graha Ilmu: Yogyakarta.

Hurlock, E.B. (1996). Psikologi Perkembangan (Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan). Airlangga: Bandung.

Loudon, D.L., Bitta, A.J.D. (1993). Consumer Behavior, Concepts and Apllications (4th ed). McGraw-Hill: New York.

Mangkunegara, A. (2002). Perilaku Konsumen. Refika: Bandung.

Mowen, J.C., Minor, M. (2002). Perilaku Konsumen (5th ed). Erlangga: Jakarta

Papalia. D.E., Olds, S.W., Fieldman, R.D.. (2009). Human Development (10th ed). McGraw-Hill International: New York.

Saladin, D. (2003). Perilaku Konsumen dan Pemasaran Strategik. Linda Karya: Bandung.

Santrock, J. W. (2002). Life – Span Development Perkembangan Masa Hidup edisi kelima jilid 2. Erlangga: Jakarta.

Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Bisnis. CV Alfabeta: Bandung.

Sumartono. (2002). Terperangkap dalam iklan. Cv. Alfabeta: Bandung.

Rorlen. (2007). Peran Kelompok Acuan dan Keluarga Terhadap Proses Keputusan Untuk Membeli. Business & Management Journal Bunda Mulia, 3 (2), 14.

Rosandi, A. F. Johan, R.T. (2004). Perbedaan Perilaku Konsumtif Antara Mahasiswa Pria dan Wanita di Universitas Katolik Atma Jaya. Universtitas Atma Jaya.

Admin. (2011, Mei 27). Belanja Sepatu di Indonesia Rp 115.000 Per Kapita. Diunduh dari http://duniaindustri.com/berita-industri-indonesia/415-belanja-sepatu-di-indonesia-rp-115000-per-kapita.html

Admin. (2012). Melongok Ke Pusat Sepatu dan Tas Cibaduyut. Diunduh dari http://bandung.panduanwisata.com/melongok-ke-pusat-sepatu-dan-tas-cibaduyut/

Ahira, A. (2010). Cantik Dan Percaya Diri Dengan Sepatu Yang Tepat. Diunduh dari http://www.anneahira.com/sepatu-cantik.htm

Alfin, A. (2011, Juni 21). Konsumsi Merek Sepatu Dan Identitas Wanita Muda (Mahasiswi) di Kampus UNS Solo. Diunduh dari http://alfinsosiologi.wordpress.com/2011/06/

Gunita, A. (2006). Hubungan Konformitas dan Perilaku Konsumtif Pada Remaja di SMA Negeri 1 Semarang Tahun Ajaran 2005/2006. Diunduh dari http://cache:digilibunnes.ac.id/gsdl/collect/skripsi.1/import

Hasibuan, I.H. (2009). Perilaku Konsumtif Pada Remaja Terhadap Chatting. Diunduh dari http://ainiyuwanisa.wordpress.com/2009/11/15/perilaku-konsumtif-pada-remaja-terhadap-chatting-tugas-ii/

Hutahaean, T. (2010). Perlindungan Hukum Desain Industri Terhadap Industri Kecil Berdasarkan UU Nomor 31 Tahun 2000 tentang Desain Industri (Studi pada Industri Pembuatan Sepatu di Pusat Industri Kecil (PIK) Medan. Diunduh dari http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/ 18439/4/Chapter%20I.pdf

Kusnandar, L. (2010, Maret 16). Ketagihan Crocs, Rela Antre Berjam-jam. Diunduh dari http://berita.liputan6.com/read/268071/ketagihan-crocs-rela-antre-berjam-jam

Rian, A. (2011, November 16). Demi Dapat Diskon Belanja Rela Tanpa Busana. Diunduh dari http://www.infogue.com/article/2011/11/16/demi_dapat_ diskon_belanja_rela_tanpa_busana

Roziqin, M. (2011, Desember 16). Celine Dion Mengoleksi 3000 pasang sepatu. Diunduh dari http://egosip.com/celine-dion-mengoleksi-3000-pasang-sepatu/10790

Sari, T.Y. (2009). Hubungan Antara Perilaku Konsumtif Dengan Body Image Pada Remaja Putri. Diunduh dari http://repository.usu.ac.id/ handle/123456789/14524

Souisa, V. (2011, Maret 31). Rossa dan Koleksi Sepatu Belasan Juta. Diunduh dari http://www.tabloidbintang.com/gaya-hidup/hobi/10581-rossa-dan-koleksi-sepatu-belasan-juta.html

Stegmann, G. (2008). Museum Sepatu Imelda Marcos. Diunduh dari http://liburan.info/content/view/109/44/lang,indonesian/

Tambunan, R. (2001). Remaja Dan Perilaku Konsumtif. Diunduh dari http:www.e-psikologi.comremaja/191101.Htm.

Waluyo, H. (2010, Oktober 08). Sejarah Sepatu. Diunduh dari http://www.metrogaya.com/home/sejarah-hari-ini/sejarah-sepatu-0

Yeye, F.Y. (2012, Januari 05). Mengapa Orang Hobi Mengoleksi Sendal Atau Sepatu?. Diunduh dari http://lifestyle.kompasiana.com/hobi/2012/01/05/ mengapa-orang-hobi-mengoleksi-sendal-atau-sepatu/

Peraturan Gubernur DKI Jakarta 2011 mengenai Upah Minimum Provinsi Diunduh dari http://www.dinamikamitra.com/fileimg/files/peraturan_ gub_dki_no117_th_2011_ump_2012.pdf




DOI: http://dx.doi.org/10.30813/psibernetika.v5i2.536

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License