Pengaruh Dukungan Sosial Orang Tua Terhadap Student Well-Being Pada Siswa SMA di Kota Padang

Bunga Derima Putri

Abstract


Tujuan dari penelitian ini ialah untuk melihat apakah terdapat pengaruh dukungan sosial orang tua terhadap student well-being pada siswa SMA di Kota Padang. Metode penelitian pada penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan desain korelasi sebab-akibat. Jumlah sampel sebanyak 415 orang siswa SMA di Kota Padang dengan teknik pengambilan sampel yaitu two-stage cluster random sampling. Pengumpulan data menggunakan modifikasi skala dukungan sosial orang tua yang dibuat oleh Selindia (2021) (α = .955) dan modifikasi skala student well-being yang dibuat oleh Fadhilah (2019) (α = .915). Hasil pada penelitian ini membuktikan bahwa adanya pengaruh dukungan sosial orang tua terhadap student well-being pada siswa SMA di Kota Padang (p < .05), semakin tinggi dukungan sosial maka semakin tinggi student well-being, begitu juga sebaliknya. Adapun nilai sumbangan efektif (R2) sebesar 0.322. Sehingga dukungan sosial orang tua memberikan pengaruh sebesar 32% terhadap student well-being pada siswa SMA di Kota Padang.


Keywords


Dukungan Sosial Orang Tua, Student Well-Being, Remaja, SMA, Padang

Full Text:

PDF

References


Afnibar, A., Amalia, A., Nasrul, D. F., & Rahmi, A. (2020). Children’s Worth School: Psychological Well-Being of High School Students in Padang. Al-Ta lim Journal, 27(2), 215-226

Anindiati, Q., & Eva, N. (2021). Dukungan Keluarga terhadap Student Well-being Mahasiswa Perantau di Universitas Hasanuddin Makassar. In Seminar Nasional Psikologi UM (Vol. 1, No. 1, pp. 1-7).

Argadita, W. N. R. A., & Lestari, S. (2019). Relasi antara Orangtua dan Anak pada Remaja Pelaku Delinkuensi (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Asri, K. P., & Nurmina, N. (2019). Kontribusi Pola Asuh terhadap Perilaku Membolos Siswa SMA PGRI di Kota Padang. Jurnal Riset Psikologi, 2019(1).

Awartani, M., Whitman, C. V., & Gordon, J. (2008). Developing Instruments to Capture Young People's Perceptions of how School as a Learning Environment Affects their Well‐Being. European Journal of Education, 43(1), 51-70

Botelho Guedes, F., Cerqueira, A., Gaspar, S., Gaspar, T., Moreno, C., & Gaspar de Matos, M. (2022). Family environment and Portuguese adolescents: impact on quality of life and well-being. Children, 9(2), 200.

Cohen, S., & Pressman, S. D. (2006). Positive affect and health. Current directions in psychological science, 15(3), 122-125

Dianah, N. A. (2021). Well-Being Pada Remaja di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 7022-7027

Fadhilah, N. R. (2019). Hubungan Dukungan Sosial Teman Sebaya dengan Student Well-Being pada Siswa MAN 2 Kampar. Skripsi. Riau. Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim.

Fraillon, J. (2004). Measuring student well-being in the context of Australian schooling: Discussion paper.

Friedman, M. M. (1998). Keperawatan Keluarga Teori & Praktik Edisi 3. Jakarta: EGC.

Gilman, R., & Huebner, E. S. (2006). Characteristics of adolescents who report very high life satisfaction. Journal of youth and adolescence, 35(3), 293-301.

Gunandar, M. S., & Utami, M. S. (2017). Hubungan antara dukungan sosial orang tua dengan penyesuaian diri mahasiswa baru yang merantau. Gadjah Mada Journal of Psychology (GamaJoP), 3(2), 98-109.

Harum, K. S. (2013). Hubungan antara Dukungan Sosial Keluarga dengan Kesejahteraan Siswa di SMP Negeri 16 Surakarta. Skripsi. Surakarta. Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Mashford-Scott, A., Church, A., & Tayler, C. (2012). Seeking children’s perspectives on their wellbeing in early childhood settings. International Journal of Early Childhood, 44(3), 231-247.

Mubasyiroh, R., Putri, I. Y. S., & Tjandrarini, D. H. (2017). Mental emotional symptoms determinants of junior-senior high school students in Indonesia 2015. Buletin Penelitian Kesehatan, 45(2), 103-112.

Plunkett, S. W., White, T. R., Carter, D. B., & Horner, M. E. F. (2016). Parental support and psychological control in relation to African American college students’ self-esteem. Journal of Pan African Studies, 9(4), 199-219.

Pratama, R. I. (2020). Dukungan Sosial & Student Well-Being pada Siswa yang Menghadapi Pembelajaran Jarak Jauh. PAKAR Pendidikan, 18(2), 8-20.

Putri, D. E., Machmud, R., & Basmanelly, B. (2019). Conduct Problem Pada Siswa SMA di Kabupaten Pasaman Sumatera Barat. Jurnal Endurance: Kajian Ilmiah Problema Kesehatan, 4(3), 540-549.

Ryff, C. D., & Keyes, C. L. M. (1995). The Structure of Well-Being Revisited. Journal of Personality and Social Psychology, 69(4), 719-727.

Sarafino, E. P., & Smith, T. W. (2017). Health Psychology : Biopsychosocial Interactions (9th ed.). John Wiley & Sons, Inc.

Selindia, S. (2021). Pengaruh Dukungan Sosial Orang Tua Terhadap Kegiatan Self-Directed Learning Pada Mahasiswa Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Andalas di Masa Pandemi COVID-19. Skripsi. Padang. Fakultas Kedokteran Universitas Andalas

S, Silviany. (2017). Student Well-Being dan Dukungan Sosial Orangtua pada Siswa Kelas IV-VI SD Katolik Santa Clara Surabaya. Skripsi. Surabaya. Fakultas Psikologi Universitas Katolik Widya Mandala.

Sugiyo, S., Muslikah, M., Antika, E. R., & Sutikno, U. G. (2019). Profil Psychological Well-Being pada Siswa Kelas X SMA Negeri 12 Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019. In Proceeding of International Conference on Islamic Education (ICIED) (Vol. 4, No. 1, pp. 116-120).

Syamsu, Y. (2011). Psikologi perkembangan anak dan remaja. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Usman, H., & Akbar, P. S. (2017). Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Van Petegem, K., Aelterman, A., Rosseel, Y., & Creemers, B. (2007). Student perception as moderator for student well being. Social Indicators Research, 83(3), 447-463.

Wilkinson, R. B. (2004). The role of parental and peer attachment in the psychological health and self-esteem of adolescents. Journal of youth and adolescence, 33(6), 479-493.




DOI: http://dx.doi.org/10.30813/psibernetika.v15i2.3638

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License