Industri Perhotelan Di Indonesia Pada Masa Pandemi Covid-19: Analisis Deskriptif

Lanang Diayudha

Abstract


Pandemi Covid-19 yang melanda dunia saat ini mengakibatkan industry perhotelan di Indonesia menerima dampak yang sangat besar. Pemberitaan di media massa terkait dengan penutupan usaha hotel di Bali dan kota-kota lainnya menjadikan Pandemi Covid19 ini menjadi bencana bagi industry perhotelan di Indonesia. Berbagai macam cara telah dilakukan oleh pengusaha hotel, pengusaha pariwisata, asosiasi perhotelan serta pemerintah dalam mengurangi dampak kerugian bagi industry hotel terutama di Indonesia. Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia menjadi garda terdepan para pengusaha untuk menyampaikan dan mengusulkan aspirasi mereka demimengurangi kerugian semakin besar. Usulan relaksasipun disusun dan diajukan kepada pemerintah. Dasar lainnya adalah kondisi para pengusaha hotel  yang mengunakan perbankan sebagai modal usaha menghadapi sulitnya melakukan pembayaran pinjaman juga memperparah kondisi industry perhotelan. Analisa ini dilakukan selama dua bulan dengan mengumpulkan berita berita dari berbagai sumber dan juga pengambilan dan kutipan dari kegiatan webinar yang dilakukan selama kebijakan pemerintah untuk tetap dan bekerja dari rumah selama kurang lebih dua bulan ini. Adapun hasil dari analisa deskrptif ini didapati industry perhotelan memerlukan relaksasi yang lebih nyata dari pemerintah untuk menyelamatkan industry perhotelan.

                                                    


Keywords


Industri perhotelan, relaksasi, kebijakan pemerintah

Full Text:

PDF

References


BPS. Jumlah Hotel dan Akomodasi Lainnya, Jakarta. 2018

Karyono, A. Hari, Kepariwisataan, jakarta: Grasindo, 1997

Kotler, Philip. Manajemen Pemaaran: Analisis Perencanaan, Implementasi dan Kontrol, Edisi Millenium. PT. Prenhalindo, jakarta. 2002

Krugman, Obstfeld, and Melitz, International Economics: Theory and Policy, USA, Pearson 2012

Lovelock, Christopher. H dan Wright, Lauren. K. manajemen Pemasaran Jasa. Indeks. 2005

Parasuraman. Valerie. A. Z and Berry. Delivering Quality. Service McMilan. 1990

Pendit, Nyoman S, Ilmu Pariwisata Sebuah Pengantar Perdana, jakarta: PT. Pradinya Paramita, 1999

Spillane, James, Ekonomi pariwisata; Sejarah dan Prospeknya, Kanisius, Jakarta 2001

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatis, dan R&D). Bandung: Alfabeta. 2015.

Uma, Sekaran, Metode Penelitian Untuk Bisnis, Salemba Empat, Jakarta 2009

https://www.nusabali.com/berita/73864

https://industri.kontan.co.id/news




DOI: http://dx.doi.org/10.30813/fame.v3i1.2166

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Journal FAME: Journal Food and Beverage, Product and Services, Accomodation Industry, Entertainment Services