BINGKAI BERITA MEDIA INDONESIA TENTANG TERPILIHNYA SUSILO BAMBANG YUDHOYONO SEBAGAI KETUA UMUM PARTAI DEMOKRAT (Analisis Framing Pada Pemberitaan Media Indonesia)

Idham Kholik

Abstract


Abstrak

Media cetak digunakan segelintir orang sebagai kepentingan bisnis dan politik, sehingga seringkali pemberitaan tidak lagi mengindahkan unsur-unsur berita dan syarat penulisan berita. Berita pada hakekatnya terlepas dari segala macam himpitan, serta nilai berita yang disampaikan harus sesuai fakta dan realitas sesungguhnya. Pengaruh kepemilikan media saat ini sangat mempengaruhi konstruksi berita, keterlibatan pemilik media pada sebuah partai politik akan sangat mempengaruhi objektivitas konten berita. Dalam hal ini adalah Harian Umum Media Indonesia merupakan surat kabar harian yang di bawah naungan pemilik yang sekaligus sebagai ketua umum partai NasDem melihat peristiwa terpilihnya Susilo Bambang Yudhoyono sebagai Ketua Umum Partai Demokrat menggantikan Anas Urbaningrum melalui Kongres Luar Biasa (KLB) di Bali.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, sehingga paradigma yang digunakan ialah paradigm konstruksionis. Penelitian kualitatif bertujuan untuk menjelaskan fenomena dengan lebih detail dan mendalam serta menggunakan teori sebagai landasan dan bingkai yang bertujuan untuk menguatkan konsep penelitian teknik analisis data pada penelitian ini. Dalam penelitian ini peneliti  menggunakan analisis framing. Penulis menggunakan model analisis framing Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosicki untuk menganalisis konstruksi realitas yang dilakukan oleh Harian Umum Media berita terpilihnya Susilo Bambang Yudhoyono menjadi ketua Umum Partai Demokrat.

Pembahasan yang dapat penelitian simpulkan dengan menggunakan analisis framing bahwa pemilik media memberikan pengaruh sangat besar yang berdampak pada keberpihakkan pemberitaan media. Sedangkan teori yang digunakan untuk membantu peneliti menjelaskan bagaimana pengaruh kepemilikan media sebagai kepentingan politik dengan teori Ekonomi Politik Media dan didukung dengan teori pendukung yaitu Teori Hegemoni.

Kata Kunci:

Media Massa, Berita, Ekonomi Politik Media, Analisis Framing Zhondang Pan dan Gerald M. Kosicki


Full Text:

Untitled


DOI: http://dx.doi.org/10.30813/bricolage.v1i02.1634

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

      

UNIVERSITAS BUNDA MULIA PRESS
PROGRAM STUDI MAGISTER ILMU KOMUNIKASI
Lantai 3 Ruang Pascasarjana - Universitas Bunda Mulia
Jl. Lodan Raya No. 2, Ancol – Jakarta Utara 14430, Indonesia
Telp: +62 21 692 9090 ext.1317
Email: bricolage@ubm.ac.id; bricolage.mikom@gmail.com

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats