EFEKTIVITAS METODE NUMBERED HEADS TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS PADA SISWA SEKOLAH DASAR DI SEKOLAH X
Abstract
Bahasa merupakan aspek yang penting dalam tahap perkembangan. Pembelajaran bahasa juga diterapkan di jenjang pendidikan bahkan sejak pendidikan sekolah dasar. Salah satu pembelajaran bahasa yang dimuat di sekolah adalah Bahasa Inggris. Bahasa Inggris bukan merupakan bahasa kedua di Indonesia melainkan masuk sebagai muatan bahasa asing. Pentingnya pembelajaran bahasa juga perlu diimbangi dengan metode pembelajaran yang tepat agar siswa menikmati proses pembelajaran, salah satunya dengan cooperative learning. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menguji keefektifan metode numbered heads together untuk meningkatkan kosakata Bahasa Inggris pada siswa sekolah dasar kelas 1 secara signifikan.Metode Penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan one group Pretest-Posttest Design. Metode cooperative learning yang diterapkan dalam pelaksanaan penelitian ini adalah numbered heads together. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai t = -.889 dan sig. (2-tailed) .415.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Bintari, A. (2017). Keefektifan Model Pembelajaran Number Head Together Berbantuan Metode Discovery terhadap Hasil Belajar Matematika. Mimbar Sekolah Dasar, 4(3), 218. https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v4i3.7922
Fitriyani, E., & Nulanda, P. Z. (2017). Efektivitas Media Flash Cards dalam Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris. Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi, 4(2), 167–182. https://doi.org/10.15575/psy.v4i2.1744
Gatra, S. (2017, April 27). Mulai juli, sekolah tak boleh kaku! Ini penjelasan mendikbud.
https://nasional.kompas.com/read/2017/04/27/11272561/mulai.juli.sekolah.tak.boleh.kaku.ini.penjelasan.mendikbud?page=all
Kamus Besar Bahasa Indonesia. (2016). Badan pengembangan dan pembinaan Bahasa. Kemdikbud. https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/pendidikan
Maili, S. N. (2018). Bahasa Inggris Pada Sekolah Dasar : 6, 23–28.
Ridho, N. (2011). Model pembelajaran kooperatif. http://Modelpembelajarank_nurridho_10592.pdf
Santrock, J.W. (2018). Child Development. New York : Mc Grawhill.
Wijayanti, N. W., Roemintoyo, R., & Murwaningsih, T. (2017). The Impact of Numbered Heads Together Model on the Learning Outcomes of Science Viewed from Students’ Self Regulated Learning. Journal of Education and Learning (EduLearn), 11(3), 257. https://doi.org/10.11591/edulearn.v11i3.5838
DOI: http://dx.doi.org/10.30813/psibernetika.v13i1.2315
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License