Regulasi Emosi Kognitif dan Stres pada Era Kenormalan Baru Covid-19

Delisya Rengkong, Heni Gerda Pesau

Abstract


“Era kenormalan baru” ditandai dengan peralihan mobilitas dimana individu kembali mulai beraktivitas di luar rumah dengan menerapkan protokol kesehatan 3M, dimana perubahan tersebut dapat memicu berbagai respon psikologis, salah satunya adalah stres. Individu lalu diharapkan dapat melakukan koping untuk meredakan dampak stres yang jika berlangsung lebih lama dapat mengakibatkan masalah psikologis yang lebih serius. Regulasi emosi kognitif sebagai salah satu koping yang dapat dilakukan, sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran regulasi emosi kognitif terhadap stres pada era kenormalan baru COVID-19. Penelitian ini juga melihat peran masing-masing dimensi regulasi emosi kognitif terhadap stres. Partisipan penelitian berjumlah 204 orang berusia 20 - 60 tahun dengan teknik sampling acak. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear. Hasil penelitian menunjukkan regulasi emosi kognitif berperan terhadap stres pada era kenormalan baru COVID-19 (p < 0,05) dengan koefisien regresi sebesar -0,230. Sumbangan efektif sebesar 13,6% sehingga semakin tinggi skor regulasi emosi kognitif, maka ada kemungkinan semakin rendah skor stres pada era kenormalan baru COVID-19. Positive refocusing adalah dimensi regulasi emosi kognitif dengan nilai signifikansi sebesar 0,046 (p<0,05) dan sumbangan efektif sebesar 4,072% terhadap stres. Faktor demografis dan teori stres yang digunakan dapat ditinjau untuk penelitian selanjutnya.

Keywords


Koping, Kognitif, Regulasi, Emosi, Stres

Full Text:

PDF

References


Azwar, S. (2018). Metode penelitian psikologi (2nd Ed.). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Badan Pusat Statistik. (2020). Analisis big data di tengah masa adaptasi kebiasaan baru. Ditemu kembali dari https://COVID-19.bps.go.id/publikasi/detail/8

BPMI Setpres. (2020, Juni 10). Lima arahan presiden terkait penerapan adaptasi kebiasaan baru. Presiden Republik Indonesia. Retrieved from https://www.presidenri.go.id/siaran-pers/lima-arahan-presiden-terkait-penerapan-adaptasi-kebiasaan-baru/

Chellamuthu, S., & Venkatachalam, J. (2020). Cognitive emotion regulation and academic stress among school students. The International Journal of Analytical and Experimental Modal Analysis,12(1), 1943-1951. ISSN: 0886-9367

Ciccarelli, S. K., & White, J. N. (2018). Psychology (5th Ed.). England: Pearson Education Limited.

Eisenberg, N., Fabes, R. A., Bernzweig, J., Karbon, M., Poulin, R., & Hanish. L. (1993). The relations of emotionality and regulation to preschoolers’ social skills and sociometric status. Society for Research in Child Development, 64(5), 1418-1438. https://doi.org/10.2307/1131543

Fox, J. (2016). Applied regression analysis and generalized linear models (3rd Ed.). USA: SAGE Publications, Inc.

Garnefski, N., & Kraaij, V. (2018). Specificity of relations between adolescents’ cognitive emotion regulation strategies and symptoms of depression and anxiety. Cognition and Emotion, 32(7), 1401-1408. https://doi.org/10.1080/02699931.2016.1232698

Garnefski, N., Baan, N., & Kraaij, V. (2005). Psychological distress and cognitive emotion regulation strategies among farmers who fell victim to the foot-and-mouth crisis. Personality and Individual Differences, 38, 1317-1327. doi: 10.1016/j.paid.2004.08.014

Garnefski, N., Kraaij, V., & Spinhoven, P. (2001). Negative life events, cognitive emotion regulation and emotional problems. Personality and Individual Differences, 30(8), 1311-1327. https://doi.org/10.1016/S0191-8869(00)00113-6

Garnefski, N., Legerstee, J., Kraaij, V., van den Kommer, T., & Teerds, J. (2002). Cognitive coping strategies and symptoms of depression and anxiety: a comparison between adolescents and adults. Journal of Adolescence, 25, 603-611. doi:10.1006/jado.2002.0507

Lazarus, R. S. (1991). Emotion and adaptation. New York: Oxford University Press.

Lazarus, R. S., & Folkman, S. (1984). Stress, appraisal, and coping. New York: Springer Publishing Company.

Mahamidi, A. (2020, Mei 05). COVID-19, Work from Home, dan Revolusi Industri 4.0. Kementerian Keuangan Republik Indonesia. Retrieved from https://www.djkn.kemenkeu.go.id/artikel/baca/13058/COVID-19-Work-From-Home-dan-Revolusi-Industri-40.html

Miklόsi, M., Martos, T., Szabό, M., Kocsis-Bogár, K., dan Forintos D. P. (2014). Cognitive emotion regulation and stres: A multiple mediation approach. Translational Neuroscience, 5(1), 64-71. doi: 10.2478/s13380-014-0207-9

Omran, M. P. (2011). Relationship between cognitive emotion regulation strategies with depression and anxiety. Open Journal of Psychiatry, 1(3), 106-109. doi:10.4236/ojpsych.2011.13015

Periantalo, J. (2016). Penelitian kuantitatif untuk psikologi, cetakan I. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rahmah, D. D. N., & Fahmie, A. (2019). Strategi regulasi emosi kognitif dan stres kerja petugas kebersihan jalan raya wanita. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 8(2), 88-98. E-ISSN: 2657-0963

Sarafino, E. P., & Smith, T. W. (2018). Health psychology: Biopsychosocial interactions (9th Ed.). US: John Wiley & Sons.

Satuan Tugas Penanganan COVID-19. (2020). Pedoman Perubahan Perilaku: Penanganan COVID-19. Ditemu kembali dari https://covid19.go.id/p/protokol/pedoman-perubahan-perilaku-penanganan-COVID-19.

Steptoe, A., & Poole, L. (2016). Control and Stress. In G. Fink (Eds.), Stress: Concepts, cognition, emotion, and behavior (pp. 73-80). UK: Elsevier Inc.

Thoits, P. A. (1995). Stress, coping, and social support: Where are we? What next?. Journal of Health and Social Behavior, 35, 53-79. Retrieved from http://www.jstor.org/stable/2626957

Weiten, W., Dunn, D. S., & Hammer, E. Y. (2018). Psychology applied to modern life: Adjustment in the 21st century (12th Ed.). USA: Cengage Learning.

Weiten, W., McCann, D., & Holder, M. (2019). Psychology: Themes and variations (5th Canadian Ed.). Canada: Nelson Education.

WHO. (2020a). Coronavirus. World Health Organization. Retrieved from https://www.who.int/health-topics/coronavirus#tab=tab_1

WHO. (2020b, Maret 11). WHO director-general’s opening remarks at the media briefing on COVID-19 – 11 March 2020. World Health Organization. Retrieved from https://www.who.int/director-general/speeches/detail/who-director-general-s-opening-remarks-at-the-media-briefing-on-COVID-19---11-march-2020




DOI: http://dx.doi.org/10.30813/psibernetika.v16i1.4321

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License