MOTIVASI HEDONIC DAN UTILITARIAN MAHASISWA ATLET DENGAN PURCHASE INTENTION PADA PERALATAN OLAHRAGA SECOND-HAND

Javier Natanael Oswaldo Sugiarto, Honey Wahyuni Sugiharto Elgeka, Anton Johannes Tjahjoanggoro

Abstract


Mahasiswa berstatus atlet memerlukan peralatan olahraga untuk mendukung aktifitasnya, namun harga peralatan olahraga baru yang ditawarkan produsen terkadang tidak sesuai dengan budget mahasiswa. Seringkali mahasiswa berstatus atlet membeli peralatan olahraga secara second-hand untuk mendapatkan harga yang lebih murah. Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara hedonic dan utilitarian motivation dengan purchase intention pada pembelian barang olahraga second-hand. Responden penelitian ini mahasiswa atlet berusia 18–25 tahun (N=187) dan menggunakan teknik purposive sampling untuk teknik pengambilan datanya. Uji korelasi Product Moment menunjukkan bahwa hedonic dan utilitarian motivation memiliki hubungan positif dengan purchase intention pada pembelian barang olahraga second-hand di kalangan mahasiswa atlet. Pada hedonic motivation diketahui bahwa motif mahasiwa berstatus atlet membeli peralatan olahraga second-hand didasari oleh kesenangan saat mencari barang, dapat berkomunikasi dengan orang lain, mempelajari tren, menghilangkan masalah atau stress, serta mencari berbagai pengalaman personal lainnya. Sedangkan pada utilitarian motivation motif mahasiswa membeli peralatan olahraga second-hand adalah melihat fungsi barang. Para mahasiswa atlet diharapkan dapat mengenali dan mengelola shopping motivationnya agar tidak muncul perilaku impulsive buying, namun diharapkan mereka dapat fokus pada tujuan membeli peralatan olahraga.

Kata Kunci: purchase intention, hedonic motivation, utilitarian motivation, second-hand 

Mahasiswa berstatus atlet memerlukan peralatan olahraga untuk mendukung aktifitasnya, namun harga peralatan olahraga baru yang ditawarkan produsen terkadang tidak sesuai dengan budget mahasiswa. Seringkali mahasiswa berstatus atlet membeli peralatan olahraga secara second-hand untuk mendapatkan harga yang lebih murah. Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara hedonic dan utilitarian motivation dengan purchase intention pada pembelian barang olahraga second-hand. Responden penelitian ini mahasiswa atlet berusia 18–25 tahun (N=187) dan menggunakan teknik purposive sampling untuk teknik pengambilan datanya. Uji korelasi Product Moment menunjukkan bahwa hedonic dan utilitarian motivation memiliki hubungan positif dengan purchase intention pada pembelian barang olahraga second-hand di kalangan mahasiswa atlet. Pada hedonic motivation diketahui bahwa motif mahasiwa berstatus atlet membeli peralatan olahraga second-hand didasari oleh kesenangan saat mencari barang, dapat berkomunikasi dengan orang lain, mempelajari tren, menghilangkan masalah atau stress, serta mencari berbagai pengalaman personal lainnya. Sedangkan pada utilitarian motivation motif mahasiswa membeli peralatan olahraga second-hand adalah melihat fungsi barang. Para mahasiswa atlet diharapkan dapat mengenali dan mengelola shopping motivationnya agar tidak muncul perilaku impulsive buying, namun diharapkan mereka dapat fokus pada tujuan membeli peralatan olahraga.

 

Keywords


purchase intention, hedonic motivation, utilitarian motivation, second-hand

Full Text:

PDF

References


Ajzen, Icek. (1991). The theory of planned behavior. Organizational Behavior and Human Decision Processes, 50(2), 179–211.

Anderson, Kelley C., Dee K. Knight, Sanjukta Pookulangara, and Bharath Josiam. (2014). Influence of hedonic and utilitarian motivations on retailer loyalty and purchase intention: a facebook perspective. Journal of Retailing and Consumer Services, 21(5), 773–779.

Anugrah, Saputra. (2017). Mahalnya peralatan jadikan olahraga panahan kurang diminati. Brebesnews. Retrieved March 20, 2020 (https://brebesnews.co/2017/03/mahalnya-peralatan-jadikan-olah-raga-panahan-kurang-diminati-di-brebes/).

Arnold, Mark J., and Kristy E. Reynolds. (2003). Hedonic shopping motivations. Journal of Retailing, 79(2), 77–95.

Broutsou, Andromachi, and Panos Fitsilis. (2012). Online trust: The influence of perceived company’s reputation on consumers’ trust and the effects of trust on intention for online transactions. Journal of Service Science and Management, 05(04), 365–372.

Chakraborty, Supernova, and Vishal Soodan. (2019). Examining utilitarian and hedonic Motivations in online shopping in India : moderating effect of product browsing behavior. International Journal of Recent Technology and Engineering, 8(1), 117–125.

Dwiyantoro, Arik &. Harianto Sugeng. (2014). Fenomenologi gaya gidup mahasiswa UNESA pengguna pakaian bekas. Paradigma, 2(1), 1–6.

Fitantri, Ratna. (2015). Kelengkapan sarana prasana pada motivasi atlet bulutangkis Kota Salatiga. Journal of Physical Education and Sports, 2(2), 38–42.

Kemenpora. (2010). Menpora beri pemaparan dalam sarasehan kecil olah raga. Kemenpora. Retrieved March 20, 2020 (http://m.kemenpora.go.id/index/preview/berita/169).

Krithika, M., and G. Rajini. (2017). Buying or browsing: Motivation behind online purchase intention. Man in India, 97(22), 1–7.

Kumar, Sushant, and Pradip Sadarangani. (2018). An empirical study on shopping motivation among generation Y Indian. Global Business Review, 16(1), 123–136.

Ling, Kwek Choon, Lau Teck Chai, and Tan Hoi Piew. (2010). The effects of shopping orientations, online trust and prior online purchase experience toward customers’ online purchase intention. International Business Research, 3(3), 63–76.

O’Brien, Heather Lynn. (2010). The influence of hedonic and utilitarian motivations on user engagement: The case of online shopping experiences. Interacting with Computers, 22(5), 344–352.

Peter, J. Paul, and Jerry C. Olson. (2010). Consumer behavior & marketing. Ninth edition. edited by B. Gordon. New York: McGraw-Hill/Irwin.

Rahmawati, Rahmawati, and Ben Roy Do. (2014). Shopping motivation on purchase intention: Can loyalty program and corporate image enhance such relationship? Asia Pacific Management and Business Application, 2(3), 154–169.

Schiffman, Leon G., and Leslie Nazar Kanuk. (2012). Consumer behavior. 8th edition. New Jersey: Prentice Hall.

Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

Susanti D.F, & Hari, M. (2015). Pengaruh hedonic motivation pada kunjungan wisata Kota Bandung. Tourism and Hospitality Essentials (THE) Journal, 5(1), 863–868.

Tauber, Edward M. (1972). Marketing notes and communications: Why do people shop? Journal of Marketing, 36(4), 46–49.

To, Pui Lai, Chechen Liao, and Tzu Hua Lin. (2007). Shopping motivations on internet: A study based on utilitarian and hedonic value. Technovation, 27(12), 774–787.

Topaloğlu, Ceren. (2012). Consumer motivation and concern factors for online shopping in Turkey. Asian Academy of Management Journal, 17(2), 1–19.

Wang, YaHui, and CingFen Tsai. (2014). The relationship between brand image and purchase intention: Evidence from award winning mutual funds. International Journal of Business & Finance Research, 8(2), 27–40.




DOI: http://dx.doi.org/10.30813/psibernetika.v14i1.2642

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License