EMOSI DALAM TULISAN

Budi Sarasati, Okta Nurvia

Abstract


 

Studi ini merupakan penelitian kualitatif, dengan pendekatan psikolinguistik. Masa pandemi menyebabkan sistem belajar menggunakan daring. Akibatnya mahasiswa mengalami kejenuhan dan kebosanan. Penelitian ini hendak melihat emosi mahasiswa selama mengikuti pembelajaran secara daring. Subyek penelitian berjumlah 43 orang mahasiswa yang sedang menjalani kuliah daring. Mahasiswa diberikan beberapa pertanyaan dan mereka wajib menjawab setiap pertanyaan dengan menuliskan di lembar kerja. Mahasiswa diberikan kebebasan dalam memilih setiap kata yang digunakan untuk menggambarkan emosi mereka. Mahasiswa diberi waktu satu minggu untuk mengembalikan kertas kerjanya. Metode penelitian dengan mix method, berupa analisa deskriptif dan analisa isi. Analisa isi dilakukan pada jawaban mahasiswa berupa tulisan. Kesimpulannya adalah para mahasiswa mengalami berbagai macam emosi secara bersamaan dan respon emosi masing-masing ada yang sama dan ada yang berbeda.


Keywords


Kata kunci : Emosi, psikolinguistik, analisa konten.

Full Text:

PDF

References


Azwar, S. (2010). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Barrett, L. F., & Fossum, T. (2001). Mental Representation of Affect Knowledge. Cognition and Emotion, 15(3), 333–363. https://doi.org/10.1080/02699930125711

Baskara, B. (2020, April 18). Rangkaian Peristiwa Pertama Covid-19. Kompas.Id. Retrieved from https://bebas.kompas.id/baca/riset/2020/04/18/rangkaian-peristiwa-pertama-covid-19/

Brewer, M. B., & Hewstone, M. (2004). Emotion and Motivation; Perspective on Socialpsychology (1st ed.). Wiley-Blackwell.

Chaer, A. (2003). Psikolinguistik: Kajian Teoretik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Dardjowidjojo, S. (2005). Psikolinguistik: pengantar pemahaman bahasa manusia (2nd ed.). Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Ekawati, M. (2018). Kesantunan Semu Pada Tindak Tutur Ekspresif Marah Dalam Bahasa Indonesia. Adabiyyāt: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 1(1), 1. https://doi.org/10.14421/ajbs.2017.01101

Eriyanto. (2002). Analisis framing : konstruksi, ideologi, dan politik media. Yogyakarta: LKIS.

Given, L. M. (Ed.). (2008). Textual Analysis In: The SAGE Encyclopedia of Qualitative Research Methods. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.4135/9781412963909

Goleman, D. (2002). Kecerdasan Emosional (Cet. 12). Jakarta: Gramedia.

Hall, N. C., & Goetz, T. (2013). Emotion, Motivation, and Self-Regulation: A Handbook for Teachers. Emerald Publishing Limited.

Hude, M. D. (2006). Emosi : Penjelajahan Religio-Psikologis Tentang Emosi Manusia di dalam Al-Qur’an. Jakarta: Erlangga.

No Title. (n.d.). Retrieved October 31, 2020, from Kamus Besar

Bahasa Indonesia (KBBI) website: https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/tangguh

No Title. (2020). Retrieved October 30, 2020, from covid19.go.id website: https://covid19.go.id/

Papalia, D. E., Olds, S. W., & Feldman, R. D. (2007). Human development, 10th ed. In Human development, 10th ed.

Purnama, C. Y., & Sefianmi, D. (2020). Persepsi Pelajar Terhadap Pembelajaran Jarak Jauh Menggunakan Media Daring (Dalam Jaringan). Buletin KPIN, 6(10).

Purnamaningsih, E. H. (2018). Psikologi Untuk Indonesia Tangguh dan Bahagia. UGM PRESS.

Santrock, J. W. (2007). Psikologi Pendidikan (2nd, cet.1 ed.). Jakarta: Kencana.

Stevenson, A. (Ed.). (2010). Oxford Dicitionary of English (3rd ed.). https://doi.org/10.1093/acref/9780199571123.001.0001

Sudarwati, E., Perdhani, W. C., & Budiana, N. (2017). Pengantar Psikolinguistik (Pertama). Malang: UB Press.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi (mixed methods). Bandung: Alfabeta.

Susiati, S. (2019). Emosi Verbal Suku Bajo Sampela. Sosial Budaya, 16(2), 114–126. https://doi.org/10.31219/osf.io/2dm3k

Zaim, M. (2014). Metode Penelitian Bahasa: Pendekatan Struktural. Padang: FBS UNP Press.

Zimmerman, B. J., & Schunk, D. H. (2011). Influences on the Development of Academic Self-Regulatory Processes. Handbook of Self-Regulation of Learning and Performance. https://doi.org/10.4324/9780203839010.ch3




DOI: http://dx.doi.org/10.30813/psibernetika.v14i1.2745

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License