PENERAPAN HYGIENE DAN SANITASI DALAM PENYIMPANAN BAHAN BAKU MAKANAN DI HOTEL X JAKARTA

Trias Septyoari Putranto

Abstract


ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari penerapan hygiene dan sanitasi dalam penyimpanan bahan baku makanan di Hotel X Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi di Hotel X Jakarta. Hasil penelitian penerapan cara penyimpanan bahan baku pada dry store dan chiller di Buzz kitchen sudah menerapkan hygiene dengan melakukan FIFO untuk setiap penyimpanan bahan makanan. Penerapan kebersihan tempat penyimpanan bahan baku pada dry store dan chiller di Buzz kitchen sudah menerapkan kebersihan dengan membersihkan tempat penyimpanan. Mengganti plastik wrap kepada bahan makanan yang disimpan didalam container dan ditutup dengan plastik wrap. Penerapan kebersihan area dapur pada western section, Asian section dan cold section sudah menerapkan kebersihan area dapurnya dengan membersihkan noda pada lantai, noda di atas meja, dan tidak membiarkan sampah menumpuk begitu banyak..

Kata Kunci: Hotel X Jakarta, Hygiene, Sanitasi, Penyimpanan Bahan Baku, Tempat Penyimpanan Kering, Tempat Penyimpanan Dingin, Dapur.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30813/fame.v1i2.1422

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Journal FAME: Journal Food and Beverage, Product and Services, Accomodation Industry, Entertainment Services