PENGGUNAAN BUAH PLUM, ALPUKAT DAN REMPAH DALAM PENGEMBANGAN CLASSIC VINAIGRETTE DRESSING

Nonot Yuliantoro

Abstract


Dressing merupakan pelengkap untukmenghidangkan makanan,khususnya salad yang mempunyaifungsiuntuk melengkapi sajian menjadi lebih sempurna untuk dinikmati. Banyak jenis dressing untuk salad yang dikenal secara populer di industry kuliner namun demikian merupakan upaya yang baik untuk melakukan inovasi terhadap varian dressing yang ada sebagai alternatif pilihan bagi para penikmat makanan. Tujuan penelitian ini adalah untuk melakukan sebuah pengembangan dari vinaigrette dressing dengan ingredient buah-buahan dan rempah sebagai pengganti salad oil dan wine vinegar. Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan produk, anlisa dilakukan secara deskriptif analisis dengan melakukan uji organoleptic kepada 25 panelis terlatih pada semester kedua tahun 2018. Hasil penelitian menyatakan bahwa penggunaan buah plum, alpukat dan rempah pada pengembangan vinaigrette dressing secara rasa, warna, tekstur dan aroma dinyatakan layak untuk dikonsumsi sehingga diharapkan bisa digunakan sebagai alternatif dalam mengonsumsi s alad sayur dengan tingkat kemiripan tinggi dengan classic vinaigrette dressing sehingga bisa memperkaya varian dressing yang ada.


Keywords


penelitian dan pengembangan produk, tes organoleptic, classic vinaigrette, buah plum.

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Almatsier, S. (2009) ‘Prinsip Dasar Ilmu Gizi. pdf’. VII). Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Astuti, N. P. E. W., Suriani, N. M. and Damiati, M. K. (2018) ‘Uji Kualitas Tepung Kara Kratok’, Jurnal BOSAPARIS: Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, 8(2).

Boone,

H. N. and Boone, D. A. (2012) ‘Analyzing likert data’, Journal of extension, 50(2), pp. 1–5.

Cambray Àlvarez, C. (2019) ‘Development of three salad dressings: a vinaigrette, a sweet salad dressing and a vegan salad dressing’.

Council, N. R. (1977) World food and nutrition study. The potential contributions of

Versi Online: http://journal.ubm.ac.id/index.php/journal- fame/index

Hasil Penelitian

research. National Academy of Sciences.

Dwi, S., Anton, A. and Maya, P. S. (2010) ‘Analisis sensori untuk industri pangan dan agro’. Bogor: IPB Press.

Gisslen, W. (2010) Professional cooking, college version. John Wiley & Sons.

Jung, H.-A. et al. (2011) ‘Study Development of Salad Dressing with Added Sea Tangle ($ Laminaria $$ japonica $)’, The Korean Journal of Food And Nutrition, 24(4), pp. 520–527.

Kantun, S. (2013) ‘Hakikat dan Prosedur Penelitian Pengembangan’.

Khodijah, D., Lukman, E. and Munigar, M. (2013) ‘Obesitas dengan kualitas hidup remaja’, Jurnal Health Quality, 3(2), pp. 69–140.

Kusharto, C. M. (2006) ‘Serat makanan dan perannya bagi kesehatan’, Jurnal gizi dan pangan, 1(2), pp. 45–54.

Saludung, J. and Yahya, M. (2018) ‘Pemanfaatan buah lontar untuk pengembangan kewirausahaan berbasis ecopreneurship melalui home industry pada ibu-ibu PKK di Makassar’, in Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat.

Journal FAME Vol.3 (No.2) : hal 47-107 . Th. 2020 p-ISSN : 2622-1292 e-ISSN: 2623-0488

Saragih, R. (2014) ‘Uji kesukaan panelis pada teh daun torbangun (Coleus amboinicus)’, E-Journal Widya Kesehatan dan Lingkungan, 1(1).

Sarastani, D. (2012) ‘Penuntun praktikum analisis organoleptik’, Bogor: Program Diploma Institut Pertanian Bogor.

Singh, Z. and Khan, A. S. (2010) ‘Physiology of plum fruit ripening’.

Stone, H., Bleibaum, R. N. and Thomas, H. A. (2012) Sensory evaluation practices. Academic press.

Sugiyono, M. P. P. and Kuantitatif, P. (2009) ‘Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta’, Cet. VII.

Umar, S. and Bougie, R. (2009) ‘Research methods for business: A skill building approach’. John Wiley & Sons, Limited. Academic Internet Publishers Incorporated.

Valliant, R., Dorfman, A. H. and Royall, R. M. (2000) Finite population sampling and inference: a prediction approach.John Wiley New York.

https://www.ams.usda.gov/gradesstan/mango- grades-and-standards




DOI: http://dx.doi.org/10.30813/fame.v3i2.2488

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Journal FAME: Journal Food and Beverage, Product and Services, Accomodation Industry, Entertainment Services