FAKTOR-FAKTOR ANTESEDEN KESEJAHTERAAN PSIKOLOGIS PARA GURU DI SEKOLAH “X”

Laura Francisca Sudarnoto

Abstract


Guru merupakan figur teladan yang utama dalam proses pembelajaran di sekolah. Guru yang memiliki kesehatan atau kesejahtearaan psikologis akan menjadi model yang benar bagi kesehatan mental para anak didik mereka. Kesejahteraan psikologis merupakan kondisi individu yang sehat, bahagia, dan puas pada kualitas kehidupannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor anteseden yang mendukung kesejahteraan psikologis para guru. Metode penelitian ini adalah penelitian korelasional. Teknik pengumpulan data berupa instrumen skala penilaian. Instrumen yang digunakan untuk mengukur variabel kesejahteraan psikologis, kepercayaan diri, dan kecerdasan emosional. Teknik analisis data adalah analisis regresi ganda. Subjek penelitian sebanyak 95 guru jenjang TK, SD, SMP, dan SMA sekolah “X” yang berlokasi di Jakarta Pusat. Hasil analisis deskrptif menunjukkan bahwa hampir seluruh guru (>90%) memiliki kesejahteraan psikologis, kepercayaan diri, dan kecerdasan emosional berada pada kategori yang tinggi dan sangat tinggi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kecerdasan emosional dan kepercayaan diri merupakan faktor anteseden yang mendukung kesejahteraan psikologis para guru. Kecerdasan emosional memberikan nilai sumbangan yang lebih besar terhadap kesejahteraan psikologis daripada faktor kepercayaan diri. Pimpinan sekolah perlu memberikan pembinaan dan pelatihan kepada para guru secara terprogram dan berkelanjutan, khususnya dalam mengelola kematangan dalam kemampuan emosional.


Keywords


kesejahteraan psikologis; kepercayaan diri; kecerdasan emosional

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30813/psibernetika.v12i2.1858

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License