HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL DENGAN ENTREPRENEURIAL SELF-EFFICACY PADA MAHASISWA YANG BERWIRAUSAHA
Abstract
Tingginya pengangguran di Indonesia mayoritas berasal dari lulusan perguruan tinggi. Hal ini membuat pemerintah mencari solusi dalam menurunkan tingkat pengangguran dengan mengarahkan mahasiswa untuk dapat memiliki pekerjaan, salah satunya seperti berwirausaha. Ketika mahasiswa mengelola usahanya, akan sangat mungkin munculnya berbagai masalah terkait aktivitas kewirausahaannya. Maka dari itu, mahasiswa yang berwirausaha membutuhkan keyakinan dalam dirinya dan dukungan dari lingkungan sekitarnya untuk dapat meningkatkan kemampuannya dalam berwirausaha. Fenomena ini membuat peneliti tertarik untuk melihat hubungan antara dukungan sosial dengan entrepreneurial self-efficacy pada mahasiswa yang berwirausaha. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan design korelasional dengan teknik analisis pearson product moment. Partisipan penelitian ini diambil sebanyak 103 orang mahasiswa berwirausaha yang memenuhi kriteria memiliki usia usaha minimal satu tahun, sebagai mahasiswa Universitas Andalas, dan sudah menamatkan mata kuliah wajib kewirausahaan dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan modifikasi skala entrepreneurial self-efficacy dari Barakat dkk. (2014) (α = .940) dan dukungan sosial yang telah diadaptasi oleh Alza dkk. (2021) (α = .936). Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa adanya hubungan yang signifikan antara dukungan sosial dengan entrepreneurial self-efficacy pada mahasiswa yang berwirausaha (p = .001) dengan nilai koefisien korelasi (r) sebesar .316. Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi dukungan sosial, maka semakin tinggi juga entrepreneurial self-efficacy yang dimiliki mahasiswa yang berwirausaha dan begitu juga sebaliknya.
Kata Kunci: Entrepreneurial Self-Efficacy, Dukungan sosial, Mahasiswa berwirausaha
Keywords
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.30813/psibernetika.v16i1.3648
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License