Pengaruh Kebiasaan Minum Teh Berkualitas Terhadap Gaya Hidup Konsumen Di Tea Addict Lounge, Jakarta

Dikki Zuchradi Choesrani

Abstract


Seiring dengan perkembangan zaman yang berdampak pada perilaku manusia dan kehidupan manusia yang lebih bersosialisasi, Lounge menjadi bagian gaya hidup dan kebutuhan manusia dalam kehidupan sehari hari dalam melepas rasa penat setelah menjalankan kegiatan rutinitas harian. Dengan adanya bagian gaya hidup bersosialisasi, maka berkumpul di satu tempat bersama kawan - kawan, sahabat di luar lingkungan kegiatan harian sudah merupakan rutinitas di akhir hari, hanya untuk sekedar bertukar pikiran dan berbagi pengalaman. Hal ini membuat para pebisnis juga mulai melirik usaha di bidang penyajian teh dengan mendirikan berbagai bisnis tea house atau café yang menawarkan beragam jenis teh dari berbagai penjuru dunia. Salah satunya Tea Addict Lounge, menawarkan berbagai jenis teh dari Indonesia.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kebiasaan minum teh dengan gaya hidup konsumen di Tea Addict Lounge. Dimana dalam penelitian ini membahas lebih dalam apakah konsumen yang datang ke Tea Addict Lounge berdasarkan pengetahuan yang mereka miliki tentang teh atau hanya sekedar gaya hidup saja. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang menggunakan skala likert 1-5 dan wawancara konsumen di Tea Addict Lounge sebanyak 62 responden dalam kurun waktu 3 bulan. Penelitian ini menggunakan korelasi pearson untuk menghitung hasil dari hubungan kedua variable.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa hubungan antara kedua variabel tersebut sebesar 0,123. Dimana angka tersebut menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang sangat lemah antara kebiasaan minum teh dan gaya hidup konsumen di Tea Addict. Sementara itu, kebiasaan minum teh mempengaruhi gaya hidup konsumen sebesar 1,5%, sisanya sebesar 98,5% dipengaruhi oleh hal – hal lain yang tidak diuji dalam karya tulis ini.


Keywords


Teh berkualitas; Gaya Hidup, Tea Lounge

Full Text:

PDF

References


Ara, Rossi.2010. 1001 Teh - Dari Asal Usul, Tradisi, Khasiat Hingga Racikan Teh. Edisi I. Yogyakarta : Penerbit Andi.

Davis, Bernard et al. 2008. Food and Beverage Management. Fourth Edition. Slovenia : Elsevier

Dewi, Dian Paramita. 2010. Analisis Tipe Perilaku Konsumen Dalam Membeli Teh Di Pasar TradisionalKabupaten Wonogiri. Skripsi S1 Fakultas PertanianUniversitas Sebelas Maret.Surakarta.

Engel, James F., Blackwell, Roger D. & Miniard, Paul W. 1995. Perilaku Konsumen. (Alih Bahasa: F. X. Budiyanto) Jilid I. Jakarta : Binarupa Aksara.

_____. 1996. Perilaku Konsumen. (Alih Bahasa: F. X. Budiyanto). Jilid II. Jakarta : Binarupa Aksara.

Indarto, Prawoto. 2007. Teh Minuman Bangsa – Bangsa di Dunia. Cetakan 1. Jakarta : Pawon Publishing.

Kusmayadi, dan Endar Sugiarto. 2000. Metodologi Penelitian dalam Bidang Kepariwisataan, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Umum.

Nazaruddin, dan F.B. Paimin. 1993. Pembudidayaan dan Pengolahan Teh. Jakarta: Penebar Swadaya.

Nugraheni,P.N.A.2003.Perbedaan Kecenderungan Gaya Hidup Hedonis Pada Remaja Ditinjau dari Lokasi Tempat Tinggal. Skripsi (tidak diterbitkan).

Solomon, Michael R. 2011. Consumer Behavior : Buying, Having, and Being. Ninth Edition. New Jersey : Pearson Education, Inc.

Sumarwan, Ujang. 2003. Perilaku Konsumen “Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Jakarta : Ghalia Indonesia.

Syahriyanti, Eti. 2009. I Love Coffee and Tea : Ngopi dan Ngeteh sebagai Bagian dari Gaya Hidup. Cetakan 1. Yogyakarta : DIVA Press.

Wells, WD dan Tigertt DJ. 1971. Activities, interests, and Opinions. Journal of Advertising Research, 11 August, 27 – 35.

Wiwoho, Ardjuno. 2008. Pengetahuan Tata Hidang. Jakarta : Esensi, divisi Penerbit Erlangga.

Situs :

http://www.artikata.com/arti-183555-teahouse.html

http://asliblogspot.blogspot.com/2012/05/mendapatkan-dan-menikmaticitarasa-teh.html oleh Iskaruji.

http://www.bbc.co.uk/2/hi/5281046.stm&client=msrim&q=dr+carrie+ruxton&sa=X&ei=xKg3ULedOaqBygHUoIC4Ag&ved=0CCsQFjAE

http://www.fmltea.com/Teainfo/tea-chemistry%20.htm

http://jualteh.com/seni-menyeduh-teh-yang-baik-dan-benar/ oleh Irawan,

http://jurnal-sdm.blogspot.com/2009/07/produk-definisi-klasifikasi-dimensi_30.html

http://www.kalbe.co.id/files/cdk/files/144_16AntioxidantTea.pdf/144_16AntioxidantTea.tml oleh Sulistyowati Tuminah.

http://www.membuatblog.web.id/2010/04/pengertian-gaya-hidup.html




DOI: http://dx.doi.org/10.30813/fame.v3i1.2167

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Journal FAME: Journal Food and Beverage, Product and Services, Accomodation Industry, Entertainment Services