PENGARUH KUALITAS WEBSITE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN LAYANAN PEMESANAN KAMAR HOTEL PADA SITUS TRAVELOKA

Yenli Megawati

Abstract


ABSTRAK

 

Perkembangan teknologi termasuk internet semakin hari semakin pesat dan berdampak pada perubahan pola bisnis dan juga perilaku konsumen khususnya perilaku konsumen online. Salah satu bisnis yang semakin marak saat ini adalah layanan pemesanan kamar hotel melalui berbagai situs online. Cukup banyak perusahaan online yang menawarkan jasa ini dengan berbagai penawaran dan inovasi masing-masing. Dengan berbagai penawaran ini, konsumen juga memiliki banyak pilihan sebelum memutuskan untuk melakukan pembelian. Untuk itu, penelitian ini berupaya mencari tahu mengenai faktor-faktor yang diperkirakan memiliki pengaruh atas keputusan pembelian yang diambil konsumen. Faktor-faktor yang diteliti pada penelitian ini antara lain kualitas penggunaan, kualitas interaksi, dan kualitas informasi. Penelitian ini mengambil studi kasus pada situs Traveloka yang merupakan salah satu situs yang paling sering diingat dan dikunjungi oleh konsumen. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan survey menggunakan kuesioner. Responden dari survey ini adalah konsumen yang pernah melakukan transaksi pembelian layanan pemesanan kamar hotel secara online di Traveloka. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah sebanyak 50 responden. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan analisis regresi menggunakan SPSS setelah terlebih dahulu diuji untuk validitas, reliabilitas serta uji asumsi klasik.

 

Kata kunci: Kualitas Penggunaan, Kualitas Interaksi, Kualitas Informasi, Kualitas Website, Keputusan Pembelian, Online


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30813/fame.v1i2.1426

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Journal FAME: Journal Food and Beverage, Product and Services, Accomodation Industry, Entertainment Services