PRESENTASI PEREMPUAN DALAM IKLAN (Studi Pembedahan Semiotika John Fiske dalam Iklan Game Online Emperor and Beauties)
Abstract
Iklan game seringkali memuat konten kontroversial yang menggambarkan perempuan secara stereotipikal sehingga bisa menimbulkan dampak negatif dan perasaan tidak nyaman pada konsumen yang tidak setuju dengan stereotip tersebut. Hal ini menjadi bahan pelajaran agar praktisi humas dapat lebih bijak dalam memproduksi iklan sehingga tidak memengaruhi citra merek secara negatif. Penelitian ini menganalisis presentasi karakter perempuan dalam video iklan game online mobile berjudul "Emperor and Beauties" menggunakan studi semiotika John Fiske yang mengacu pada tiga level semiotika, yaitu realitas, representasi, dan ideologi untuk mengetahui bagaimana cara semiotika membedah presentasi perempuan melalui penampilan, gestur, lingkungan, suara, dan teknik pengambilan gambar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa iklan game "Emperor and Beauties" menonjolkan jurang pembeda antara laki-laki dan perempuan, dimana perempuan selalu menjadi pihak yang dilekatkan dengan presentasi negatif. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam pemahaman tentang cara kerja semiotika pemikiran John Fiske dan pengaruhnya dalam kacamata masyarakat. Implikasinya adalah perlunya kesadaran dan perhatian lebih dari pelaku industri game dan praktisi humas untuk memproduksi iklan yang lebih inklusif dan tidak menyisipkan stereotip yang negatif terhadap perempuan.
Kata Kunci: Presentasi, Semiotika, Perempuan, John Fiske, Iklan.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.30813/s:jk.v18i2.4581
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Nadilla Luthfiany Harlin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Publisher
Editorial Board SEMIOTIKA: Jurnal Komunikasi
Department of Communication
Faculty of Social Science and Humanities
"UNIVERSITAS BUNDA MULIA"
Lodan Raya St No.2, North Jakarta 14430
Phone: +62 21 692 9090 ext. 348
Email: SEMIOTIKA@ubm.ac.id